Langkah Tepat Memakai dan Melepas Alat Pelindung Diri (APD)

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 30 Mar 2020, 13:10 WIB
Diperbarui 30 Mar 2020, 13:10 WIB
Ilustrasi APD
Sebagai garda terdepan dalam memerangi virus Corona Covid-19, petugas medis membutuhkan alat pelindung diri (APD) yang memadai. (ist)

Bola.com, Jakarta - Memakai alat pelindung diri (APD) saat bekerja bisa mengurangi risiko apabila terjadi kecelakaan kerja. Jenis APD berbeda-beda, tergantung pekerjaan yang dilakukan.

Dalam masa pandemi virus corona seperti sekarang, ADP atau bisa disebut hazmat suit merupakan kebutuhan utama bagi tenaga medis saat menangani pasien terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Penggunaan APD sangat penting demi mencegah dari terpapar COVID-19.

Virus corona bisa menular melalui percikan atau droplet pasien saat batuk atau bersin.

APD pada tenaga medis biasanya terdiri dari kacamata, masker, topi bedah, sarung tangan, dan jubah berbahan khusus.

Dalam memakai atau melepas alat pelindung diri pun tidak bisa sembarangan. Harus benar-benar sesuai dengan panduan agar tidak terjadi kecelakaan saat bekerja.

Tak hanya itu, perlengkapan APD juga tidak bisa digunakan berkali0kali, kecuali sepatu dan kacamata. Namun, dua alat tersebut harus dibersihkan sesuai prosedur setelah pemakaian.

Sementara untuk jubah, sarung tangan, masker dan penutup kepala harus dibuang dan diganti baru saat akan menangani pasien.

Khusus masker misalnya, saat menangani pasien COVID-19 dianjurkan mengganti masker saat sudah basah atau waktu pakai sekitar 4-6 jam.

Kemudian sarung tangan juga harus diganti setiap menangani pasien. Pasalnya, sarung tangan berhubungan langsung dengan pasien. Maka dari perlu diperhatikan saat memakai atau melepas APD setelah menangani pasien positif COVID-19.

Berikut Bola.com merangkumnya dari Pegangan Pencegahan dan Penatalaksanaan Virus Corona COVID-19 yang dikeluarkan Rumah Sakit Afiliasi Pertama, Zhejiang University School of Medicine, langkah-langkah memakai dan melepas alat pelindung diri (APD) yang tepat.

2 dari 2 halaman

Langkah-langkah Memakai dan Melepas APD yang Benar

Intip Pembuatan APD Tenaga Medis di Jakarta
Pekerja memakai pakaian untuk Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis di kawasan Penggilingan, Jakarta, Kamis (26/3/2020). Akibat melonjaknya jumlah kasus penyebaran Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia menyebabkan terbatasnya ketersediaan APD di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Langkah Memakai Alat Pelindung Diri yang Benar

1. Pakai terlebih dahulu baju dan sepatu kerja khusus

2. Cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer

3. Pakai topi bedah sekali pakai

4. Pakai masker pelindung medis (N95)

5. Pakai sarung tangan dalam

6. Pakai kacamata pelindung

7. Pakai sarung tangan karet sekali pakai

8. Pemakaian selesai

 

Tata Cara Melepas Alat Pelindung Diri yang Benar

1. Ganti sarung tangan

2. Lepaskan pakaian pelindung

3. Lepaskan kacamara pelindung

4. Lepaskan masker

5. Lepaskan topi

6. Lepaskan sarung tangan

7. Pelepasan selesai

Catatan: cuci tangan setiap melepas perlengkapan demi perlengkapan

Sumber: Pegangan Pencegahan dan Penatalaksanaan Virus Corona COVID-19 dari Rumah Sakit Afiliasi Pertama, Zhejiang University School of Medicine

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Lanjutkan Membaca ↓
Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr