4 Cara Menjaga Makan Saat Bekerja dari Rumah Akibat Virus Corona

Oleh Hendry Wibowo pada 25 Mar 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 18:30 WIB
[Fimela] makanan manis

Bola.com, Jakarta - Bekerja dari rumah ditengah mewabahnya virus Corona membuat kamu mungkin lupa makan karena kerjaan yang menumpuk.

Terlebih juga ada anjuran social distancing yang mungkin membuat Anda jadi terlalu sering memakan cemilan yang tersedia dirumah.

Bekerja disaat keadaan perut kamu lapar, hanya akan membuat otak tidak fokus sehingga tidak maksimal dalam mengerjakan pekerjaanmu.

Terkadang efisiensi bekerja dari rumah menyebabkan seseorang langsung lupa makan sama sekali.

Melansir dari huffpost.com, berikut adalah 4 cara agar kamu dapat menjaga makan saat bekerja dari rumah akibat virus Corona sehingga kamu selalu dalam keadaan fit.

2 dari 3 halaman

1-2

[Fimela] kopi
ilustrasi kopi yang mengandung kafein tinggi | unsplash.com/@nate_dumlao

1. Membuat Jadwal

Saat bekerja dari rumah selama periode virus Corona menghantui, mungkin ada sebagian orang yang menjadi lebih banyak mengonsumsi cemilan. Kamu harus mengatur dan membuat jadwal seperti hari kerja biasa, dengan istirahat makan siang, beberapa istirahat kecil dan jangan kamu lewatkan sarapan.

Sarapan kaya protein membuat Anda kenyang dan menjaga kadar gula tetap seimbang sehingga Anda tidak mencari camilan dalam satu jam.

2. Membatasi Kafein

Sebagian orang mungkin akan lebih banyak memesan kopi secara online saat bekerja dari rumah. Namun perlu kamu ingat untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan, karena itu akan membuat masalah pada kesehatan kamu. Waktu juga penting.

Usahakan untuk tidak minum kopi setelah jam 11 pagi, agar tidak mengganggu siklus tidur kamu. Ada baiknya untuk kamu lebih banyak mengonsumsi air mineral untuk menghidrasi tubuh kamu.

3 dari 3 halaman

3-4

COVID-19 Mereda, Aktivitas Warga Yichang China Berangsur Normal
Seorang pria bekerja di toko makanan ringan miliknya di Distrik Xiling, Kota Yichang, Provinsi Hubei, China, Jumat (20/3/2020). Berbagai retail dan pusat perbelanjaan secara bertahap melanjutkan aktivitasnya setelah meredanya kasus virus corona COVID-19 di China. (Xinhua/Cheng Min)

3. Menyiapkan Makanan Ringan

SehatTentu kamu tidak ingin menahan lapar saat sedang bekerja pada sore hari. Kamu dapat menyiapkan cemilan sehat di atas meja kamu.

Contohnya seperti buah-buahan apel, pir, pisang, kurma, atau kamu juga dapat membuat smoothie karena itu juga dapat menghidrasi tubuh kamu. Kamu dapat membuat smoothie dengan campuran sayur, buah, dan tambahan protein dengan chia seed.

4. Tidak Makan Dekat Meja Kerja

Mungkin memang terlihat lebih praktis untuk kamu dapat sarapan atau makan siang di meja kerja kamu. Hal ini dikarenakan, fokus makan kamu dapat terpecah karena kamu masih melihat pekerjaan kamu yang belum diselesaikan sehingga kamu tidak dapat beristirahat dengan tenang.

Mengistirahatkan tubuh dan otak sangatlah penting ditengah pekerjaan kamu yang menumpuk. Jadi, lebih baik untuk kamu makan di ruang makan, taman ataupun ruang keluarga.

Sumber: huffpost.com

Disadur dari: fimela.com (Fimela Editor/Zhafira Majdina, Published 25/3/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Lanjutkan Membaca ↓
Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Gronya Somerville