Sukses


4 Jenis Sayuran yang Bagus buat Dikomsumsi Penderita Diabetes

Jakarta - Jenis sayuran yang bagus dan berguna bagi penderita diabetes tentunya perlu diperhatikan. Apalagi, penderita diabetes harus bisa mengatur pola makan guna mengendalikan kadar gula darahnya. Karena itu, salah satu yang dianjurkan adalah memperbanyak konsumsi sayuran.

Kunci penting pengaturan makan yang efektif bagi penderita diabetes adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan mengurangi korbohidrat seperti roti putih atau camilan manis.

Penderita diabetes harus menyertakan serat dan protein dalam dalam menu makanannya. Sayuran berdaun hijau gelap diketahui tinggi serat, protein, serta nutrisi vital lainnya. Serat dapat membantu mengontrol kadar glukosa.

Jenis sayuran yang baik untuk penderita diabetes adalah yang mengandung indeks glikemik rendah, tinggi akan serat, atau mengandung tinggi nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber beberapa jenis sayuran yang baik untuk penderita diabetes.

Video

2 dari 5 halaman

Sayuran yang Indeks Glikemiknya Rendah

Jenis sayuran yang baik untuk penderita diabetes yang pertama adalah sayuran yang indeks glikemiknya rendah. Angka atau peringkat indeks glikemik suatu makanan menunjukkan seberapa cepat tubuh menyerap glukosa dari makanan.

Tubuh menyerap gula darah lebih cepat dari makanan dengan indeks glikemik tinggi dibandingkan dengan rendah. Karenanya, sayuran yang dikonsumsi penderita diabetes, indeks glikemiknya harus rendah agar tak terjadi lonjakan gula darah.

Sebagai jenis sayuran yang baik untuk penderita diabetes, inilah beberapa jenis sayuran dengan indeks glikemik rendah adalah, kacang polong (indeks glikemik 39), wortel (indek glikemik 41 ketika direbus, 16 jika mentah), brokoli (indeks glikemik10), dan tomat (indeks glikemik 15). Indeks glikemik dianggap rendah bila angkanya di bawah 55.

Sayuran lainnya yang juga aman untuk penderita diabetes termasuk artichoke, asparagus, kembang kol, buncis, selada, terong, cabai, kacang kapri, bayam, seledri.

3 dari 5 halaman

Sayuran Kaya Protein

Jenis sayuran yang baik untuk penderita diabetes selanjutnya adalah sayuran kaya protein. Jenis sayuran yang kandungan proteinnya lebih tinggi antara lain bayam, pakcoy, asparagus, mustard greens (sejenis kale dan sawi), brokoli dan kembang kol.

Makanan kaya protein membantu kamu kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil di antara waktu makan. Untuk rekomendasi protein yang tepat, kamu dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter.

4 dari 5 halaman

Sayuran Kaya Serat

Sayuran tinggi serat juga merupakan jenis sayuran yang baik untuk penderita diabetes. Serat dapat membantu mengurangi sembelit, mengurangi kadar kolesterol jahat, dan membantu mengendalikan berat badan.

American Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa jumlah serat yang tepat per hari adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Sayuran dengan kandungan serat tinggi meliputi wortel, bit, dan brokoli.

5 dari 5 halaman

Sayuran Kaya Nitrat

Nitrat adalah bahan kimia yang secara alami terjadi pada sayuran tertentu. Beberapa produsen menggunakannya sebagai pengawet dalam makanan. Sayuran kaya nitrat juga bisa dijadikan jenis sayuran yang baik untuk penderita diabetes. Mengonsumsi makanan alami yang kaya akan nitrat dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan peredaran darah secara keseluruhan.

Kamu disarankan untuk memilih sayuran dengan kandungan nitrat alami tinggi, dibandingkan dengan nitrat yang ditambahkan oleh produsen selama pemrosesan. Sayuran yang tinggi akan nitrat meliputi, arugula, bit atau jus bit, selada, seledri dan rhubarb.

Itulah beberapa jenis sayuran yang baik untuk penderita diabetes yang perlu kamu ketahui. Selalu konsultasikan dengan dokter terkait masalah kesehatan dan pengobatan yang kamu lakukan.

 

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Liputan6.com (Husnul Hadi/Thomas, Published 28/2/2020)

Video Populer

Foto Populer