Tips Mencegah Penularan Virus Corona COVID-19 usai Berbelanja di Pasar

Oleh Liputan6.com pada 26 Mar 2020, 18:55 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 21:31 WIB
Ilustrasi Virus Corona

Jakarta- Saat ini, Indonesia tengah diresahkan dengan adanya wabah virus Corona COVID-19. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina itu meginfeksi manusia sehingga menyebabkan sakit akut pada saluran pernapasan.

Melaui data yang ditinjau dari Covid19.go.id, Hingga 26 Maret 2020 pukul 12:04 WIB tercatat sebanyak 790 orang Indonesia positif terjangkit virus covid-19.

Dari data tersebut, 31 orang dinyatakan sembuh dan 58 lainnya meninggal dunia. 

Hal itu membuat Pemerintah mengimbau rakyat Indonesia untuk melakukan segala kegiatan di rumah masing-masing guna menghindari virus Corona COVID-19. Masyarakat diminta melakukan social distancing, serta menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Meski sudah mendapat himbauan untuk melakukan aktivitas dari rumah, masih banyak masyarakat yang melakukan kegiatan seperti biasa. Seperti pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari, atau keperluan lainnya. Untuk aktivitas-aktivitas ini disarankan menggunakan masker.

Demi menghindari kemungkinan adanya penyebaran virus Corona COVID-19, berikut langkah-langkah yang dianjurkan setelah kembali dari luar rumah, atau berbelanja di pasar.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Buka Masker dan Buang di Tempat Sampah

[Fimela] Ilustrasi masker pencegahan virus corona
ilustrasi masker pencegahan virus corona | pexels.com/@shvetsa

Setelah kembali dari pasar atau tempat keramaian, langsung buka masker. Jika Anda menggunakan masker sekali pakai, buang di tempat sampah. Jika Anda menggunakan masker kain, langsung cuci hingga bersih maskter tersebut.

Jangan menyimpan atau menggunakan kembali masker tersebut. Meski tidak kotor, masker yang pernah digunakan menyimpan bakteri dan virus yang berasal dari luar rumah.

3 dari 6 halaman

2.Tidak Menyentuh Anggota Keluarga

Usahakan tidak langsung menyentuh dan memeluk anggota keluarga. Penyebaran virus bisa dicegah dengan tidak saling berdekatan atau bersentuhan.

Sebelum kembali beraktivitas bersama keluarga, pastikan diri Anda bersih terlebih dahulu.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Cuci Pakaian yang Digunakan

Ilustrasi Pakaian Baru
Ada beberapa alasan mengapa pakaian baru sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan (Dok.Pixabay.com)

Setelah dari luar rumah, ada baiknya untuk langsung merendam pakaian yang telah digunakan dengan sabun. Hal itu bertujuan untuk menghindari adanya penyebaran virus Corona yang menempel pada pakaian tersebut.

Bukan tak mungkin, virus-virus yang menempel di pakaian Anda akan menyebar ke anggota keluarga Anda.

 

5 dari 6 halaman

4. Mandi, Bersihkan Muka, Tangan, dan Seluruh Bagian Tubuh

ilustrasi mandi
ilustrasi mandi (sumber: pixabay)

Selain mencuci tangan, sebaiknya langsung mandi dan membersihkan seluruh bagian tubuh dan wajah dengan sabun. Pastikan sabun menempel hingga sela sela tubuh yang sulit terjangkau dan bilas dengan air.

Setelah memastikan diri sudah bersih, barulah anda bisa berkumpul dan beraktivitas kembali bersama keluarga tercinta. Pastikan hal serupa juga dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Selalu mencuci tangan dan jaga kebersihan masing-masing

 

Sumber asli: Covid19.go.id

Disadur dari: Liputan6.com (Balwa Ramadhan, Published 26/3/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

6 dari 6 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓