Sukses


Cegah Virus Corona, Ini 4 Cara Aman Mendisinfektan Barang di Rumah Pakai Alkohol

Bola.com, Jakarta - Masyarakat kini makin meningkatkan kewaspadaan menyusul kondisi wabah corona yang meluas. Hampir semua negara di dunia kini telah memiliki kasus virus corona

Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi risiko paparan virus corona. Satu di antaranya dengan melakukan disinfektan terhadap berbagai barang pribadi.

Barang-barang yang perlu dibersihkan antara lain telepon genggam, gagang pintu, sakelar lampu, laptop, maupun yang lainnya.  

Disinfektan yang kini banyak digunakan adalah alkohol 70 persen. Penting untuk mengetahui penggunaan alkohol ini dengan benar. Jika tidak, bisa berbahaya.

Nah, jika menggunakan alkohol untuk disinfektan, pastikan memperhatikan hal-hal berikut demi keamanan.

 

2 dari 5 halaman

1. Jangan Campur Alkohol dengan Pemutih

Ada beberapa kombinasi kimia yang harus dihindari, pemutih dan alkohol adalah salah satunya. Alkohol mengandung etanol dan isopropil, yang bila dicampur dengan pemutih akan menghasilkan kloroform, senyawa beracun yang mengeluarkan asap beracun dan korosif.

Menghirup kloroform dapat menyebabkan masalah serius terhadap sistem saraf pusat, hati, dan ginjal, selain mengiritasi kulit, paru-paru, dan mata serta menyebabkan mual dan pusing.

3 dari 5 halaman

2. Jangan Taruh Dekat Sumber Api

Alkohol sangat mudah terbakar, untuk itu jangan digunakan atau ditaruh dengan sumber api, seperti korek atau rokok.Jadi sebelum disinfektan dengan produk alkohol, pastikan untuk memadamkan semua api di sekitar.

 

4 dari 5 halaman

3. Pastikan Ada Ventilasi

Karena isopropil alkohol adalah bahan kimia yang mudah menguap, itu juga bisa menciptakan asap yang berbahaya. Saat membersihkan rumah dengan alkohol, pastikan untuk membuka seluruh jendela dan jaga area yang berventilasi sebaik mungkin.

5 dari 5 halaman

4. Jangan Membersihkan Permukaan Tertentu dengan Alkohol

Meskipun ini adalah desinfektan yang bisa digunakan untuk toilet atau bahkan laptop dan ponsel yang bisa membunuh virus, namun ada beberapa permukaan yang harus dihindari jika membersihkan dengan alkohol.

Pertama yaitu permukaan furnitur, karena etanol di dalamnya adalah pelarut, alkohol bisa mencairkan lapisan finishing, sehingga membuat kerusakan pada furnitur. Hindari penggunaan alkohol pada permukaan yang dicat.

Kedua, kain tertentu. Isopropil dalam alkohol bisa menghilangkan semua noda yang sulit seperti tinta, minyak, atau getah. Perlu diingat, beberapa kain tidak cocok dengan alkohol. Bahan halus atau sintetis seperti asetat, rayon, wol, dan sutra sebaiknya dihindari dalam penggunaan alkohol.

Sumber: Apartment Theraphy

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis Cindy Azari, published: 28/3/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer