Sukses


5 Jenis Minuman Menyehatkan, Baik Dikonsumsi Rutin pada Pagi Hari

Bola.com, Jakarta - Memperhatikan pola makan sehari-hari, termasuk jenis minuman dan makanan apa yang kita konsumsi menjadi satu di antara cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Belakangan ini, akibat kesibukan, tidak sedikit orang yang lalai dalam menjaga kesehatan tubuh, yang berujung pada penyesalan.

Banyak akibat yang ditimbulkan apabila lalai dalam menjaga kesehatan tubuh. Mulai menjadi mudah lelah, hingga berbagai penyakit yang akan menghampiri tubuh di masa mendatang.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk menjaga tubuh tetap sehat dan segar. Apalagi dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang, kita harus selalu menjaga kesehatan agar tidak tertular virus satu ini.

Selain mengatur pola makan, berolahraga dan mengatur jam tidur menjadi cara lain untuk menjaga kesehatan tetap prima.

Berkaitan dengan pola makan, ada beberapa jenis makanan yang dapat kita konsumsi agar tubuh selalu terasa sehat, beberapa di antaranya seperti sayuran, buah-buahan, dan berbagai jenis daging-dagingan.

Tak hanya makanan, minuman yang kita konsumsi juga memengaruhi kondisi kesehatan tubuh. 

Saat ini banyak beredar "jenis" minuman di pasaran, tidak hanya air putih. Hingga kini, air putih masih menjadi jenis minuman paling sehat untuk dikonsumsi setiap waktu oleh siapa saja, oleh semua golongan usia.

Meski begitu, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi beberapa jenis minuman lain, selain air putih, yang juga memiliki manfaat bagi tubuh.

Bola.com merangkum dari Healthline, Senin (30/3/2020), lima jenis minuman menyehatkan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. 

2 dari 4 halaman

Air Putih

Minum air putih minimal dua gelas setelah bangun tidur pagi. Selain dapat menghilangkan dehidrasi, air putih juga dapat menghilangkan racun yang ada dalam tubuh. Meminum air yang cukup dapat pula meningkatkan metabolisme.

Anda juga dapat memberikan tambahan rasa pada gelas air putih yang akan diminum, agar memiliki rasa lebih lezat dan menyegarkan. Tambahan seperti perasan jeruk lemon, irisan mentimun, dan bubuk herbal lainya akan memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh.

Cuka apel menjadi opsi lain bagi campuran untuk air putih. Cuka apel dapat menurunkan gula darah, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

Teh Hijau dan Jahe

  • Teh Hijau Dan Kopi Mentega

Meski meminum air putih sangat disarankan untuk memulai hari, terdapat berbagai alternatif lain yang memiliki kandungan sama baiknya dengan air putih.

Anda bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan teh hijau. Meminum teh hijau memiliki berbagai manfaat kesehatan berkat antioksidan tinggi yang terkandung di dalamnya.

Penelitian telah menunjukkan teh hijau tidak hanya meningkatkan metabolisme, tetapi juga dapat membantu membakar sumber lemak dalam tubuh.

Sementara, meminum kopi mentega atau yang juga populer dengan istilah bulletproof coffee pada pagi hari dapat membantu menahan rasa lapar selama beberapa jam.

Untuk membuat kopi antipeluru, campurkan beberapa sendok minyak kelapa pada secangkir kopi. Campuran antara kopi dan minyak kelapa yang mengandung lemak diyakini dapat menguatkan metabolisme pada tubuh.

  • Teh Jahe

Jahe telah populer untuk mengatasi masalah perut dan berbagai macam masalah lainnya. 

Untuk membuat teh jahe, tambahkan beberapa sendok makan parutan jahe segar ke dalam secangkir air mendidih dan diamkan selama lima menit.

4 dari 4 halaman

Jus Buah Dan Sayuran

  • Jus Sayuran

Kekurangan asupan vitamin dan nutrisi menjadi penyebab seringnya merasa lelah. Tambahkan energi dengan meminum jus sayuran di pagi hari jika kafein dalam kopi tidak membantu.

Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mulai mengganti segelas kopi dengan segelas jus sayuran setiap pagi.

Beberapa penelitian mengatakan, nutrisi yang ditemukan dalam sayuran khususnya sayuran berdaun hijau, seperti kangkung dan bayam, terbukti dapat meningkatkan energi.

Selain itu, sayuran mengandung zat besi yang cukup tinggi dan dapat membantu dalam mengirimkan oksigen ke sel-sel yang ampuh untuk melawan sumber kelelahan secara langsung.

  • Jus Tomat

Tomat tidak hanya menyediakan banyak sumber air, tetapi telah terbukti secara ilmiah untuk membantu membalikkan efek alkohol yang Anda minum.

Buah yang satu ini juga kaya akan vitamin dan mengandung mineral penting seperti folat, besi, kalium, magnesium, kromium, kolin, seng, dan fosfor.

Kandung-kandungan tersebut dapat berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit.

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer