Sukses


Piknik di Rumah, Berikut 10 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan saat Karantina Mandiri

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan agar warga melakukan karantina mandiri paling tidak selama 14 hari untuk membantu meredam penyebaran virus Corona penyebab COVID-19.

Dalam kebijakan karantina mandiri itu, termasuk melakukan kegiatan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. 

 

Anjuran pemerintah untuk tetap di rumah sebisa mungkin selalu dipatuhi agar penyebaran virus corona tidak makin meluas dan segera berhenti.

Hanya, tidak sedikit dari kita yang merasa bosan lantaran harus tetap di rumah selama masa karantina. Apa lagi bagi mereka yang dalam kesehariannya sering melakukan kegiatan di luar rumah maupun senang bertemu dengan orang banyak.

Meski berpotensi menimbulkan kebosanan maupun gangguan kesehatan mental, tentu ada sisi baik dari masa karantina mandiri ini.

Semisal, kita dapat lebih sering bertemu dengan keluarga. Kita bisa kembali menekuni hobi yang selama ini ditinggalkan akibat kesibukan sehari-sehari.

Kita juga bisa melakukan beragam aktivitas bersama anggota keluarga lain, dengan tetap mengedepankan imbauan seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan, tidak berbagi peralatan makan, dan lain sebagainya.

Berikut Bola.com pilihkan dari berbagai sumber, 10 kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di masa karantina mandiri akibat pandemi virus corona.

2 dari 4 halaman

Piknik di Rumah

1. Berkebun

Berkebun mungkin menjadi satu di antara hal yang dapat Anda lakukan bersama keluarga ketika masa karantina mandiri. Menanam tanaman bunga dan sayur-sayuran mungkin akan memberikan keuntungan juga di kemudian hari.

Tidak hanya menanam bunga dan sayuran, Anda juga dapat membuat taman mini yang di dalamnya terdapat berbagai macam bunga dan kolam kecil yang berisikan ikan hias.

2. Piknik di Rumah

Siapkan selimut piknik dan makanan seolah-olah sedang piknik di luar rumah.

Anda dapat menyiapkan berbagai jenis kue dan minuman, lalu menyantapnya bersama keluarga. Tambahkan makanan sehat dalam acara "piknik" Anda tersebut agar memberikan efek yang baik dari makanan yang Anda konsumsi.

3. Membaca Buku

Membaca buku menjadi satu di antara cara untuk mengisi hari-hari selama karantina mandiri. Selain dapat memberikan ilmu baru, membaca buku juga dapat menjadikan waktu Anda tidak terbuang sia-sia.

4. Mendekor Rumah

Mendekor rumah menjadi satu di antara alternatif menghabiskan waktu di rumah. Mendekor rumah dapat memberikan suasan yang baru pada rumah Anda.

Menghias pintu dengan berbagai pernak-pernik atau menggambar pada dinding kamar dapat menjadi beberapa pilihan yang dapat Anda lakukan dalam mendekorasi rumah.

3 dari 4 halaman

Mendengarkan Musik

5. Memanggang Kue

Coba beberapa resep kue yang ada di internet. Resep kue yang menyehatkan lebih diutamakan untuk dicoba. 

6. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik favorit bisa menghindarkan Anda dari stres. Selain itu, aktivitas mendengarkan musik juga dapat menenangkan hati dan memberikan inspirasi di kemudian hari.

7. Bermain Game

Menghilangkan stres juga tidak hanya bisa dilakukan dengan cara mendengarkan musik favorit. Bermain game dari ponsel atau konsol game seperti plastation atau Xbox, juga dapat membantu Anda tehindar dari stres.

8. Menulis Jurnal

Bagi Anda yang sangat menyukai menulis, melakukan hal ini dapat sangat membantu dalam melewati hari di rumah.

Menulis jurnal dapat membunuh waktu begitu cepat karena fokus kita hanya pada apa yang akan kita tulis.

Menulis jurnal tentang kesehatan yang bersumber dari berbagai website mungkin menajadi opsi menarik di tengah wabah COVID-19 yang sedang terjadi saat ini.

 

4 dari 4 halaman

Menonton Film

9. Menonton Film

Menonton film bersama keluarga menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan di tengah karantina mandiri. Selain dapat menghibur diri bersama keluarga, kedekatan antaranggota keluarga makin terjalin erat.

Menonton film drama mugnkin menjadi opsi yang tepat. Selain isi film drama yang biasanya tidak terlalu berat, menonton genre film ini biasanya disukai oleh seluruh anggota keluarga.

10. Karaoke

Selain kebersamaan yang terjalin, bernyanyi bersama keluarga dapat menjadi kegiatan yang positif karena Anda akan merasa terhibur dan terhindar dari depresi.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer