Sukses


Bersin Tak Termasuk Ciri Orang Terinfeksi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan wabah virus Corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 sebagai pandemi.

Virus Corona SARS-CoV-2 bisa menginfeksi semua lapisan usia, tua muda, dewasa, anak-anak, bayi, pria dan wanita. Bahkan, orang yang terlihat sehat sekalipun bisa terkena virus yang kali pertama ditengarai muncul di Wuhan, China ini.

Alhasil, penting bagi masyarakat untuk mengetahui seperti apa ciri orang yang terinfeksi atau terjangkit virus Corona SARS-CoV-2, yang satu keluarga dengan virus penyebab MERS dan SARS ini.

 

Di sisi lain, melihat kondisi saat ini, orang yang bersin atau batuk di tempat umum, semisal dalam transportasi umum, bisa menimbulkan ketidaknyamanan lantaran jadi sasaran pandangan mata orang di sekitarnya. Muncul kekhawatiran tertular virus Corona.

Namun, seperti dilansir dari Business Insider, sekadar bersin bukan gelaja umum COVID-19.

Ciri umum orang terinfeksi virus Corona adalah demam (87,9 persen), batu kering (67,7 persen), lelah (38,1 persen), nyeri badan, napas pendek, mengalami masalah pencernaan dan mual.

Terkandang, pengidap COVID-19 juga mengalami sakit kepala, gangguan tenggorokan. Pada kasus yang jarang, ada pula yang terkena diare dan pilek.

Seperti dilansir dari Antara, Jumat (27/3/2020), sebagian orang bisa terkena alergi musiman yang gejalanya bisa berupa bersin dan hidung tersumbat.

Menurut WHO, kasus hidung tersumbat umumnya hanya dialami 4,8 persen pasien COVID-19. Di China, sekitar 56 ribu pasien mengalami kasus ini.

Hingga kini, gejala COVID-19 dan penyakit lainnya, harus diakui, masih tumpang tindih sehingga tes Swab, satu di antaranya, menjadi hal penting.

Yang menjadi catatan, tentu setiap orang harus mulai belajar dan menerapkan etika bersin yang benar sehingga tak menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang di sekitarnya dalam masa pandemi seperti sekarang.

2 dari 2 halaman

Kasus Positif

Hingga Kamis sore (26/3/2020), di Indonesia, sesuai data Kementerian Kesehatan RI, tercatat kasus positif COVID-19 mencapai 893 atau naik 103 dari sebelumnya. Sementara kasus meninggal dunia tercatat 78 orang.

Secara global, data dari WHO per Kamis, menginformasikan, virus Corona telah menginfeksi lebih dari 465 ribu orang di 199 negara, area, atau teritorial.

Kasus meninggal mencapai 21.031.

Harapannya tentu, kasus positif serta meninggal mengalami penurunan.

Sumber: Antara

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer