Kontingen Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020 Dapat Anggaran Lebih dari Rp 40 Miliar

Oleh Harley.Ikhsan pada 26 Feb 2020, 14:30 WIB
Diperbarui 26 Feb 2020, 14:30 WIB
Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari (tengah).

Jakarta - Anggaran kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 diperkirakan melebihi Rp 40 miliar. Namun, angka tersebut masih bisa berubah tergantung kajian dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Sekitar lebih dari Rp40 miliar," ungkap Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, dilansi Antara.

Okto menjelaskan, anggaran tersebut nanti bakal dibahas kembali bersama Kemenpora demi mencegah kekeliruan serta temuan-temuan yang berpotensi menjadi masalah di masa mendatang.

"Kami pastikan semua dalam koridor yang benar. Ini yang repot bagaimana menyesuaikan antara perencanaan, penggunaan, dan administrasi bisa berjalan dan klop. Dalam arti supaya tidak terpeleset," ungkapnya.

Anggaran itu nantinya akan dipakai untuk kebutuhan Kontingen Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Keperluan itu meliputi antara lain tiket pesawat, kamar hotel, serta uang saku atlet.

2 dari 4 halaman

Dana Lain

Medali Olimpiade Tokyo 2020
Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diumumkan kepada publik saat seremoni untuk merayakan momen satu tahun jelang Olimpiade di Tokyo, Rabu (24/7/2019). Medali yang didesain Junichi Kawanishi itu berdiameter 85 mm dan dihiasi gambar dewi Yunani, Nike serta logo Olimpiade. (Behrouz MEHRI/AFP)

Selain anggaran kontingen, KOI juga membutuhkan dana lain untuk pembangunan infrastruktur Rumah Indonesia di Tokyo yang jumlahnya diperkirakan mencapai Rp 200 miliar.

Rumah Indonesia tersebut merupakan bentuk promosi dan kesiapan Indonesia menjadi calon tuan rumah Olimpiade 2032. “Lokasi yang kami incar itu di sebelah ada Nike dan strategis. Luas tanah kosong itu sekitar 1.500 meter tapi pembangunannya menunggu uang pemerintah," kata Okto.

“Kami sudah ajukan surat. Mudah-mudahan pekan depan sudah bisa rapat dan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Target 46 Atlet

Sebelumnya, Kemenpora telah menargetkan sebanyak 46 atlet bisa lolos Olimpiade Tokyo 2020. Hingga saat ini, baru ada enam wakil Indonesia yang memastikan berpartisipasi.

Mereka adalah Lalu Muhammad Zohri (atletik), Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah (angkat besi), Vidia Rafika (menembak), serta Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa (panahan).

Sumber asli: Antara

Disadur dari: Liputan 6 (Harvley Ikhsan/Edu Krisnadefa, published 26/2/2020)

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Gronya Somerville