Sukses


5 Tindakan Pencegahan agar Tidak Tertular Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Virus Corona adalah virus jenis baru yang dapat menular ke manusia. Virus corona dapat menyerang siapa saja dan segala umur.

Virus corona dikabarkan kali pertama ditemukan di kota Wuhan, China, pada akhir 2019. Kini, virus Corona telah menyebar hingga ke Indonesa.

Ada lebih dari 100 negara yang telah terinfeksi virus Corona dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan virus Corona sebagai pandemi mengingat penyebarannya sudah berskala global.

Gejala yang ditimbulkan virus Corona seperti mengalami flu, sakit kepala, batu, nyeri tenggorokan, dan demam.

Menurut penelitian, gejala virus Corona atau COVID-19 muncul dalam waktu dua hari sampai dua minggu setelah terpapar virus ini.

Dilansir dari laman WHO, cara mencegah agar terhindar dari virus Corona adalah menjaga kebersihan diri dan menghindari kontak dengan orang atau hewan yang bisa berpotensi menularkan virus Corona.

Bola.com telah merangkum cara atau tindakan pencegahan agar Anda tidak tertular virus Corona. Berikut beberapa di antaranya:

2 dari 6 halaman

Menjaga Kebersihan Tangan

Cara pertama dan paling sederhana adalah mencuci tangah. Menjaga kebersihan tangan efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Cucilah tangan. dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Cuci seluruh bagian tangan termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku tangan.

Setelah mencuci tangan, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk, atau mesin pengering tangan. Satu di antara penyebaran virus Corona dapat melalui sentuhan.

Dengan mencuci tangan secara teratur sebelum dan sesudah melakukan sentuhan, mampu mencegah memiliki risiko terjangkit virus Corona.

Ada cara lain jika Anda sulit menemukan air dan sabun, yakni dengan menggunakan hand sanitizer yang praktis.

3 dari 6 halaman

Menggunakan Masker Mulut

Penyebaran virus Corona juga dapat melalui udara. Pentingnya menggunakan masker sebagai pencegahan terjangkit virus Corona.

Untuk mencegah penularan virus Corona, ada dua tipe masker yang disarankan, yaitu masker bedah dan masker N95. Surgical mask atau yang dikenal masker bedah mudah ditemukan.

Masker bedah memiliki harga yang terjangkau serta nyaman untuk dipakai. Masker bedah disarankan hanya untuk sekali pemakaian saja.

Masker bedah terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman di udara. Masker selanjutnya adalah masker N95, yang sangat disarankan untuk mencegah infeksi virus Corona.

Masker jenis N95 dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya yang ada di udara. Masker N95 memiliki harga yang cukup mahal dan kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari.

4 dari 6 halaman

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga pola hidup sehat mampu menjaga daya tahan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Selain mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, perlu pula mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, ikan, dan daging. Selain itu, juga rutin melakukan olahraga untuk menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit serta untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Hindari juga rokok dan minuman beralkohol serta menjaga waktu tidur agar tercukupi.

5 dari 6 halaman

Tidak Bepergian ke Negara yang Terinfeksi

Virus Corona telah menyebar ke lebih dari 100 negara di dunia. Jika Anda senang bepergian keluar negeri, lebih baik Anda mengetahui informasi negara yang akan dituju.

Virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Agar tidak terinfeksi virus Corona, disarankan untuk tidak bepergian sementara waktu ke tempat-tempat yang memiliki kasus infeksi virus Corona.

6 dari 6 halaman

Menghindari Kontak dengan Hewan yang Berpotensi Menularkan Virus Corona

Virus Corona dikabarkan berasak di sebuah pasar hewan yang berada di kota Wuhan, China. Pasar hewan tersebut menjual beraneka macam daging hewan yang tak lazim seperti tikus, kelelawar, buaya, dan masih banyak lagi.

Virus Corona diduga kuat berasal dari hewan kelelawar dan beberapa hewan mamalia dan reptil.

Untuk mencegah terinfeksinya virus Corona, Anda lebih baik hindari kontak dengan hewan-hewan tersebut.

Selain itu, pastikan sebelum Anda mengonsumsi daging yang lebih baik, dicuci bersih, dan dimasak hingga benar-benar matang.  

Video Populer

Foto Populer