Flashback: Medali Emas Perdana Indonesia dari Olimpiade Barcelona 1992

Oleh Hendry Wibowo pada 25 Mar 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 13:00 WIB
Susi Susanti-Alan Budikusuma

Bola.com, Jakarta - Indonesia mencetak sejarah pada Olimpiade Barcelona 1992. Kala itu, dua pebulutangkis Tanah Air, Alan Budikusuma dan Susi Susanti masing-masing menyumbangkan emas.

Dua emas yang merupakan titik balik perjuangan Indonesia di Olimpiade. Karena emas itu merupakan yang pertama untuk Indonesia pada ajang multievent paling bergengsi di dunia itu.

Pada Olimpiade Barcelona 1992, Indonesia memang sangat dominan di sektor tunggal putra. Bayangkan ada tiga pemain Tanah Air yang menjejak ke semifinal.

Selain Alan ada juga Hermawan Susanto dan Ardy Wiranata. Alan ke final setelah mengalahkan wakil Denmark, Stuer-Lauridsen: 18-14, 15-8.

Sementara Ardy mengandaskan Hermawan lewat skor 10-15, 15-9, 15-9. Di final pun, terjadi All Indonesian Final.

Pertarungan Alan versus Ardy sangat menarik. Karena keduanya bukan hanya sekadar rekan senegara, juga satu klub.

Jelang pertemuan ini, Alan dikalahkan Ardy pada ajang prestisius, All England satu tahun berikutnya. Namun kini Alan membayar lunas kegagalan tersebut. Dia bahkan menang dua set langsung 15-2, 18-13.

2 dari 3 halaman

Pasangan Emas

[Bintang] Alan Budikusuma - Susy Susanti
Preskon film Susy Susanti Love All (Adrian Putra/bintang.com)

Perjuangan Susi meraih emas di sektor tunggal putri terbilang lebih berat. Sempat menang mudah saat perempat final dan semifinal atas Somharuthai Jaroensiri plus Huang Hua, Susi mendapat perlawanan ketat dari Ban Soo-hyun di final.

Meski Susi unggul catatan pertemuan, wakil Korea Selatan itu sempat mengambil gim pertama lewat kemenangan 11-5. Namun di dua gim terakhir, Susi bangkit dan meraih kemenangan 11-5, 11-3.

"Dari gim ketiga saya mulai yakin, saya lebih unggul fisiknya. Dia tidak pernah menang lawan saya kalau rubber game. Ibaratnya saya ini mesin diesel, makin lama, makin panas," kata Susi dalam sebuah kesempatan soal momen Olimpiade 1992.

Seiring berjalannya waktu, Alan-Susi mendapat julukan Pasangan Emas Olimpiade. Karena pada tahun 1997, Alan-Susi menikah setelah berpacaran selama 9 tahun.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓