Sukses


4 Manfaat Propolis untuk Kesehatan, Perhatikan Anjuran Pemakaiannya

Bola.com, Jakarta - Propolis atau lem lebah adalah zat resin yang dikumpulkan lebah madu.Jadi tidak hanya madu saja yang dapat dihasilkan oleh lebah.

Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan bahan alami satu ini. Propolis semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya.

Zat lengket berwarna coklat kehijauan ini berguna untuk menutupi atau memperbaiki celah pada sarangnya. Manfaat yang diberikan tidak kalah baik dengan madu. Dilansir dari laman AloDokter, propolis bermanfaat sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah penyakit sejak 350 SM hingga kini.

Seperti madu, kandungan propolis beragam dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Lebih dari 300 senyawa kimia yang terkandung, dan senyawa terbanyak adalah senyawa polifenol yang membantu mengatasi kerusakan dalam tubuh Anda.

Kandungan propolis tidak selalu sama di seluruh dunia karena sangat ditentukan oleh lokasi lebah, jenis pohon dan tumbuhan di suatu negara.

Sejumlah orang percaya bahwa rutin mengonsumsi propolis dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa infeksi dapat diatasi dengan propolis, seperti kutil, gangguan pencernaan infeksi H. pylori yang menyebabkan tukak di lambung Anda.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber manfaat yang diberikan propolis bagi kesehatan tubuh Anda, Kamis (27/02/2020).

2 dari 6 halaman

1. Mengobati Luka

Propolis yang mengandung senyawa pinocembrin membantu proses pengobatan luka di tubuh. Zat yang penting dalam mempercepat penyembuhan luka di tubuh.

Dalam jurnal Inflammo Pharmacology disebutkan propolis mempercepat penyembuhan luka bakar dan mempercepat pertumbuhan sel-sel baru. Ekstrak propolis yang dioleskan pada luka lebih efektif mengurangi sel mast.

Sel mast adalah yang merangsang respons peradangan dan memperlambat penyembuhan luka.

3 dari 6 halaman

2. Mencegah Penyakit Herpes

Herpes adalah penyakit kulit akibat serangan virus HSV. Penyakit yang menyebabkan luka di leher, bibir, atau di bagian tubuh yang lain yang memberikan sensasi gatal dan perih.

Dilaporkan dari US National Library of Medicine, propolis berkhasiat meredakan radang dan mampu menyembuhkan penyakit herpes. Produk propolis yang sering ditemukan adalah obat salep oles.

Obat salep oles yang memiliki kandungan propolis sebanyak 3 persen membantu mengurangi lenting (cold sores) dan nyeri akibat herpes genital. Selain itu, propolis juga efektif melawan virus herpes dalam tubuh Anda dan mecegah kekambuhan gejala.

4 dari 6 halaman

3. Antikanker

Menurut jurnal Clinical Review in Allergy and Immunity, propolis sudah digunakan sebagai obat kanker. Propolis juga bisa menjadi obat herbal terapi tambahan yang dpat membantu mengobati kanker payudara. Senyawa aktif propolis yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Penderita gastrointestinal disarankan untuk mengonsumsi propolis. Walau begitu, masih butuh banyak penelitian lanjutan dan memastikan manfaat propolis untuk terapi kanker.

5 dari 6 halaman

4. Obat Kumur

Propolis bermanfaat sebagai meringankan peradangan pada mulut setelah operasi. Propolis digunakan sebagai salah satu bahan produk kesehatan seperti, obat kumur, pasta gigi, gel oral, dan permen tenggorokan yang bersifat antibakteri dan antiiflamasi.

Dampak positif yang diberikan propolis adalah untuk menjaga kesehatan pada mulut dan gigi Anda. Asam caffeic yang terkandung dalam propolis efektif membantuk memengaruhi fungsi membran epitel di dalam mulut terhadap paparan mikroba.

6 dari 6 halaman

Atutan Penggunaan Propolis

Sebelum menggunakan produk herbal yang mengandung propolis, sebaik Anda lebih teliti agar tidak memberikan dampak negatif bagi tubuh Anda. Bagi penderita asma sangat tidak dianjurkan dan membuat asma semakin memburuk.

Propolis juga tidak baik untuk yang mempunyai riwayat alergi terhadap produk yang dihasilkan lebah. Bagi penderita penyakit pendarahan, sebaiknya berhati-hati karena propolis memiliki fungsi memperlambat proses pembekuan darah.

Untuk ibu hamil dan menyusui juga lebih baik menghidari penggunaan propolis. Perlu diketahui manfaat propolis secara ilmiah masih sangat terbatas. Jadi, sebelum Anda mengonsumsi sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Perlu diingat bahwa banyak obat herbal tidak selalu aman, oleh karena itu pilihlah produk yang sudah terdaftar di BPOM. Dan waspadai produk propolis yang palsu, karena produk ini banyak dicari orang.

Video Populer

Foto Populer