Sukses


7 Sumber Vitamin C, Nutrisi Tangkal Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Ketika pandemi virus corona melanda hampir seluruh dunia, menjaga kesehatan tubuh sangat penting agar terhindari dari risiko terinfeksi COVID-19. Anda sebaiknya mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Satu di antara nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta bermanfaat untuk menjaga imunitas adalah vitamin C.

Dilansir dari Medical News Today, vitamin C memiliki kandungan askorbat yang berguna sebagai obat flu dan mencegah berbagai penyakit. 

Kandungan vitamin C berguna untuk membantu penyerapan zat besi dan menghasilkan kolagen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi dan melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Bahkan, apabila ada dinyatakan positif COVID-19 dan menjalani isolasi diri di rumah, virus corona bisa segera hilang, alias Anda akan sembuh sendiri ketika memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Beruntung, sumber vitamin C sangat mudah Anda jumpai, seperti dalam buah jeruk, stroberi, kiwi, dan sayuran brokoli serta bayam.

Lalu apa saja sumber vitamin C yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh kuat dan terhindar dari risiko COVID-19?

Berikut Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja makanan sumber vitamin C, Senin (30/3/2020). Jangan lupa untuk menyiapkan makanan-makanan di bawah ini dalam daftar menu hidangan Anda setiap hari ya!

2 dari 8 halaman

1. Jambu Biji

Jambu biji dikenal satu di antara buah yang mengandung vitamin C tinggi. Jumlah vitamin C yang ada di dalam jambu biji sekitar 125 miligram dan setara dengan 140 persen angka kebutuhan vitamin C harian.

3 dari 8 halaman

2. Jeruk

Buah jeruk sangat familier sebagai sumber vitamin C yang baik untuk mecukupi kebutuhan nutrisi vitamin C harian. Kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk, sekitar 125 miligram.

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung nutrisi dan mineral, seperti kalium, folat, lutein, dan serat yang baik.

4 dari 8 halaman

3. Stroberi

Stroberi memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah tinggi dengan buah jeruk. Buah yang sangat digemari semua kalangan usia ini mempunyai rasa manis, tekstur yang lembut, dan berair.

Serat, folat, potasium, dan magnesium adalah kandungan lain yang ada dalam buah stroberi. Mengonsumsi buah stroberi mengandung 59 miligram vitamin C dalam sajian 100 gram.

5 dari 8 halaman

4. Cabai Merah

Cabai merah sering dikenal sebagai satu di antara sayuran, padahal cabai merah termasuk dalam kategori buah. Cabai merah identik dengan tambahan bumbu masakan dan sangat umum dikonsumsi di Indonesia.

Cabai merah yang memiliki rasa pedas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Mengonsumsi 80 gram cabai merah akan mendapatkan sekitar 100 miligram vitamin C.

6 dari 8 halaman

5. Kiwi

Buah kiwi adalah buah yang berasal dari Shaanxi, China. Buah yang memiliki bentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Kandungan nutrisi yang ada di buah kiwi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah kiwi dianjurkan dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah kiwi sekitar 93 miligram per 100 gram sajian.

7 dari 8 halaman

6. Brokoli

Selain buah sebagai sumber vitamin C, sayuran seperti brokoli juga memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C dalam brokoli sekira 100 miligram, lebih besar dari jeruk, yaitu sekitar 89 miligram.

Perlu diperhatikan dalam mengolah brokoli, atau jumlah kandungan yang ada dalam sayuran ini akan berkurang.

8 dari 8 halaman

7. Bayam

Bayam mammpu mengatasi peradangan akibat infeksi akibat kuman, bakteri, hingga virus yang ada di dalam tubuh karena memiliki sifat antiinflamasi.

Selain itu, bayam juga memiliki kandungan vitamin C sebesar 28,1 miligram per 100 gram sajian.

Sumber: Berbagai sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer