Ganti Pelatih, Amartha Hangtuah Optimistis di IBL 2020

Oleh Thomas pada 28 Feb 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 28 Feb 2020, 18:15 WIB
IBL: Rastafari Horongbala Resmi Latih Amartha Hangtuah

Jakarta - Rentetan hasil buruk di Indonesian Basketball League (IBL) 2020 membuat manjemen Amartha Hangtuah melakukan perombakan pelatih. Manajemen Amartha Hangtuah akhirnya resmi memakai jasa pelatih berpengalaman Rastafari Horongbala.

Rastafari Horongbala, yang tak lain merupakan ayahanda dari pebasket nasional Andakara Prastawa, awal bergabung dengan Hangtuah sebagai penasihat tim. Namun, manajemen Amartha Hangtuah akhirnya memutuskan untuk mengangkat Coach Fari menjadi pelatih kepala Amartha Hangtuah per Senin (24/2/2020).

Coach Fari akan menggantikan posisi Harry Prayogo yang sebelumnya mengemban tugas sebagai headcoach. Harru Prayogo sendiri masih akan bersama Hangtuah. Kini dia berperan sebagai asisten pelatih mendampingi Coach Fari.

Kehadiran Coach Fari sebagai juru taktik diharapkan bisa meningkatkan performa Amartha Hangtuah yang belum tampil optimal pada IBL 2020.

Presiden Amartha Hangtuah, Gading Ramadhan Joedo optimistis kehadiran Coach Fari bisa memberikan dampak positif karena sudah kenyang berpengalaman di kancah basket nasional.

"Kehadiran Coach Fari diharapkan membawa Amartha Hangtuah bangkit pada sisa seri IBL musim ini. Dia kenyang asam garam di dunia bola basket nasional, dan tentunya hal itu akan membuat para pemain muda Amartha Hangtuah berkembang," ujar Gading.

 

 

2 dari 3 halaman

Perbaiki Defense

Coach Fari memang sudah punya jam terbang tinggi di dunia basket nasional sejak tahun 1970, dan dikenal pernah menangani banyak klub basket papan atas Indonesia. Pria 70 tahun itu sebelumnya pernah menangani Aspac (Stapac), Pelita Jaya, Satria Muda, dan tim nasional bola basket putra Indonesia.

"Saya di sini membantu para pelatih yang sudah ada untuk membuat anak-anak lebih semangat. Saya sudah mendampingi Amartha Hangtuah saat seri Jakarta lalu. Kami di sini saling bantulah. Tidak mungkin saya sendiri. Bagaimanapun, ofisial yang sebelummya tetap eksis," kata Coach Fari.

Coach Fari menyatakan bahwa satu hal yang menjadi sorotannya ketika diajak bergabung Amartha Hangtuah adalah defense. Dia mengakui bahwa pertahanan Amartha Hangtuah dalam sejumlah laga yang telah dijalani belum optimal.

"Aspek yang harus dibenahi tentunya adalah defense. Dari awal sudah saya beritahu. Kalau untuk offense sudah bagus, dan tinggal konsistensinya saja. Terlebih lagi, Amartha Hangtuah ini banyak pemain muda," tutur dia.

3 dari 3 halaman

Jadwal Hangtuah

Ujian pertama Rastafari sebagai pelatih Hangtuah adalah Satya Wacana Salatiga yang akan dihadapi pada hari pertama IBL Seri Kediri pada Jumat (28/2/2020).

Selanjutnya, tim biru-ungu bakal menghadapi NSH Jakarta pada Sabtu (29/2/2020), lalu kontra Pacific Caesar Surabaya pada Minggu (1/3/2020).

 

Sumber: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Thomas/Edu Krisnadefa, published 28/2/2020)

Lanjutkan Membaca ↓