6 Jenis Buah-buahan yang Bikin Awet Muda

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 25 Mar 2020, 12:10 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 12:10 WIB
Buah dan sayuran

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi jenis buah-buahan tertentu bisa membantu kita awet muda. Seiring bertambahnya usia, biasanya kebanyakan orang akan selalu berusaha untuk terlihat lebih muda. Pria maupun wanita ingin selalu terlihat menarik.

Memiliki wajah yang awet muda memang merupakan impian banyak orang. Itulah mengapa, berbagai cara dilakukan untuk bisa mewujudkan keinginan itu.

Bahkan ada banyak di antara mereka rela mengeluarkan uang banyak demi melakukan perawatan agar selalu terlihat menarik dan lebih muda.

Namun, awet muda bukan hanya datang dari penggunaan produk perawatan yang digunakan, melainkan justru dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Beberapa di antara kebiasaan yang bisa membuat wajah tetap awet muda, seperti tidak merokok mengurangi konsumsi alkohol, rajin mencuci wajah, rutin berolahraga hingga memiliki pola makan yang baik.

Berkaitan dengan pola makan yang baik, sangat direkomendasikan mengonsumsi buah, sayur, protein rendah lemak, karbohidrat kompleks. Konsumsi garam juga sebaiknya dibatasi demi kestabilan tekanan darah.

Secara khusus, buah bisa memperlambat penuaan alias membuat kita tetap awet muda karena buah-buahan banyak mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan keriput dan mencegah perubahan warna pada kulit.

Lalu, buah-buahan apa saja yang punya fungsi anti-aging?

Berikut Bola.com merangkum dari viral ventura, enam jenis buah-buahan yang dapat membuat Anda terlihat lebih muda:

2 dari 7 halaman

Kiwi

Buah kiwi (iStock)
Ilustrasi buah kiwi (iStockphoto)

Kiwi memiliki kontribusi besar terhadap sifat anti-penuaan. Kiwi tidak hanya buah yang lezat, tetapi juga berguna untuk membuat kulit lebih kencang.

Hal itu berarti juga menunda pembentukan kerutan serta garis-garis halus di wajah Anda. Kiwi kaya akan vitamin C dan K, yang membantu kulit mengurangi kerusakan.

3 dari 7 halaman

Alpukat

Kaya akan vitamin E dan vitamin B-kompleks,alpukat cukup berguna untuk mencegah penuaan. Hal itu memainkan peran kunci dalam memelihara kulit.

Alpukat mengandung kalium, yang membantu menjaga kulit terhidrasi dan lembab. Buah ini juga mengandung senyawa yang disebut glutathione, yang membantu dalam proses anti-penuaan.

4 dari 7 halaman

Pepaya

Satu buah yang bermanfaat bagi kulit. Jika Anda ingin memberikan warna kulit alami pada kulit Anda, pepaya adalah buah yang cocok.

Pepaya juga membantu dalam pencegahan keriput pada kulit dan berbagai Vitamin di dalamnya akan membantu menyehatkan kulit.

5 dari 7 halaman

Berry

Berry
Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. (Istimewa)

Beri memiliki berbagai jenis termasuk stroberi, raspberry, atau bahkan blueberry. Tidak peduli berry jenis apa yang Anda pilih, semuanya mengandung antioksidan dalam jumlah besar.

Jenis buah-buahan ini juga memiliki jumlah Vitamin C yang melimpah. Kedua elemen ini dikenal untuk menjaga kulit Anda dari penuaan dan membuat wajah Anda bercahaya.

6 dari 7 halaman

Anggur

Manusia selalu terkena radiasi ultraviolet dari matahari dan hal itu dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit. Anggur mengandung mangan dan vitamin C dalam jumlah tinggi.

Kedua elemen ini bekerja sama membantu untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet. Sifat antioksidan dari anggur juga bermanfaat untuk menjaga kulit dari penuaan dini.

7 dari 7 halaman

Delima

Buah Delima
Segudang Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Delima jadi satu di antara buah yang kaya akan sumber riboflavin dan fosfor. Delima juga mengandung vitamin dan mineral lain yang bersama-sama dengan unsur-unsur yang disebutkan sebelumnya, akan membuat kulit yang indah dengan meningkatkan kolagen.

Kolagen pada dasarnya adalah protein yang memberikan elastisitas dan kekencangan kulit. Makin banyak kolagen yang Anda miliki dalam sistem Anda, wajah Anda akan terlihat makin awet muda.

Sumber: Viral Ventura

Lanjutkan Membaca ↓