Sukses


7 Makanan Sehat untuk Mengatasi Lelah Saat Work From Home di Tengah Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Imbauan work from home atau bekerja dari rumah terus disuarakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia. Selain itu, ada juga imbauan untuk belajar di rumah dan beribadah di rumah, serta menjaga jarak alias social distancing.  

Pemerintah juga mengingatkan masyarakat untuk membatasi diri dan menghindari berkumpul di kerumunan. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat memperlambat penyebaran virus corona.

Bekerja dari rumah tidak selamanya bisa dinikmati. Saat bekerja dari rumah, Anda harus bisa membagi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah. Keadaan inilah yang membuat badan Anda merasakan rasa lelah berlebih ketika bekerja dari rumah daripada bekerja di kantor.

Asupan makanan yang bergizi sangat dibutuhkan untuk mengatasi rasa lelah. Selain itu, hal tersebut bertujuan menambah tenaga Anda dan membangkitkan semangat work from home. Pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah yang harus dikerjakan pada waktu yang bersamaan menguras lebih banyak tenaga.

Anda harus menikmati kondisi WFH dan tetap menjaga asupan agar daya tahan tubuh kamu tetap terjaga di tengah adanya wabah Covid-19 saat ini.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, Jumat (26/3/2020), 7 makanan sehat untuk mengatasi rasa lelah saat work from home (WFH).

 

2 dari 8 halaman

1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan untuk mengatasi kelelahan yang pertama yang bisa Anda konsumsi. Oats mengandung protein dan serat yang penting untuk kessehatan. Selain itu, oatmeal bisa membuat perut kenyang tanpa harus mengonsumsi nasi.

Oatmeal merupakan makanan yang paling tepat karena kandungan gula yang terkandung di dalamnya tidak terlalu tinggi. Makanan berbahan dasar gandum untuh ini punya kandungan bermanfaat dalam tubuh seperti magnesium, protein, vitamin B1 dan fosfor.

Oatmeal juga baik untuk kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Anda cukup makan semangkuk oatmeal saat sarapan dan rasakan manfaatnya. Selain itu, Oatmeal akan membantu Anda agar mendapatkan energi lebih banyak lagi untuk melanjutkan pekerjaan kantor di rumah.

 

3 dari 8 halaman

2. Kacang-Kacangan

Makanan untuk mengatasi kelelahan selanjutnya adalah biji-bijian dan kacang-kacangan. Kacang-kacangan adalah sumber serat terbaik yang dibutuhkan tubuh. Kacang-kacangan mampu menyediakan energi tahan lama tanpa menaikkan kadar gula darah karena menstabilkan kualitas seratnya.

Selain itu, kacang-kacangan bisa jadi sumber protein terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh kamu dan mengandung nutrisi di dalamnya sehingga bisa membantu hilangkan rasa lelah.

 

4 dari 8 halaman

3. Buah Segar

Buah segar adalah makanan untuk mengatasi lelah selanjutnya yang harus dikonsumsi untuk menambah energi Anda menyelesaikan pekerjaan rumah dan pekerjaan kantor. Buah-buahan mengandung serat yang baik dan tepat untuk menambah energi tubuhmu.

Salah satu buah-buahan segar yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah adalah pisang. Pisang kaya akan kalium yang dibutuhkan tubuh kita untuk mengubah gula menjadi energi. Pisang juga kaya akan berbagai nutrisi penting termasuk vitamin B, C, asam lemak omega-6, asam lemak omega-3, karbohidrat, dan serat.

Pisang mampu mengalahkan dehidrasi dan jenis kelelahan lainnya. Glukosa, fruktosa, dan sukrosa juga terkandung dalam pisang adalah gula alami yang mampu memberikan dorongan energi yang dibutuhkan tubuh.

 

5 dari 8 halaman

4. Sayuran Segar

Sayuran segar merupakan makanan untuk mengatasi rasa lelah yang bisa Anda konsumsi saat Work From Home (WFH). Sayuran segar yang termasuk dalam makanan alami ini mengandung nutrisi tinggi serta rendah lemak, garam, dan gula.

Sayuran hijau diakui sebagai salah satu makanan pemicu asupan besi. Makanan alami seperti sayuran segar ini bisa menambah semangat menyelesaikan pekerjaan rumah dan pekerjaan kantor di rumah.

Sayuran segar yang bisa dikonsumsi salah satunya adalah bayam. Bayam tergolong ke dalam jenis makanan penangkal kelelahan. Bayam kaya akan zat besi yang membantu darah Anda dalam mengirimkan oksigen ke sel-sel tubuh Anda.

Selain itu, bayam dapat membantu tubuh untuk menghasilkan energi dan melawan kelelahan serta gejala lainnya. Bayam juga mengandung magnesium, mineral penting yang bisa memberi energi pada tubuh.

 

6 dari 8 halaman

5. Telur

Makanan untuk mengatasi rasa lelah selanjutnya adalah telur. Telur menyedikakan asam amino penting yang bisa meningkatkan kinerja otot dalam menggunakan glukosa.

Selain itu, telur sangat baik bagi mereka yang berlatih keras dan membutuhkan energi ekstra. Telur adalah sumber besi, protein, antioksidan, serta beberapa vitamin yang baik.

 

7 dari 8 halaman

6. Kopi Hitam

Selain makanan untuk mengatasi rasa lelah, terdapat juga minuman untuk mengatasi rasa lelah yakni kopi hitam. Kopi hitam mampu memberi dorongan tenaga bagi tubuh dan meningkatkan energi dalam waktu singkat.

Kopi hitam mampu meningkatkan energi kamu ketika lelah bekerja seharian dirumah. Hal tersebut di dalam kopi hitam terdapat antioksidan serta nutrisi penting di dalamnya.

 

8 dari 8 halaman

7. Cokelat Hitam

Selain dapat membangkitkan mood seseorang, cokelat adalah makanan untuk mengurangi rasa lelah selanjutnya yang bisa Anda konsumsi. Cokelat hitam adalah antioksidan yang baik. Cokelat hitam dapat memicu energi karena kandungan kalorinya tetap dalam batas aman. Sebaiknya pilih cokelat hitam dengan kandungan cacao minimum 70 persen untuk mendapat manfaatnya.

Itulah beberapa makanan untuk mengatasi lelah kamu saat Work From Home (WFH) dan menyelesaikan pekerjaan rumah.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Selma Intania/Editor Septika Shidqiya, published: 26/3/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer