Sukses


9 Jenis Makanan Ringan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Bola.com, Jakarta - Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi. Dilansir dari laman AloDokter, glukosa yang menumpuk di dalam darah disebabkan karena tubuh tidak bisa menyerap dengan baik dan menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang sering terjadi. Diabetes tipe 2 disebabkan oleh sel-sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin.

Kondisi ini membuat penderitanya tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Walau begitu, bukan berarti pengidap penyakit diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan ringan yang manis.

Pengidap penyakit diabetes tetap bisa mengonsumsi makanan ringan yang memiliki rasa yang manis, selagi tidak menyebabkan kadar gula darah di dalam tubuh naik.

Memilih makanan ringan yang sehat untuk pengidap diabetes menjadi kunci tetap hidup sehat.

Nah, berikut ini beberapa makanan ringan yang bisa dikonsumsi dengan aman bagi pengindap diabetes tanpa harus takut kadar gula darah naik. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber makanan ringan yang aman dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.

2 dari 10 halaman

Apel

Bagi pengidap diabetes, mengonsumsi makanan manis membuat Anda akan berpikir dua kali. Namun, Anda bisa mengonsumsi apel sebagai makanan ringan.

Apel mengandung serat tinggi dan mampu menahan rasa lapar lebih lama. Apel mampu mengontrol kalori tubuh jika dikonsumsi sebelum makan.

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, apel juga memberikan energi.

3 dari 10 halaman

Kacang Almond

Kacang almond menjadi pilihan menu selanjutnya yang aman dikonsumsi orang yang hidup dengan diabetes. Kacang almond memiliki kandungan asam lemak omega-3.

Selain omega-3, kacang almond juga mengandung vitamin E.

4 dari 10 halaman

Putih Telur Rebus

Putih telur yang direbus terlebih dahulu sangat aman dikonsumsi pengidap diabetes. Putih telur rebus mampu menjaga kadar gula darah di dalam tubuh.

Putih telur yang direbus bisa menjadi makanan ringan.

5 dari 10 halaman

Keju Parut

Keju parut memiliki kandungan protein yang sangat kaya. Keju parut mampu meningkatkan energi pada tubuh.

Keju parut aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Keju parut bisa dijadikan sebagai makanan ringan.

6 dari 10 halaman

Selai Kacang

Selai kacang menjadi camilan yang sangat aman dikonsumsi bagi pengidap diabetes. Selai kacang mengandung banyak protein dan mampu menahan rasa lapar.

Mengonsumsi selai kacang bisa dikombinasikan dengan roti yang berkadar gula rendah.

7 dari 10 halaman

Granola

Granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan madu. Granola juga bisa dikombinasikan dengan yogurt.

Granola bisa menjadi opsi makanan ringan penderita diabetes walau memiliki rasa yang cukup manis. Granola memiliki kandungan serat cukup tinggi, nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dan bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Sebelum mengonsumsi granola, pilihlah granola yang memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah.

8 dari 10 halaman

Gandum

Banyak produk berbahan gandum seperti roti, biskuit, kue yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi gandum bisa menjadi opsi makanan ringan bagi pengidap diabetes.

Mengonsumsi gandum mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat yang tinggi pada gandum mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Gandum mampu meminimalisasi Anda dari risiko penyakit jantung, diabetes tipe-2, kelebihan berat badan, dan penyumbatan pada saluran darah tubuh.

9 dari 10 halaman

Kedelai

Mengonsumsi martabak, gorengan, atau kue bisa meingkatkan kadar gula darah tubuh. Makanan ringan tersebut tak cocok dikonsumsi secara berlebihan oleh pengidap diabetes.

Menurut penelitian University of Medical Science menyatakan bahwa mengonsumsi kedelai sebanyak delapan gram selama delapan minggu mampu menurunkan kadar HbAic (hemoglobin yang berikatan dengan glukosa), kolesterol total, dan resistensi insulin.

Makanan ringan yang berbahan dasar kedelai dianggap baik dikonsumsi bagi pengindap penyakit diabetes.

10 dari 10 halaman

Cokelat Hitam

Cokelat menjadi satu di antara makanan ringan yang sangat digemari semua kalangan dan usia.

Bagi Anda penderita penyakit diabetes, masih bisa mengonsumsi cokelat, yang terkenal manis. Namun, yang disarankan adalah cokelat hitam (Dark Chocolate). Jenis cokelat ini dipercaya aman dikonsumsi bagi pengidap penyakit diabetes.

Cokelat hitam juga mampu menjaga gula darah di dalam tubuh tetap stabil dan meningkatkan kerja hormon insulin dengan baik. Cokelat hitam yang aman dikonsumsi penderita diabetes setidaknya mengandung 70 persen kakao.

Video Populer

Foto Populer