Sukses


9 Cara Menghilangkan Stres yang Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Stres bisa menghantui kehidupan siapa saja. Stres adalah reaksi alami terhadap banyak situasi dalam kehidupan.

Stres dapat dipicu dari tempat kerja, keluarga, lingkungan sekolah, hingga masalah rumah tangga.Ketika stres melanda, Anda mengalami banyak perubahan perasaan.

Dilansir laman Mental Health, stres adalah reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres dapat memicu respons tubuh, baik secara fisik atau mental.

Tekanan batin, frustrasi membuat seseorang lebih mudah mengalami stres. Stres berkepanjangan bisa mengganggu kesehatan tubu dan memiliki risiko daya tahan tubuh menjadi lemah.

Stres sulit untuk dihindari. Konseling ke psikiater menjadi satu di antara cara mengatasi stres. Selain mendatangi ke psikiater, banyak cara yang mudah dilakukan untuk mengatasi stres.

Mengubah gaya hidup adalah upaya yang bisa dilakukan, seperti meditasi, menggunakan aromaterapi, melakukan olahraga, hingga yoga. Jangan ragu untuk berkonsultasi dalam penanganan stres yang Anda alami.

Berikut cara yang mudah Anda lakukan untuk menghilangkan stres. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber cara menghilangkan stres yang dialami, Kamis (19/3/2020).

2 dari 10 halaman

1. Mengunyah Permen Karet

Cara pertama adalah mengunyah permen karet. Penelitian menyatakan bahwa menguyah permen karet dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan.

Mengunyah permen karet meningkatkan aliran darah ke otak dengan gerakan ritmis. Rasa dan aroma yang dihasilkan dari permen karet memunculkan respons relaksasi.

3 dari 10 halaman

2. Menghirup Aroma Lavender

Ingin tahun mengatasi stres di tempat kerja? Hirup aroma yang dihasilkan oleh bunga lavender.

Aroma bunga lavender mampu menimbulkan respons relaksasi. Aroma lavender secara konsisten terbukti mengurangi tingkat stres yang dialami seseorang.

4 dari 10 halaman

3. Berolahraga

Ketika mengalami stres, lakukan aktivitas olahraga ringan yang membuat Anda merasa lebih baik. Olahraga ringan, seperti lari, bersepada, atau berjalan kaki.

Selain itu, melakukan yoga juga dapat mengurangi ketegangan pada otot yang bisa meredakan stres.

5 dari 10 halaman

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik menjadi satu di antara cara untuk menghilangkan stres. Mendengarkan musik kesukaan dengan bernada lembut mamapu menurunkan laju detak jantung, meredakan rasa cemas, dan menurunkan tekanan darah.

Hormon kortisol mampu menurunkan tekanan darah setelah mendengar musik yang tenang. Penelitian di Journal of Advanced Nursing menemukan bukti bahwa pasien yang mendengarkan lagu pilihan mereka, lebih tenang.

6 dari 10 halaman

5. Meditasi

Melakukan meditasi membuat Anda akan menjadi lebih fokus pada hal-hal yang sedang terjadi. Teknik meditasi yang bisa dilakukan adalah meditasi mindfull.

Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam kehidupan sehari-hari.

7 dari 10 halaman

6. Gaya Hidup Sehat

Makanan yang dikonsumsi memengaruhi kesehatan tubuh. Makanan yang memiliki gizi baik mampu mengatasi stres.

Hindari mengonsumsi alkohol, rokok, dan obat-obatan. Selain itu, kurangi mengonsumsi kafein dan gula. Cukupi waktu tidur Anda, karena tidur yang tidak tercukupi akan memicu pikiran menjadi tidak rasional.

8 dari 10 halaman

7. Pasang Senyum

Senyum dipercayai bisa menghilangkan stres dan telah terbukti di sebuah penelitian Psychological Science tahun 2012. Memasang senyuman lebar-lebar yang melibatkan otot pada wajah dan mata akan benar-benar meningkatkan mood.

Tersenyum akan mengubah aktivitasa dalam otak yang berhubungan dengan suasana hati lebih bahagia.

9 dari 10 halaman

8. Berinteraksi Dengan Hewan Peliharaan

Anjing dan kucing adalah hewan peliharaan yang sangat digemari. Kedua hewan peliharaan itu juga dijadikan sebagai hewan terapi untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu curahan kasih sayang.

Melakukan kontak, seperti membelai, memeluk, atau menyentuh hewan penuh kasih sayang dengan cepat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. Hormon yang dihasilkan setelah berinteraksi dengan kedua hewan tersebut berguna bagi tubuh untuk menenangkan pikiran dan otot tubuh.

Anjing dan kucing memberikan stimulus dalam membantu meningkatkan mood, menekan depresi, serta menurunkan tekanan darah.

10 dari 10 halaman

9. Berendam di Air Hangat

Menurut penelitian International Journal of Management Stress menyatakan bahwa berendam di air hangat akan memicu relaksasi pada tubuh. Berendam air hangat mampu menekan hormon pemicu stres.

Penggunaan aromaterapi ketika berendam bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Pilihlah aroma lavender karena secara konsisten memberikan ketenangan.

 

Sumber: Alo Dokter, Mental Health

Video Populer

Foto Populer