Sukses


25 Jenis Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi saat Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi makanan sehat adalah rutinitas yang harus dilakukan dalam keseharian setiap orang untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa makanan yang mereka konsumsi sehari-hari lebih banyak mengandung asupan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Terlebih jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Makanan sehat memang cenderung tidak selalu terlihat menarik, dengan citarasa kurang. Namun, kita bisa memodifikasinya dengan jenis makanan atau bahan lain yang menyehatkan, untuk menjadikan makanan tersebut lebih pas dinikmati.

Semisal sayuran. Harus diakui, masih banyak dari kita, kemungkinan besar buah hati kita, yang menganggap sayuran sebagai momok. Alasannya bermacam-macam, namun ada yang menilai sayuran kurang lezat untuk disantap.

Beruntung, makanan sehat tidak hanya sayuran, masih terdapat lagi lebih banyak jenis makanan lain yang menjadi favorit dan menyehatkan, seperti buah-buhan, dan juga biji-bijian.

Untuk menjaga diri kita agar tetap sehat, ada berbagai macam cara, tak hanya menjaga pola makan dalam kehidupan sehari-hari melainkan hingga berolahraga secara teratur.

Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang sedang terjadi diseluruh dunia saat ini, termasuk di Indonesia. Kita harus selalu mejaga kesehatan agar tubuh kuat dan tak tertular virus corona tersebut, satu di antara caranya, dengan menjaga tubuh tetap bugar melalui makanan yang kita konsumsi.

Ada berbagai jenis makanan sehat yang dapat Anda konsumsi selama pandemi virus Corona, seperri yang dirangkum Bola.com dari Healthline, Jumat (27/3/2020).

2 dari 6 halaman

Buah

Buah-buahan banyak menjadi favorit. Buah-buahan sudah dikenal kaya vitamin.

1.Apel

Apel kaya serat, vitamin C, dan banyak antioksidan. Apel dapat dijadikan camilan sempurna jika merasa lapar di antara waktu makan.

2. Alpukat

Alpukat berbeda dari kebanyakan buah karena sarat ,lemak sehat, bukan karbohidrat. Tidak hanya bentuknya yang lembut dan seperti krim dan enak tetapi juga tinggi serat, kalium, dan vitamin C.

3. Pisang

Pisang satu di antara sumber kalium terbaik di dunia. Pisang tinggi vitamin B6 dan serat, juga sangat mudah untuk ditemukan.

4. Blueberry

Blueberry tidak hanya lezat, tetapi juga di antara sumber antioksidan paling kuat di dunia. Buah ini bisa disajikan sebagai cemilan atau makanan pencuci mulut.

5. Jeruk

Jeruk terkenal karena kandungan vitamin C. Terlebih lagi, jeruk kaya akan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

6. Strawberi

Strawberi sangat bergizi dan rendah karbohidrat dan kalori sehingga memakanya akan meningkatkan kesehatan dan stamina pada tubuh.

3 dari 6 halaman

Daging

Daging adalah satu di antara sumber protein yang sangat tinggi. Jika diolah secara tepat, daging merupakan jenis makanan yang sangat menyehatkan.

7. Daging sapi tanpa lemak

Jenis daging ini satu di antara sumber protein terbaik yang ada dan sarat zat besi. Memilih daging dengan sedikit lemak cukup baik jika Anda sedang melakukan diet rendah karbohidrat.

8. Dada ayam

Dada ayam sangat rendah lemak dan kalori, tetapi sangat tinggi protein. Jenis daging ini adalah sumber nutrisi yang bagus. Bagian dada juga merupakan bagian ayam yang paling sehat daripada bagian lainnya.

9. Kambing

Anak domba biasanya diberi makan rerumputan, dan biasanya menghasilkan daging yang cenderung tinggi asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

 

4 dari 6 halaman

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Meski tinggi lemak dan kalori, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Makanan ini renyah, mengenyangkan, dan sarat akan nutrisi penting yang banyak orang tidak dapatkan, termasuk magnesium dan vitamin E.

Jenis makanan ini juga tidak perlu banyak persiapan untuk menikmatinya.

10. Almond

Kacang almond, kacang lezat yang sarat dengan vitamin E, antioksidan, magnesium, dan serat. Studi menunjukkan bahwa almond dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh.

11. Biji chia

Biji yang satu ini menjadi satu di antara makanan paling padat nutrisi di dunia. Satu bungkus biji chia dengan berat 11 gram mengandung serat dan sejumlah besar magnesium, mangan, kalsium, dan berbagai nutrisi lainnya.

12. Kelapa

Kelapa mengandung serat dan asam lemak kuat yang disebut trigliserida rantai menengah (MCT). Jenis makanan ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk masakan dan menyehatkan bagi tubuh.

13. Kacang Macadamia

Kacang macadamia adalah camilan enak. Kacang ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lebih rendah asam lemak omega-6 daripada kebanyakan kacang lainnya.

14. Kacang Kenari

Kacang kenari sangat bergizi dan sarat dengan serat dan berbagai vitamin dan mineral.

5 dari 6 halaman

Sayuran

Sayuran adalah satu di antara makanan paling sehat yang ada di dunia. Sayuran kaya akan berbagai zat yang sangat baik untuk tubuh, seperti vitamin hingga kalori. Mengkonsumsinya secara rutin akan memberikan dampak yang bagus untuk tubuh.

15. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang cukup populer di dunia barat. Sayur ini rendah dalam karbohidrat dan kalori tetapi sarat dengan vitamin K.

16. Paprika

Paprika memiliki beberapa jenis dan warna, termasuk merah, kuning, dan hijau. Paprika renyah dan manis, serta sumber antioksidan dan vitamin C yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

17. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang enak disantap saat mentah ataupun telah dimasak. Brokoli merupakan sumber serat dan vitamin C dan K yang sangat baik dan mengandung jumlah protein yang layak dibandingkan dengan sayuran lainnya.

18. Wortel

Wortel adalah sayuran yang berasal dari akar. Wortel sangat renyah dan sarat dengan nutrisi seperti serat dan vitamin K. Wortel juga sangat baik untuk kesehatan mata.

19. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran yang sangat serbaguna. Sayuran jenis Ini dapat digunakan untuk membuat banyak hidangan sehat dan juga sangat enak.

20. Mentimun

Mentimun merupaka satu diantara sayuran paling populer di dunia. Mentimun sangat rendah karbohidrat dan kalori. Sebagian besar mentimun terdiri dari air. Mentimun juga mengandung sejumlah nutrisi, termasuk vitamin K.

6 dari 6 halaman

Ikan dan Makanan Laut

Ikan dan makanan laut lainnya sangat sehat dan bergizi. Sumber makanan tersebut kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium. Kebanyakan orang kekurangan dua nutrisi tersebut.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan makanan laut dalam jumlah banyak terutama ikan, cenderung hidup lebih lama dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, demensia, dan depresi.

21. Salmon

Salmon adalah jenis ikan berlemak yang sangat populer karena rasanya yang sangat enak dan mengandung nutrisi yang tinggi, termasuk protein dan asam lemak omega-3. Salmon juga mengandung beberapa vitamin D yang sangat bagus untuk kekebalan tubuh.

22.Ikan sarden

Sarden, ikan kecil dan berminyak, termasuk makanan paling bergizi yang bisa Anda santap. Salmon memiliki sejumlah besar nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

23. Udang

Udang adalah jenis hewan krustasea, satu keluarga dengan kepiting dan lobster. Udang cenderung rendah lemak dan kalori, tetapi tinggi protein. Udang juga sarat dengan berbagai nutrisi lain, termasuk selenium dan vitamin B12.

24. Tuna

Tuna sangat populer di negara-negara barat. Tuna cenderung rendah lemak dan kalori, namun sangat tinggi protein. Tuna sangat baik untuk Anda yang perlu menambahkan lebih banyak protein ke dalam diet,  tetapi tetap rendah kalori.

25. Kerang

Kerang-kerangan memiliki memiliki banyak kandungan yang menyehatkan bagi tubuh dan kaya akan kepadatan nutrisi. Kerang yang bisa dimakan termasuk moluska dan tiram.

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer