10 Manfaat Kacang Koro untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Feb 2020, 09:55 WIB
Diperbarui 17 Feb 2020, 10:04 WIB
Kacang koro yang sudah dikupas

Bola.com, Jakarta - Kacang-kacangan memiliki beragam varian, satu di antaranya kacang koro. Kacang koro merupakan makanan yang kerap ditemui sebagai camilan lezat.

Jenis kacang koro yang biasa dikonsumsi adalah koro pedang dan koro oncet. Kacang ini biasa digoreng atau disangrai dan dikemas sebagai camilan.

Tak cuma jadi camilan lezat, kacang koro juga ternyata kaya nutrisi. Kacang koro menyediakan banyak nutrisi penting untuk fungsi tubuh. Kacang ini adalah sumber makanan yang baik untuk vitamin B1 atau tiamin, zat besi, tembaga, fosfor, kalium dan magnesium.

Kacang koro juga merupakan sumber folat dan mangan yang sangat baik. Folat mendukung fungsi sistem kekebalan, kesehatan jantung dan membantu membentuk sel darah merah. Konsumsi kacang koro dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Cara terbaik untuk mengonsumsi kacang ini adalah dengan direbus atau disangrai. Tanpa tambahan minyak dan pemanasan berlebih, nutrisi dari kacang ini dapat maksimal didapat.

Berikut 10 manfaat kacang koro yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020). 

 

2 dari 11 halaman

Baik untuk Ibu Hamil

Jangan Remehkan Anemia pada Ibu Hamil (Nd3000/Shutterstock)
Ilustrasi Ibu Hamil (Nd3000/Shutterstock)

Kacang koro kaya akan folat, nutrisi yang mendorong perkembangan janin yang sehat. Folat sangat penting untuk membentuk sel dan organ bayi.

Ibu hamil membutuhkan asupan folat tambahan untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf, atau masalah dengan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang. Folat dalam kacang koro juga membantu mencegah keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah.

 

3 dari 11 halaman

Tingkatkan Kekebalan

Tembaga dalam kacang koro membantu menjaga sel darah putih yang sehat. Sel-sel darah ini menghancurkan patogen dan menghilangkan radikal bebas.

Tanpa sel darah putih, tubuh menjadi rentan terhadap infeksi dan penyakit. Kacang koro juga mengandung antioksidan yang membantu mengatasi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

 

4 dari 11 halaman

Sehatkan Tulang

Manfaat Kedelai
Memperbaiki Kesehatan Tulang / Sumber: iStockphoto

kacang koro merupakan sumber mangan dan tembaga. Dua nutrisi ini dapat mencegah keropos tulang. Kekurangan mangan dan tembaga dapat menyebabkan penurunan pembentukan tulang dan peningkatan ekskresi kalsium.

Mangan meningkatkan massa tulang, mencegah osteoporosis, dan membantu mengurangi kekurangan kalsium.

 

5 dari 11 halaman

Kurangi Gejala Anemia

Kacang koro juga mengandung zat besi yang baik. Konsumsi zat besi dapat membantu mengatasi gejala anemia. Zat besi diperlukan untuk memproduksi hemoglobin, protein yang memungkinkan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Konsumsi kacang koro dan makanan nabati kaya zat besi lainnya secara teratur dapat meningkatkan kadar zat besi dalam darah dan mengatasi gejala anemia. 

 

6 dari 11 halaman

Atasi Tekanan Darah Tinggi

Inspirasi Pola Makan untuk Turunkan Tekanan Darah
DASH, jenis diet yang sanggup turunkan tekanan darah tinggi.

Kacang koro mengandung magnesium dan kalium yang dapat mengendurkan pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi. Kacang koro kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Penderita tekanan darah tinggi direkomendasikan untuk mengikuti pola makan tinggi kalium dan magnesium untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

 

7 dari 11 halaman

Bantu Turunkan Berat Badan

Kacang koro sangat tinggi protein dan serat. Pola makan kaya protein dan serat dapat meningkatkan perasaan kenyang.

Efek ini dapat menurunkan asupan kalori yang mendukung penurunan berat badan. Orang yang mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat tidak hanya menurunkan berat badan dan lemak total, tetapi juga menurunkan risiko kolesterol yang lebih rendah.

 

8 dari 11 halaman

Turunkan Kolesterol

Sebagian besar serat dalam kacang koro merupakan larut dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut dapat meningkatkan pergerakan usus yang sehat dengan menyerap air di usus. Serat ini membentuk zat seperti gel dan melunakkan feses.

Serat ini juga dapat mengikat dan menghilangkan kolesterol dari tubuh. Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah pada orang dewasa yang sehat dan orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi.

 

9 dari 11 halaman

Membantu Mengatasi Gejala Parkinson

Kacang koro kaya akan levodopa (L-dopa), senyawa yang diubah tubuh Anda menjadi neurotransmitter dopamin. Penyakit Parkinson menyebabkan kematian sel-sel otak penghasil dopamin, yang menyebabkan tremor, masalah dengan fungsi motorik dan kesulitan berjalan.

Gejala-gejala ini biasanya diobati dengan obat-obatan yang mengandung L-dopa.

Kandunga folat dalam kacang koro juga dapat mencegah perkembangan parkinson. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang koro juga dapat membantu mengobati depresi. 

 

10 dari 11 halaman

Sehatkan Jantung

Kacang koro merupakan sumber nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan kardiovaskular. Serat dalam kacang koro dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol.

Magnesium dalam kacang koro juga membantu menurunkan tingkat tekanan darah, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

 

11 dari 11 halaman

Bantu Tingkatkan Energi

Kacang koro mengandung vitamin B yang penting untuk metabolisme energi. Kacang juga merupakan sumber zat besi yang baik.

Zat besi sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan sel darah merah dan energi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan.

Serat dalam kacang ini juga bisa mengisi energi dengan cepat. Ini berarti itu mengarah pada peningkatan kadar gula darah secara bertahap, menawarkan pasokan energi yang stabil.

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Anugerah Ayu Sendari/Editor Rizki Mandasari, published: 16/2/2020)

Lanjutkan Membaca ↓