6 Jenis Bahan Campuran untuk Kopi, Kaya Khasiat

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 28 Mar 2020, 10:50 WIB
Diperbarui 28 Mar 2020, 10:50 WIB
Ilustrasi kopi

Bola.com, Jakarta - Mengawali hari sebaiknya dilakukan dengan sesuatu yang dapat membangkitkan energi dan semangat karena pagi hari adalah awal dari semua kegiatan yang akan dilakukan. Menyeruput kopi bisa jadi awal pagi Anda.

Mengawali hari dengan penuh energi dan semangat akan membantu Anda melewati hari dengan suasana hati yang bahagia dan membuat hari Anda menjadi lebih produktif.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memulai pagi, seperti berolahraga.

Penting juga diperhatikan dengan apa yang kita konsumsi pada pagi hari, sarapan penuh serat akan membuat perut anda terasa kenyang lebih lama. 

Banyak pula yang mengonsumsi vitamin agar tubuh senantiasa fit. 

Bicara perihal kebiasaan di pagi hari, sekarang ini lazim menikmati secangkir kopi sebelum beraktivitas. Belakangan kopi jadi jenis minuman yang tak hanya sekadar minum, melainkan sudah menjadi gaya hidup.

Kopi, jika diminum dengan cara benar, bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tahukan Anda bila mulai sekarang Anda bisa menambah manfaat kopi yang Anda konsumsi, dengan mencampuri kopi tersebut dengan rempah-rempah yang mudah dijumpai sehari-hari?

Mayoritas dari kita menikmati kopi dengan rasa yang "begitu-begitu" saja. Namun, kopi ini tak hanya menawarkan sensasi cita rasa yang berbeda, namun juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut enam bahan yang bisa Anda campurkan ke dalam kopi Anda, dan nikmati manfaatnya, seperti dirangkum Bola.com dari Healthline, Sabtu (28/3/2020).

 

2 dari 7 halaman

Kayu Manis

Kayu Manis
Ilustrasi kayu manis/copyright shutterstock by Yulia Furman

Memberikan taburan kayu manis pada secangkir kopi akan memberikan dosis antioksidan yang kuat dan menambah rasa yang yang lezat.

Kayu manis telah digunakan sebagai bumbu maupun obat selama ribuan tahun. Rempah-rempah ini memiliki kandungan senyawa pelindung dan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. 

Menurut sebuah penelitian, kayu manis dapat menambah perlindungan bagi jantung dan otak. Sebuah studi tentang sel-sel manusia juga menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan risiko terkena kanker dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara penyajiannya sangat mudah, tambahkan setengah sendok makan bubuk kayu manis pada secangkir kopi yang telah Anda buat.

3 dari 7 halaman

Jahe

Jahe
Ilustrasi jahe. (pixabay.com/Couleur).

Jika Anda hanya mengonsumsi jahe dalam bentuk roti, Anda akan kehilangan banyak manfaatnya. Satu di antara cara termudah untuk mendapatkan manfaat dari jahe adalah dengan menaburkan serbuk jahe ke dalam kopi Anda.

Jahe telah menjadi sumber obat alami selama berabad-abad. Jahe mengandung sumber antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi. Jahe juga dapat mengurangi nyeri otot, menurunkan sumber kolesterol, dan membantu melancarkan pencernaan.

Cara membuatnya cukup mudah, taburkan satu sendok makan bubuk jahe pada secangkir kopi, atau berikan variasi lainya untuk menambah kenikmatan ketika meminumnya.

4 dari 7 halaman

Jamur

Jamur Kancing
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ olhovyi_photographer

Menambahkan jamur pada secangkir kopi memang terdengar aneh bagi sebagian orang. Namun, melakukan hal ini akan memberikan perlindungan bagi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Jamur mengandung antivirus, antiinflamasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Campuran yang satu ini juga mengandung antioksidan, antikanker.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan juga menunjukkan jamur dapat mencegah penyakit hati.

Anda dapat membeli bubuk jamur dan mecnampurkanya langsung pada secangkir kopi Anda, atau membeli kopi yang telah memiliki campuran jamur.

5 dari 7 halaman

Kunyit

Kunyit
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ekaterina Markelova

Jika Anda sering membaca artikel tentang kesehatan pasti tidak akan asing dengan kopi kunyit. Kunyit memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, dan telah dijadikan obat alami selama bertahun-tahun.

Kunyit merupakan pilihan yang tepat bagi Anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak manfaat medis dari kunyit, karena kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. 

Sumber antioksidan ini mendukung detoksifikasi hati, membantu pencernaan, dan bahkan dapat membantu mengobati sumber depresi.

Sajikan kopi dengan taburan kunyit dan tambahan lemak baik di dalamnya. Untuk meningkatkan manfaat kesehatan kunyit, tambahkan juga dengan sedikit lada hitam. Lada meningkatkan bioavailabilitas kunyit,jenis rempah-rempah ini lebih efektif dalam dosis yang lebih kecil.

6 dari 7 halaman

Akar Maca Untuk Keseimbangan Hormon

Akar maca telah lama digunakan untuk meningkatkan kesuburan, dan terbukti memiliki efek penyeimbang hormon.

Tanaman ini juga telah dipelajari untuk meningkatkan kinerja atletik dan menambah energi pada tubuh. 

Belum lagi, akar maca juga sangat bergizi. Maca mengandung lebih dari 20 asam amino (termasuk delapan asam amino esensial), 20 asam lemak bentuk bebas, tinggi protein, dan vitamin C.

Untuk mendapatkan manfaat dari akar maca maka konsums satu hingga tiga sendok makan per hari, Anda juga dapat menambahkannya pada secangkir kopi yang anda buat.

7 dari 7 halaman

Bubuk Cokelat

Ilustrasi Bubuk Cokelat
ilustrasi bubuk cokelat (sumber: Pexels)

Meminum secangkir kopi dengan bubuk cokelat jadi satu di antara minuman favorit kebanyakan orang. Ketika Anda menambahkan bubuk cokelat pada kop, itu akan memberikan efek yang baik bagi tubuh. 

Bubuk cokelat adalah satu di antara antioksidan paling kuat dan sumber zat besi nabati tertinggi yang baik untuk kesehatan hati.

Cokelat mengandung anti-inflamasi yang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol HDL (baik), dan menurunkan kolesterol LDL (jahat).

Manfaat lainya adalah dapat meningkatkan suasana hati, dan kualitas antidepresif membuat cokelat juga bagus untuk kesehatan otak.

Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan satu sendok makan bubuk cokelat pada kopi Anda, hal tersebut dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sumber: Healthline

Lanjutkan Membaca ↓