8 Cara untuk Tetap Sehat di Tengah Terpaan Virus Corona

Oleh Alfi Yuda pada 27 Mar 2020, 14:20 WIB
Diperbarui 27 Mar 2020, 14:20 WIB
Ilustrasi makanan sehat
Pastikan tubuh tetap kuat selama berpuasa dengan cara-cara ini.

Bola.com, Jakarta - Virus Corona memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit flu pada umumnya. Gejala yang dapat ditimbulkan dari virus Corona, seperti batuk kering, demam, hingga sesak napas.

Dilansir dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), cara terbaik untuk tetap sehat, satu di antaranya rutin melakukan vaksin flu. Namun, saat ini, khusus vaksin virus Corona belum ditemukan.

Selama masa sulit ini, penting untuk terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Hal itu penting karena bisa memengaruhi imunitas yang akan membantu Anda melawan melawan COVID-19 yang sudah diidap lebih dari 400 ribu orang di seluruh dunia ini.

Di Indonesia, pengidap COVID-19 sudah lebih dari 800 orang.

Menjaga kesehatan fisik dan menta bisa dilakukan dengan berolahraga setidaknya selama 30 menit sehari, mengonsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, hingga jauhkan pikiran yang memicu stres.

Cobalah untuk bersikap tenang dan selalu menjaga kebersihan tubuh serta peralatan di rumah.

Hal ini memang tidak mudah dilakukan apalagi apabila Anda sudah menjalani masa karantina mandiri atau work from home berhari-hari lamanya.

Anda sangat rentan dilanda kebosanan hingga memicu stres.

Namun, sebagai warga negara yang baik serta bentuk tanggung jawab atas diri sendiri, masa-masa ini tetap harus dilalui.

Bola.com ingin membantu dengan merangkumkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat di tengah terpaan virus Corona penyebab COVID-19.

2 dari 9 halaman

1. Mencuci Tangan

cuci tangan
ilustrasi cuci tangan/copyright Pexels/Burst

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir efektif untuk membersihkan kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus Corona. Usahakan untuk menggosok tangan Anda dengan air sabun selama 20 detik.

Cuci tangan Anda sampai bersih termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku tangan.

Selain itu, Anda juga bisa menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol.

Pastikan hand sanitizer mengandung alkohol setidaknya 60 persen. Sekitar 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan.

3 dari 9 halaman

2. Memiliki Waktu Isitirahat yang Cukup

Tidur yang cukup adalah satu di antara cara lain untuk menangkal flu. Normalnya waktu tidur yang harus terpenuhi adalah tujuh sampai delapan jam per hari.

4 dari 9 halaman

3. Bersikap Tenang

Ilustrasi Bahagia
Ilustrasi Bahagia. ©Shutterstock.

Suasana hati bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh hingga membuat Anda berisiko mengalami stres kronis. Stres berkepanjangan, imbasnya membuat Anda lebih berisiko terserang flu.

5 dari 9 halaman

4. Lakukan Olahraga

Vidi Aldiano Berolahraga
Selain olahraga di luar ruangan seperti lari dan berkuda, Vidi juga sering melakukan workout di studio kebugaran. Angkat beban kerap dilakukannya. Selain untuk menambah massa otot sebagai fungsi utamanya, angkat beban juga dapat menjaga kesehatan tubuh. (Liputan6.com/IG/@vidialdiano)

Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu mengelola stres. Berolahraga mampu mencegah penyakit sistem pernapasan.

Selain membuat Anda merasa senang, berolahraga juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Meningkatkannya sistem kekebalan pada tubuh berpotensi membuat seseorang menjadi tidak mudah sakit dan terhindar dari risiko penyakit degenerative.

Olahraga merupakan bentuk kegiatan fisik untuk mengatasi stres. Olah raga yang mudah dan sederhana dapat Anda lakukan, seperti berjalan, berlari, bersepeda, berenang, dan sebagainya. Namun, yang terpenting adalah melakukannya dengan rutin dan teratur.

6 dari 9 halaman

5. Meditasi

yoga sebelum tidur
Manfaat yoga sebelum tidur./Copyright shutterstock.com/g/petrunjela

Meditasi merupakan latihan untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan tubuh yang nyaman dan juga bisa mengatasi stres yang menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Selain manfaat mental, meditasi juga memiliki manfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan fisik, seperti bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa praktik meditasi teratur dapat membantu melindungi terhadap penyakit pernapasan. Duduk tegak dan ambil napas dalam-dalam dan embuskan, fokus pada napas Anda.

7 dari 9 halaman

6. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan mampu membuat tubuh merasa baik dan bermanfaat untuk melawan berbagai penyakit.

Penelitian direktur terapi nutrisi di Klinik Cleveland menyatakan bahwa makanan yang kaya antioksidan dan asam lemak omega-3 mampu mencegah flu.

Sifat antioksidan melindungi jaringan tubuh terhadap stres dan peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

8 dari 9 halaman

7. Rutin Membersihkan Peralatan

Ilustrasi Membersihkan Rumah
Menjaga rumah terlalu bersih ternyata tidak selamanya baik, karena hal ini bisa meningkatkan risiko kanker pada anak. (iStockphoto)

Selalu bersihkan permukaan yang biasa digunakan dan rentan tersentuh, seperti gagang pintu, meja, kursi, handphone, dan peralatan lainnya dengan cairan disinfektan. Disinfektan dipercaya mampu mensterilkan benda-benda dari kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus Corona.

Penelitian menunjukan bahwan virus Corona dapat menular di permukaan selama beberapa hari.

Cairan disinfektan memiliki berbagai macam kandungan, seperti chlorin, hidrogen peroksida, creosote, dan alkohol.

Perlunya perhatian ketika menggunakan cairan disinfektan di rumah karena memiliki sifat kaustik yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit tubuh.

9 dari 9 halaman

8. Merasa Bersyukur

Berlatih memiliki rasa bersyukur tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih bahagia, hal itu sebenarnya bisa membuat Anda lebih sehat. Bersyukur mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Lanjutkan Membaca ↓