7 Benda yang Harus Dibersihkan untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Oleh Yus Mei Sawitri pada 25 Mar 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 13:30 WIB
Ilustrasi Bersih-bersih

Bola.com, Jakarta - Menghabiskan waktu di rumah menjadi pilihan terbaik di tengah pandemi virus corona yang merebak ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Meskipun mengisolasi diri di rumah, standar pencegahan virus corona juga harus dilakukan.  

Apa saja standar pencegahan virus corona yang harus diterapkan selama di rumah? Mencuci tangan tentu saja tetap menjadi keharusan. 

Menjaga kebersihan rumah juga bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Kuman, bakteri dan virus dapat dengan mudah mengendap di beberapa tempat di sekitar rumah terlebih jika ruangan tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup serta lembab.

Menurut CDC virus corona dapat tetap hidup di permukaan benda mati selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Jadi sangat penting untuk memperhatikan setiap bagian-bagian rumah terutama yang jarang dibersihkan.

Berikut ini beberapa benda yang dapat dibersihkan secara rutin untuk menghindari penyebaran virus corona melalui benda mati.

 

2 dari 8 halaman

Keran Wastafel

20170105-tips bersihkan jamur wastafel-rumahcom-boy
Perawatan wastafel pun perlu Anda perhatikan, karena beda bahan beda cara perawatan, khususnya untuk menghilangkan jamur.

Saat sering mencuci tangan sepanjang hari, Anda juga sering menyentuh keran wastafel. Keran pada wastafel juga perlu untuk dibersihkan setiap hari ini tak terkecuali bak mandi. Ini dilakukan demi menghindari kemungkinan satu orang menyebarkan virus ke orang lain.

 

 

3 dari 8 halaman

Gagang Pintu

Gagang pintu
Karena disentuh banyak orang, permukaan gagang pintu bisa jadi tempat penularan virus

Anda mungkin dapat menghitung berapa kali menyentuh gagang pintu setiap hari. Anda harus mempertimbangkan setiap pintu di rumah dan berapa kali gagang pintu tersebut tersentuh oleh tangan yang berbeda setiap harinya, terutama ketika semua orang bertahan di rumah untuk waktu yang cukup lama.

Sebaiknya desinfeksi semua gagang pintu beberapa kali sehari. Sementara jarak sosial dapat mengurangi kemungkinan virus dan bakteri menular. Tetap lakukan jarak sosial, mungkin saja orang yang terlihat baik-baik saja mereka sudah terinveksi namun belum menunjukkan gejala yang signifikan.

 

4 dari 8 halaman

Kursi

Kursi yang sering dipakai di rumah juga menjadi benda yang wajib untuk dibersihkan secara rutin. Ini karena kursi sering digunakan untuk bersandar dan digunakan lebih dari satu orang setiap hari.

Terlebih jika isolasi yang membuat orang bertahan di rumah untuk waktu yang cukup lama, bisa jadi kursi adalah tempat yang nyaman untuk digunakan oleh anggota keluarga. Ada baiknya membersihkan kursih setiap hari, bila perlu semprotkan disenfektan agar lebih aman.

 

5 dari 8 halaman

 Meja  

membersihkan meja
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Mark Agnor

Sama seperti kursi, meja menjadi tempat yang paling digunakan untuk bekerja di rumah, terlebih jika anak-anak melakukan pembelajaran di rumah. Tentu meja sering digunakan dan bersentuhan langsung dengan anak-anak atau anggota keluarga lainnya. Bersihkan permukaan meja beberapa kali sehari jika digunakan sepanjang hari.

 

 

6 dari 8 halaman

Sakelar Lampu

Sakelar adalah tempat yang sering disentuh oleh orang-orang di rumah yang mungkin harus dibersihkan setiap hari. Tisu antibakteri mungkin bisa digunakan untuk membersihkan sakelar.

Meskipun terlihatnya hanya benda kecil namun sakelar bisa menjadi sumber penyebaran virus, karena telah disentuh oleh banyak tangan yang berbeda setiap harinya. Jadi jangan meremehkan hal-hal kecil yang sebenarnya penting untuk dilakukan.

 

7 dari 8 halaman

Toilet

Semua orang tentunya tahu toilet adalah tempat yang mungkin kotor dan tentunya tempat yang harus sering dibersihkan. Namun, ketika virus mulai menyebar dengan mudahnya akan menularkan dari anggota keluarga satu ke anggota keluarga lainnya.

Sebaiknya, tingkatkan kebersihan toilet dengan membersihkannya secara rutin dan pastikan fokus pada area yang sering sentuh oleh tangan seperti flush dan ujung dudukan toilet.  

 

8 dari 8 halaman

Perlengkapan Mandi dan Make Up

Pasta gigi, sabun cuci muka dan bahwa wadah make up adalah barang yang sering kali disentuh dan mungkin jarang dibersihkan. Tanpa disadari ketika Anda memegang pasta gigi virus dapat menempel pada tempat tersebut dan akan bertahan hingga berjam-jam bahkan berhari-hati. Maka taka da salahnya untuk tetap menjaga kebersihan dan mencuci tangan terlebih dahulu.

Saat sedang membersihkan peralatan dan beberapa benda lainnya yang ada di rumah penting untuk menggunakan produk dan praktik yang tepat untuk membunuh bakteri dan virus di permukaan, tetapi ini juga bertujuan untuk mengurangi kemungkinan penyebaran kuman disekitar rumah. 

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Fimela (Penulis Gayuh Tri Pinjungwati, published: 24/3/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Lanjutkan Membaca ↓
Penggunaan Masker yang Benar Saat Pandemi Virus Corona COVID-19