4 Hal Ini Bisa Anda Lakukan di Instagram untuk Memerangi Virus Corona

Oleh Hendry Wibowo pada 29 Mar 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 29 Mar 2020, 19:00 WIB
Logo baru Instagram

Bola.com, Jakarta - Gerakan #dirumahaja bukan hanya sekadar kampanye di media sosial. Tetapi merupakan sebuah langkah konkret yang bisa kita lakukan bersama untuk memerangi pandemi COVID-19 atau virus Corona.

Selama berada di rumah, kita juga bisa ikut andil dalam memerangi pandemi tersebut. Dengan cara menyebarkan informasi-informasi penting dan pesan-pesan positif terkait virus tersebut.

Salah satunya, melalui Instagram. Bukan hanya pengguna, tetapi pemerintah, brand, komunitas, pengusaha kecil dan menengah, hingga para konten kreator pun ikut andil dalam memerangi virus ini lewat pesan-pesan positif yang mereka sampaikan.

Ada 4 ide mengenai pesan apa yang bisa kamu bagikan kepada pengikutmu di Instagram mengenai pandemi virus Corona, sembari menikmati waktumu di rumah selama self-quarantine.

2 dari 4 halaman

1-2

Tampilan feed Instagram
Tampilan feed Instagram (Foto: Ist)

1. Gunakan Feed dan Stories

Kita bisa menggunakan Feed dan Stories di Instagram untuk membagikan informasi-informasi penting dan positif mengenai pandemi virus Corona. Jangan lupa, informasi yang kamu sampaikan juga harus akurat, ya!

Sebelumnya, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani juga pernah membagikan informasi terkini soal kondisi kesehatannya dan poin-poin penting hasil rapat koordinasi dengan seluruh jajaran kementeriannya.

Juga, ada Kemenkes, WHO, dan UNICEF Indonesia yang juga membagikan otoritas kesehatan serta pemerintahan setempat untuk membagikan informasi seputar perkembangan terkini hingga tips kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

2. Ajak Masyarakat untuk Beraktivitas Seru di Rumah

Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur Instagram untuk mengajak masyarakat beraktivitas seru di rumah. Seperti mengajak berolahraga lewat Instagram LIVE. Atau juga mengikuti kelas melukis online bersama.

3 dari 4 halaman

3-4

Instagram
Inilah logo Instagram, Boomerang, dan Layout yang telah diupdate (Sumber: The Guardian).

3. Penggalangan Dana

Memerangi COVID-19 membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Untuk itu, kamu bisa bergandengan tangan untuk mengadakan penggalangan dana di Instagram seperti yang dilakukan Rachelvennya.

Melalui Instagram pula, aktris Enzy Storia dan kreator konten Dion Mulya mengumumkan mereka akan membantu meringankan beban 20 keluarga yang kepala keluarganya telah berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau sudah positif COVID-19. Para keluarga tersebut dapat menghubungi Enzy maupun Dion melalui Instagram Direct.

4. Menjalani Bisnis dan Mendorong Masyarakat untuk Berada di Rumah

Jika Sahabat Fimela memiliki bisnis, kamu bisa menjalani bisnismu dari rumah dengan menyediakan katalog di Instagram, atau mendorong pembeli untuk melakukan transaksi online. Sehingga, hal ini akan mendorong masyarakat Indonesia untuk tetap bisa berbelanja dan beraktivitas seperti biasa dari rumah masing-masing.

Sumber: Fimela.com 

Disadur dari: Fimela.com (Karla Farhana, Published 29/3/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

MAIN TIKTOK
MAIN TIKTOK
Lanjutkan Membaca ↓