Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda, Kemenpora Ingatkan Atlet Tetap Jaga Semangat

Oleh Yus Mei Sawitri pada 25 Mar 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 12:15 WIB
Atletik : Lalu Muhammad Zohri

Bola.com, Jakarta - Olimpiade Tokyo 2020 telah resmi ditunda hingga tahun depan karena dampak pandemi virus corona yang menghantam dunia. Kementerian Pemuda dan Olahraga mengingatkan supaya atlet yang sudah atau belum lolos ke Olimpiade tetap menjaga semangat. 

Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, mengatakan para atlet sebaiknya menerapkan latihan dengan pola baru di tengah merebaknya virus corona. Meskipun Olimpiade Tokyo 2020 sudah resmi ditunda, para atlet diharapkan tetap terus berlatih. 

"Dalam latihan sebaiknya memakai pola sederhana dan tidak berkumpul banyak orang, namun dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi akibat masih merebaknya virus Corona," kata Gatot dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu (25/3/2020), seperti dilansir Antara

Gatot mengatakan Komite Olimpiade Indonesia (NOC) dan Komite Paralimpiade Indonesia (NPC), serta seluruh pimpinan cabang olahraga dan para atlet yang sudah melakukan persiapan sejak lama diharapkan bisa memahami keputusan penundaan tersebut.

Atas alasan keamanan, Kemenpora meminta para atlet bisa melakukan latihan sesuai dengan prosedur kesehatan yang sudah dianjurkan yaitu mengutamakan menjaga jarak fisik (social and physical distance) dan menjaga kesehatan sesuai protokol olahraga.

 

2 dari 3 halaman

Meninjau Ulang Anggaran

Olimpiade Tokyo
Pejalan kaki melintas di dekat layar hitung mundur untuk Olimpiade Tokyo 2020 di Distrik Shimbashi, Tokyo, 24 Maret 2020. PM Shinzo Abe mengumumkan Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah sepakat untuk menunda gelaran Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo hingga setahun. (Xinhua/Du Xiaoyi)

Kemenpora bersama NOC dan NPC akan segera meninjau ulang kebutuhan anggaran yang tersedia karena pemerintah sedang memfokuskan pada penanganan virus Corona.

Terkait dengan rencana pemerintah dan NOC untuk bidding Olimpiade 2032, Gatot menyampaikan kondisi saat ini tidak memengaruhi keinginan tersebut.

"Itulah sebabnya pemerintah Indonesia dan NOC dalam sikapnya terhadap kelangsungan jadi atau ditundanya Olimpiade Tokyo 2020, kita berada pada posisi tidak ingin merepotkan IOC dan pemerintah Jepang, serta NOC Jepang dan panitia Olimpiade Tokyo," katanya.

Olimpiade Tokyo 2020 seharusnya bergulir pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Namun, pandemi virus corona membuat IOC dan panitia Tokyo 2020 sepakat menunda event akbar tersebut. 

IOC dan panitia Tokyo 2020 mengatakan Olimpiade akan digelar pada tahun depan sebelum musim panas, alias tengah tahun.  

Sumber: Antara 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Penggunaan Masker yang Benar Saat Pandemi Virus Corona COVID-19