Lebih dari 40 Event Olahraga Dunia Terdampak Virus Corona, Ditunda atau Dibatalkan

Oleh Yus Mei Sawitri pada 02 Mar 2020, 17:25 WIB
Diperbarui 02 Mar 2020, 17:25 WIB
Inter Milan Vs Juventus
Pertandingan Serie A antara Inter Milan kontra Juventus ditunda karena terdampak wabah virus corona di Italia. (AFP/Alberto Pizzoli)

Bola.com, Jakarta - Wabah virus corona yang mengguncang dunia memengaruhi pelaksanaan berbagai event olahraga. Lebih dari 40 event olahraga terdampak wabah virus corona. 

Seperti dilansir Reuters, Senin (2/3/2020), berbagai event olahraga dunia tersebut ditunda atau bahkan dibatalkan. Beberapa event yang dibatalkan merupakan bagian dari kualifikasi Olimpiade. 

Dampak wabah virus corona memengaruhi berbagai cabang olahraga, seperti sepak bola, atletik, tenis, bulutangkis, hingga Formula 1 dan MotoGP. 

Pihak penyelenggara mayoritas membatalkan atau menunda event tersebut untuk mengantipasi makin meluasnya wabah virus corona. Saat ini sudah banyak negara yang sudah terjangkit kasus wabah virus corona. 

Selain China yang menjadi negara awal penyebaran, kasus virus corona juga merebak serius di Korea Selatan, Iran, dan Italia. Bahkan, wabah virus corona di Italia sudah berdampak pada pertandingan Serie A. 

Berikut ini puluhan event olahraga yang dibatalkan atau ditunda sebagai dampak wabah virus corona di dunia, seperti dilansir Reuters

 

2 dari 7 halaman

Atletik dan Rugbi

Atletik 

- Kejuaraan Atletik Dunia Indoor, yang dijadwalkan digelar di Nanjing China pada 13-15 Maret, ditunda hingga tahun depan.

- Kualifikasi Olimpiade cabang triathlon estafet yang seharusnya digelar di Chengdu, China pada Mei dipindahkan ke Valencia, Spanyol. Hal itu diumumkan oleh  International Triathlon Union.

- Tiga event Piala Asia, satu di Chinese Taipei dan dua di China, yang dijadwalkan pada Maret dan April dipastikan ditunda. 

Rugbi 

- Persatuan Sepak Bola Rugbi Irlandia menunda laga-laga Six Nation melawan Italia karena wabah virus corona di Italia Selatan. Pertandingan itu seharusnya digelar di Dublin pada 7 Maret. 

 

3 dari 7 halaman

Sepak Bola

Logo Liga Italia Serie A
Logo Liga Italia Serie A (Ist)

- Lima pertandingan Serie A digelar secara tertutup alias tanpa penonton pada 29 Februari - 1 Maret, termasuk laga Juventus melawan Inter Milan, yang ditunda menjadi pada 13 Mei. 

- Final Copa Italia yang seharusnya digelar pada 13 Mei, diundur menjadi 20 Mei. 

- Liga Champions Asia yang melibatkan klub China, yaitu Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua, dan Shanghai SIPG ditunda. Guangzhou dan klub Shanghai akan kembali ikut kompetisi pada April, sedangkan pertandingan grup mereka dilaksanakan pada Mei. 

- Kualifikasi Piala Dunia 2020 antara Timnas China kontra Maladewa di kandang dan tandang kontra Guam dipindahkan ke Buriram Thailand. Pertandingan digelar tanpa penonton. 

- Vietnam mengatakan melarang berbagai event olahraga sepanjang Februari. Artinya pertandingan fase grup Piala AFC untuk Ho Chi Minh City dan Than Quang Ninh akan dipindah menjadi partai tandang.   

- Asosiasi Sepak Bola China mengatakan seluruh pertandingan domestik di segala level akan ditunda. 

- AFC mengatakan pertandingan babak awal Piala AFC 2020 Zona Timur ditunda dua bulan. 

- AFC mengatakan mencari alternatif tanggal untuk playoff kualifikasi sepak bola wanita Olimpiade antara China dan Korea Selatan yang seharusnya digelar pada 6 dan 11 Maret.  

- Liga Korea Selatan menunda pertandingan musim baru. Pihak Liga juga meminta empat tim yang bermain di Liga Champions Asia digelar tanpa penonton. 

- J-League Jepang menunda seluruh pertandingan domestik hingga pertengahan Maret. 

- Seluruh pertandingan Liga Thailand akan digelar tanpa penonton. 

 

4 dari 7 halaman

Formula 1, Formula E, dan MotoGP

Marc Marquez
Marc Marquez melakoni MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019). (AFPKarim Jaafar)

Formula 1

- Grand Prix China di Shanghai yang dijadwalkan pada 19 April ditunda oleh FIA dan Formula 1. Pihak otoritas akan mencari alternatif tanggal pengganti pada tahun ini.  

Formula E

- Formula E seru Sanya, Pulau Hainan, China, yang seharusnya digelar pada 21 Maret dibatalkan. 

MotoGP 

MotoGP Qatar pada 8 Maret dipastikan batal. 

- MotoGP Thailand pada 22 Maret di Buriram, dipastikan ditunda. 

 

5 dari 7 halaman

Tenis, Tenis Meja, dan Bulutangkis

Logo Kejuaraan Dunia BWF 2015
Logo Kejuaraan Dunia BWF 2015

Tenis 

- Federasi Tenis Internasional memindahkan Fed Cup Asia/Oceania Grup I yang melibatkan China, Chinese Taipei, Indonesia, South Korea, Uzbekistan. Semula event itu akan digelar di Dongguan, China ke Nur-Sultan (Astana), Kazakhstan.

Namun, event tersebut kembali ditunda setelah Kazakhstan menolak menjadi tuan rumah pengganti. 

- China tak bisa mengikuti pertandingan Piala Davis karena tim prianya tak bisa melakukan perjalanan ke Rumania pada 6-7 Maret untuk menjalani playoff. 

- Turnamen tenis putri Xian Terbuka, yang direncanakan pada 13-19 April dibatalkan. WTA mengatakan terus memonitor situasi beberapa event yang seharusnya digelar di China pada paruh kedua tahun ini. 

Tenis Meja 

- Kejuaaraan Dunia yang seharusnya digelar di Busan, Korea Selatan, pada 22-29 Maret, dipindah ke 21-28 Juni. 

Bulutangkis 

- Turnamen Jerman Terbuka, yang semestinya digelar di Muelheim an de Ruhr pada 3-8 Maret, dibatalkan. Pembatalan itu diumumkan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). 

- Turnamen Polandia Terbuka, yang juga menjadi bagian kualifikasi Olimpiade, yang semestinya diselenggarakan pada 26-29 Maret ditunda. 

- Vietnam International Challenge dipindah dari Maret ke Juni dan tak lagi masuk ke dalam kualiffikasi Olimpiade 2020.  Turnamen tersebut seharusnya digelar pada 24-29 Maret. 

- BWF masih berharap Kejuaraan Bulutangkis Asia 2020 masih bisa berlangsung sesuai jadwal. Turnamen tersebut rencananya digelar di Wuhan pada 21-26 April. 

 

6 dari 7 halaman

Speed Skating, Tinju, Golf, Hoki dan Rugby Sevens

Speed Skating 

- The International Skating Union menunda pelaksanaans Kejuaraan Dunia hort track speed skating yang seharusnya digelar di Soeul, Korea Selatan, 13-15 Maret. 

Tinju 

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan Yordania sebagai tuan rumah kualifikasi tinju untuk zona Asia dan Oseania setelah event di Wuhan dibatalkan. Kualifikasi tersebut akan digelar di Amman pada 3-11 Maret. 

Golf 

- Tur golf LPGA wanita yang seharusnya berlangsung pada 5-9 Maret di Hainan, China, dibatalkan.  

- Pihak Tur juga membatalkan Honda LPGA Thailand di Patayya dan HSBC Women’s World Championship di Singapura. 

- Kejuaraan Women’s Amateur Asia-Pacific di Pattaya, Thailand, yang semestinya digelar pada 7-10 Oktober ditunda.

- The PGA Tour Series-China menunda dua event kualifikasi dan memundurkan awal musim 2020 selama dua bulan.

- Pihak Tur Eropa mengatakan Maybank Championship (16-19 April di Kuala Lumpur) dan Volvo China Open (23-26 April di Shenzhen) ditunda. 

Hoki 

- Pertandingan  Pro League antara China dan Australia, yang dijadwalkan pada 14-15 Maret di Changzhou, tidak akan dimainkan. 

Rugbi Seven 

- Kejuaraaan Dunia Rugbi Seven seri Singapura dan Hing Kong ditunda dari April ke Oktober. 

 

7 dari 7 halaman

Bola Voli, Angkat Besi, Balap Sepeda, Triathlon, dan Bisbol

Voli 

- Turnamen voli pantai, yang seharusnya digelar pada 22-26 April di Yangzhou, ditunda hingga setelah Olimpiade 2020.

Angkat Besi 

- Kejuaraan Dunia Angkat Besi yang seharusnya digelar pada 16-25 April dipindahkan dari Kazakhstan ke Uzbekistan.

Balap Sepeda

- Dua seri terakhir UAE Tour dibatalkan setelah dua peserta dari Italia positif terkena virus corona. Tes terhadap 167 orang lain di event tersebut terbukti negatif. 

Triathlon 

- Seri Pembuka World Triathlon Series scheduled yang digelar di Abu Dhhabi pada 5-7 Maret ditunda. 

Bisbol 

- The World Baseball Softball Confederation menunda turnamen terakhir yang masuk kualifikasi Olimpiade.

Sumber: Reuters  

Lanjutkan Membaca ↓
Jelang Restart Shopee Liga 1 2020, Jangan Lewatkan Half Time Show Live Senin 28 September