Aneka Cara Pembuatan Makanan dan Minuman Agar Tubuh Kuat dari Serangan Virus Corona COVID-19

Oleh Nurfahmi BudiWiwig Prayugi pada 26 Mar 2020, 16:05 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 16:05 WIB
Ilustrasi Memasak
Ilustrasi memasak. (dok. Jason Briscoe/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Bola.com, Jakarta - Ragam cara bisa menjadi pilihan agar terhindar dari serangan virus Corona penyebab COVID-19. Satu di antaranya adalah mengatur dan memilih makanan. 

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini penting untuk membentengi tubuh kita di tengah pandemi virus Corona penyebab COVID-19..

Nutrisi pada makanan sehat dapat membantu tubuh untuk tetap bugar dan memaksimalkan kerja organ. Makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh adalah makanan yang mengandung vitamin C, B6, E.

Kemudian mineral seperti zinc yang dapat membantu menjaga kemampuan tubuh untuk membuat sel dan enzim baru, memproses karbohidrat, lemak, serta protein dalam makanan, juga untuk meningkatkan kecepatan penyembuhan otot dan luka.

Bahan makanan yang mengandung nutrisi di atas yaitu sayuran, buah-buahan, ikan laut, dan rempah. Berikut beberapa masakan, camilan, dan minuman bergizi untuk meningkatkan imun tubuh, disadur dari Merdeka.com.

1. Tumis brokoli

Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane).

2. Cah buncis wortel bumbu bawang

Buncis mengandung vitamin C, vitamin K, dan vitamin A, serta zat lain seperti folat, protein, dan serat. Wortel juga memilikia kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

Bawang putih dikenal sebagai bumbu yang bagus buat imun tubuh.

3. Tumis salmon bayam

Salmon merupakan sumber omega 3 yang baik, protein, mengandung antioksidan penting, potasium dan rendah lemak. Sementara bayam, bagus untuk imun tubuh karena mengandung antioksidan serta kaya vitamin C dan A yang efektif untuk meningkatkan imun tubuh.

2 dari 2 halaman

Aneka Buah dan Herbal

4. Salad buah dan sayur

Buah-buahan yang kaya vitamin A, C, dan E, sangat bagus untuk meningkatkan imun tubuh. Ditambah yogurt, yang kaya akan vitamin B, zink, dan kalsium.

5. Minuman herbal

Minuman herbal sedang diburu masyarakat untuk meningkatkan imun tubuh di tengah pandemi virus Corona. Bahan-bahannya jahe, kunyit, air lemon, madu, temulawak, serai, dan kencur.

Sumber: Merdeka

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Lanjutkan Membaca ↓
Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Liontin Evangelina Setiawan Soal Tren dan Tips Aman Bersepeda