Hantavirus Jadi Pembicaraan, Ini 4 Tips agar Rumah Anda Bebas Tikus

Oleh Aning Jati pada 26 Mar 2020, 09:40 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 09:40 WIB
Ilustrasi tikus

Bola.com, Jakarta - Kemunculan Hantavirus di tengah pandemi virus Corona harus disikapi dengan rasional. Sejauh ini, beberapa fakta perihal Hantavirus, yakni virus ini baru-baru ini menginfeksi seorang pria di China.

Setelah beberapa hari dinyatakan positif terinfeksi Hantavirus, pria tersebut sayangnnya tidak mampu bertahan dan meninggal dunia.

Fakta lain, Hantavirus tak memiliki karakteristik menular antarmanusia seperti halnya virus Corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang kini sudah berstatus pandemi.

Penularan Hantavirus terjadi dari binatang pengerat (rodensia) seperti halnya tikus.

Penularan ke manusia baru bisa terjadi jika ada kontak dengan hewan rodensia yang terinfeksi atau kontak dengan ekskresinya, seperti saliva, urin, atau feses.

Itulah mengapa, Anda tak perlu terlalu khawatir, namun tetap harus waspada. 

Kendati tak bersifat menular antaramanusia, kita tetap perlu menjaga diri agar tidak terinfeksi Hantavirus.

Satu di antaranya caranya adalah dengan mencegah tikus berkeliaran di kediaman kita. Sebisa mungkin melakukan pencegahan untuk tidak berdekatan dengan hewan pengerat apa pun, terutama tikus yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tikus masuk ke area rumah kita. Apa saja itu?

Berikut Bola.com sajikan beberapa petunjuk praktis untuk mencegah kita terinfeksi Hantavirus yang dibawa oleh tikus dan hewan pengerat lain, seperti disadur dari Liputan6, Kamis (26/3/2020). 

2 dari 3 halaman

Buang Sampah

Ilustrasi sampah.
Ilustrasi sampah. (iStockphoto)

1. Simpan Sampah di Tempat Tertutup

Sampah harus disimpan dalam kantong atau wadah tertutup. Jika tidak, keberadaannya akan mudah diendus oleh hewan pengerat ini.

Sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah. Sebab, lokasi rumah yang dalam kondisi bersih, tidak akan mengundang keberadaan hewan ini.

Dengan menerapkan teknik-teknik ini, Anda dapat membantu menjaga rumah Anda agar tidak diserbu dengan serangan hewan pengerat dan membuat Anda serta keluarga tinggal dengan penuh kenyamanan.

2. Jangan Menimbun Pakaian Kotor

Banyak orang yang mempunyai kebiasaan buruk, yakni menumpuk pakaian kotor. Mungkin kebiasaan ini dianggap biasa saja.

Namun, kebiasaan seperti ini bisa mengundang kehadiran tikus. Bisa jadi, tumpukan kain itu bisa jadi tempat singgah mereka sementara.

Jadi, segera cuci kain yang menumpuk. Kain bisa jadi penghangat bagi mereka. Bahkan, bisa dijadikan tempat beranak pinak bagi tikus-tikus nakal.

3 dari 3 halaman

Perbaiki Atap

Ilustrasi Atap Rumah
Foto: Ilustrasi Atap Rumah (ubergizmo.com)

3. Tutup Jalur Pipa di Rumah

Pipa dan saluran air pada rumah bisa menjadi pintu masuk bagi tikus. Pastikan saluran pembuangan di rumah Anda tertutup dengan rapi.

Tikus bisa masuk dari luar rumah. Mereka akan mengendap-endap masuk ke dalam rumah pada malam hari di kala Anda sedang tidur. Bahkan tikus yang masuk ke rumah bisa mencuri makanan.

4. Perbaikan Atap Rumah yang Bocor

Bukan hanya menghindari aliran air dari atap saat hujan. Memperbaiki atap rumah yang bocor juga bisa menjadi jalan masuk bagi tikus ke rumah Anda.

Mungkin ini terdengar tidak mungkin, namun benar-benar terjadi. Maka segera perbaiki atap rumah Anda.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Teddy Tri Setio Berty, Editor: Tanti Yulianingsih. Published: 25/3/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Lanjutkan Membaca ↓