VIDEO: IOC Pertimbangkan Kembali Pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020

VIDEO: IOC Pertimbangkan Kembali Pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020

Komite Olimpiade International atau IOC menyatakan akan mempertimbangkan kembali pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Sebelumnya, Presiden IOC, Thomas Bach, mengatakan Olimpiade akan berjalan sesuai rencana yakni Juli 2020. Namun karena pandemi virus corona yang semakin meluas, membuat banyak kalangan baik dari atlet ataupun pejabat olahraga mendesak IOC untuk mempertimbangkan pelaksanaan Olimpiade 2020 demi keselamatan manusia.

IOC meminta waktu hingga 1 bulan kedepan untuk memutuskan hal tersebut. Berbeda dengan Olimpiade Tokyo, event akbar olahraga dunia, Piala Eropa 2020 sudah mengambil sikap dengan menunda pelaksanaan kompetisi hingga tahun depan. "UEFA telah memutuskan bahwa Piala Eropa akan ditunda hingga 2021. Piala Eropa akan digelar dari 11 Juni hingga 11 Juli tahun depan," tulis PSSI-nya Norwegia dilansir dari The Guardian.

UEFA beserta 55 negara anggota federasi juga akan membahas mengenai kelanjutan Liga Champions 2019-2020 yang terkena dampak wabah virus corona. Selain itu, Liga Europa juga masuk diskusi internal UEFA. Baik Liga Champions mau pun Europa telah memasuki babak 16 besar. Sebelumnya mencuat isu bahwa Liga Champions dan Liga Europa akan digelar satu leg saja. Babak 16 besar Liga Champions yang sudah selesai, seperti Atalanta kontra Valencia, tidak akan mengalami perubahan. Selain itu, UEFA Nations League dan Piala Eropa U-21 juga akan dipindahkan musim panas tahun depan. Sementara Piala Eropa Wanita 2021 kemungkinan besar tak akan mengalami perubahan.

Masalah Olimpiade Tokyo 2020 memang cukup pelik. Pasalnya, bila ditunda sampai satu tahun pada 2021, semua ajang 2020 menumpuk pada tahun depan.

Sumber: Bleacher Report, BBC, Guardian

Ringkasan

Oleh Ade Yusuf Satria pada 23 March 2020, 14:18 WIB

Video Terkait

Spotlights