Sukses


Golongan Darah dan Potensi Terinfeksi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan di China menyatakan golongan darah A lebih berisiko terinfeksi virus Corona. Sedangkan, orang yang memiliki golongan darah O, lebih kebal terhadap virus ini, tetapi perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal ini.

Pernyataan ini berasal dari sebuah penenlitian yang dilakukan di Wuhan dan Shenzhen, mengunakan data pasien COVID-19 di dua daerah China tersebut.

Perbandingan jumlah yang cukup signifikan sehingga orang yang memiliki golongan darah A lebih rentan terinfeksi virus Corona dibandingkan orang yang memiliki golongan darah O.

Para ahli menambahkan bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan beberapa hubungan antara golongan darah dan penyakit seperti flu perut, serta risiko stroke dan gangguan kognitif.

Kabar itu mungkin bisa membuat pemilik golongan darah A panik dan khawatir. Namun, orang yang memiliki golongan O juga harus memiliki kewaspadaan sama agar tidak terinfeksi virus Corona.

Tndakan pencegahan serius perlu dilakukan semua orang, apa pun golongan darahnya.

Dilansir dari laman Alo Dokter, kerentanan seseorang terhadap infeksi virus apa pun, dipengaruhi oleh kekuatan daya tahan tubuh. Jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang lemah, akan mudah terinfeksi virus, semisal virus Corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19

Oleh karena itu, apa pun golongan darah seseorang, perlu adanya tindakan pencegahan penyebaran virus Corona secara maksimal.

Bukan berarti hasil penelitian yang dilakukan di Wuhan dan Shenzhen membuat golongan darah O kebal dari serangan virus Corona.

Semua orang perlu menjaga kebersihan tangan, jaga kontak fisik, menggunakan alat pelindung diri ketika beraktivitas di ruang umum, dan mengikuti semua hal yang telah dianjurkan oleh pemerintah dan ahli kesehatan.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/3/2020), hubungan antara golongan darah dengan COVID-19 hasil penelitian di Wuhan dan Shenzen, China.

2 dari 2 halaman

Persentase Golongan Darah yang Rentan Terinfeksi Virus Corona

Dalam penelitian yang dilakukan di Wuhan dan Shenzen dengan 2.173 pasien yang telah didiagnosis COVID-19 menemukan bahwa pasien yang terinfeksi virus Corona,

  • Golongan darah A adalah 38 persen
  • Golongan darah B adalah 26 persen
  • Golongan darah AB adalah 10 persen
  • Golongan darah O adalah 25 persen

Penelitian ini dilakukan terhadap pasien yang terinfeksi virus Corona di Wuhan dan Shenzen, China. Keterkaitan golongan darah dengan persentase rentan terjangkit COVID-19 masih perlu ditinjau secara klinis.

Penelitian tersebut dilakukan pada kelompok usia dan jenis kelamin yang berbeda.

Sumber: Alo Dokter, Health Line

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer