7 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 26 Mar 2020, 14:50 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 14:50 WIB
Ilustrasi buah dan sayur

Bola.com, Jakarta - Sayuran bisa jadi sahabat bagi mereka yang sedang berupaya menurunkan berat badan. Sepertu diketahui, berat badan menjadi satu di antara isu yang ramai diperbincangkan pada zaman modern ini. Banyak orang tak percaya diri lantaran memiliki berat badan yang berlebih.

Alhasil, menurunkan berat badan menjadi tantangan tersendiri, terutama di kalangan para remaja. Dalam usia mereka mengkonsumsi makanan, terkadang dalam porsi berlebih, menjadi rutinitas keseharian, walau belum tentu makanan yang mereka konsumsi memiliki kandungan yang menyehatkan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, seperti menerapkan pola hidup sehat termasuk berolahraga rutin dan mengonsumsi makanan minuman sehat.

Sayuran sangat direkomendasikan selalu ada dalam daftar menu makanan sehari-hari Anda. Sayuran merupakan jenis makanan rendah kalori yang cocok untuk berdiet alias cukup ampuh untuk menekan berat badan.

Selain menjadi bahan alami penurun berat badan, sayuran juga memiliki kandungan menyehatkan bagi tubuh.

Secara teknis, hampir semua sayuran menyehatkan, namun ada sebagian sayuran yang memiliki kadar vitamin dan nutrisi yang berlebih sehingga sayuran-sayuran tersebut bisa dinamakan makanan "super" untuk diet.

Muncul pertanyaan, jenis sayuran apa yang dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif tersebut?

Jawabanya adalah sayuran yang memiliki daun segar karena jenis sayuran tersebut dapat menghilangkan lemak yang tertimbun dalam tubuh. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Bola.com merangkum dari Dailymash, Kamis (26/3/2020), tujuh jenis sayuran yang cocok dalam menu diet Anda yang sedang menurunkan berat badan.

2 dari 8 halaman

Seledri

Ilustrasi Daun Seledri
Manfaat Daun Seledri (Sumber: iStock)

Seledri makanan yang populer di antara para pelaku diet karena seledri dianggap memiliki sedikit kandungan kalori. Cara mengonsumsi seledri bisa dikombinasikan dengan sayuran atau buah menyehatkan lain sehingga opsi Anda menikmati jenis sayuran ini menjadi lebih banyak.

Pasalnya, bagi sebagian orang, tak menyukai mengonsumsi seledri begitu saja tanpa campuran lain.

3 dari 8 halaman

Sayuran Berdaun Hijau Gelap

jus
ilustrasi jus sayur/Photo by Jose Soriano on Unsplash

Dalam keadaan sedang diet atau tidak, sayuran berdaun hijau gelap adalah makanan yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Jika Anda sedang berusaha  menurunkan berat badan, mengkonsumsi jenis sayuran ini bisa menjadi pilihan tepat.

Sayuran jenis ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang menjadikanya sangat penting untuk bahan diet sehat Anda. 

Sebuah penelitian mengungkapkan, sayuran berdaun hijau gelap memiliki kandungan anti-karsinogenik, sehingga mengkonsumsinya tidak hanya bisa mengurangi berat badan, namun juga mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit.

4 dari 8 halaman

Sayuran Laut

Ilustrasi Rumput Laut
Ilustrasi Rumput Laut (sumber: iStockphoto)

Para pelaku diet yang serius meningkatkan kesehatan serta menurunkan berat badan akan cocok jika memasukkan sayur-sayuran dari laut ke menu diet.

Banyak di antaranya, seperti nori, hampir sempurna untuk diet Anda karena mengandung banyaka vitamin dan nutrisi. Yang paling penting, sayur-sayuran dari laut ini rendah kalori, jadi Anda bisa menyantapnya tanpa khawatir berat badan menjadi naik.

5 dari 8 halaman

Kale

daun kale
Tips mengolah daun kale./Copyright shutterstock.com

Kale termasuk sayuran yang berasal dari keluarga kol, dan menjadi sumber vitamin A, C, dan K yang baik bagi tubuh.

Jika Anda sering mendengar tentang smoothies, kebanyakan orang memasukan daun kale ke dalam smoothies mereka. Hal tersebut dilakukan karena sayuran ini adalah satu di antara sayuran paling sehat di dunia.

Kale tidak hanya jadi penghias makanan saja, namun sayuran ini bisa dinikmati mentah atau mecampurkannya dengan jus.

Alasan mengapa sayuran ini menjadi makanan yang super sehat adalah, karena kale mengandung banyak protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, potasium, vitamin A, dan juga vitamin C.

Memakan daun kale bisa memiliki manfaat yang sama dengan meminum beberapa jenis vitamin. Untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi empat ons kale hanya mengandung 41 kalori di dalamnya.

6 dari 8 halaman

Brokoli

Sayuran yang Paling Sehat
Brokoli / Sumber: iStokphoto

Sayuran satu ini juga termasuk keluarga kol. Brokoli merupakan makanan super untuk diet, karena menjadi satu di antara makanan paling sehat di dunia.

Brokoli sangat sehat dan baik bagi diet karena mengandung banyak banyak nutrisi, zat besi, potasium, vitamin A, riboplavin, niacin, hingga vitamin C. Dari lima ons brokoli yang dikonsumsi, mengandung 44 kalori. 

Brokoli akan memberikan manfaat jika dimakan mentah untuk campuran salad atau dikukus setengah matang.

Brokoli sumber zat besi yang banyak untuk para vegetarian dan vegan diet.

7 dari 8 halaman

Bayam

sayur bayam
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Alesia.B

Sayuran ini pasti sudah tak asing lagi. Mengkonsumsi bayam dapat sangat menyehatkan tubuh dan sangat bermanfaat untuk diet. Setiap 6,5 ons bayam yang dikonsumsi mengandung 41 kalori.

Kandungan nutrisi yang sangat banyak menjadikan bayam sebagai makan super. Sayuran yang satu ini mengandung protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, potasium, vitamin A, thiamin, riboflavin, hingga vitamin C.

Semua zat yang terkandung dalam bayam sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan untuk usaha menurunkan berat badan.

Sumber: Dailysmash

8 dari 8 halaman

Tomat

Ilustrasi Tomat
Ilustrasi Tomat (iStockphoto)​

Secara teknis tomat sebenarnya adalah buah karena berasal dari tumbuhan bunga, namun tau kah kalian pada tahun 1893 mahkamah internasional mengubahnya menjadi sayuran karena alasan tertentu. Sehingga tomat saat ini bisa diterima sebagai bagian dari sayuran.

Salah satu hal yang paling hebat dari tomat adalah, kalian dapat menemukannya di sepanjang tahun. Tomat segar sangat bagus dimasak dengan berbagai jenis resep, dimakan mentah, ataupun dijadikan sebagai campuran salad. 

Sayuran ini mengandung banyak nutrisi, protein, vitamin C, fosfor, potasium, zat besi, niacin, hingga vitamin A. Tomat berukuran sedang adalah yang paling bagus untuk dikonsumsi, karena hanya mengandung 21 kalori.

Lanjutkan Membaca ↓