Sukses


Tips Melindungi Anak dari Potensi Terinfeksi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Virus Corona SARS-CoV-2 bisa menyerang siapa saja. Meski golongan lanjut usia (lansia) lebih rentan terkena karena sistem imunitas mereka yang menurun, anak-anak dan orang dewasa yang sehat sekalipun bisa terpapar virus penyebab COVID-19 ini.

Kondisi ini membuat kalangan orang tua menjadi waswas. Ada kekhawatiran, virus yang sudah menginfeksi lebih hampir 700 ribu orang di seluruh dunia dan 1.414 orang di Indonesia ini, memengaruhi orang-orang terkasih, termasuk buah hati mereka.

Terlebih karena virus corona dianggap mudah menular dari satu orang ke orang yang lain.

Selain itu, anak-anak lebih aktif dengan pemahaman akan virus yang kali pertama ditemukan di Wuhan, China, ini.

Virus ini dikatakan menyebabkan gejala ringan pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih tua dan anak-anak dapat dengan mudah mendapatkan penyakit ini dari anggota keluarga yang terinfeksi, sesuai penelitian yang dipublikasikan dalam Nature Medicine.

Seperti dilansir dari Boldsky, hingga 20 Februari lalu, total 745 anak-anak di China menjalani pemeriksaan, yang entah berhubungan dekat dengan pasien yang didiagnosis atau memiliki anggota keluarga yang tertular virus corona.

10 anak berusia antara 2 bulan hingga 15 tahun dinyatakan positif virus corona. Mereka mengalami gejala termasuk batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, diare, dan rinore.

Para orang tua tak perlu gelisah karena kasus positif corona relatif jarang dan ringan pada anak-anak. Anak-anak yang tidak terpapar virus akan memiliki risiko lebih rendah tertular.

Berikut tips bagi para orang tua, bagaimana melindungi anak Anda dari terpapar virus corona menurut Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, seperti dirangkum Bola.com dari Boldsky, Selasa (31/3/2020).

2 dari 3 halaman

Tips Mencegah Anak dari Terinfeksi Virus Corona

  • Ajari anak-anak Anda untuk mencuci tangan dengan sabun dan air.
  • Pastikan anak-anak Anda tidak berdekatan dengan orang sakit yang sedang batuk atau bersin.
  • Bersihkan dan disinfeksi permukaan atau mainan setiap hari di rumah Anda. Gunting kuku anak Anda saat mereka menyembunyikan tempat untuk virus.
  • Ajari anak-anak Anda untuk tidak menyentuh wajah mereka.
  • Hindari bepergian dengan anak-anak Anda ke daerah yang sangat terinfeksi.
  • Ajari anak-anak Anda untuk batuk dan bersin ke tisu dan tidak di tangan mereka. Pastikan anak-anak Anda banyak tidur.
  • Bicaralah dengan anak-anak Anda tentang berita yang berkaitan dengan virus corona.
  • Pastikan anak-anak Anda telah mendapat vaksinasi mereka.
3 dari 3 halaman

Tips Mencegah Anak dari Terinfeksi Virus Corona

  • Yakinkan anak-anak Anda bahwa para peneliti dan dokter sedang mengambil langkah-langkah aktif untuk menjaga semua orang tetap aman.
  • Ajari anak-anak Anda tentang kebiasaan kebersihan dasar untuk mencegah risiko infeksi.
  • Jika anak-anak Anda khawatir, tenangkan mereka dengan menjaga mereka tetap teralihkan.
  • Jauhkan anak-anak Anda dari menonton gambar yang menakutkan di televisi atau media sosial.
  • Pastikan Anda mengoreksi informasi yang salah atau desas-desus yang didengar anak-anak Anda.

Sumber: Boldsky

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer