Tips, 10 Cara Sakti Mencegah Penyebaran Virus Corona COVID-19

Oleh Nurfahmi Budi pada 31 Mar 2020, 13:53 WIB
Diperbarui 31 Mar 2020, 13:53 WIB
Cuci Tangan
Demi antisipasi penyebaran Corona COVID-19, Wahana Visi Indonesia menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun di sejumlah titik di Jakarta. (Dok Wahana Visi Indonesia/WVI)

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona penyebab COVID-19 masih menjadi bahan pembicaraan hangat di kalangan masyarakat. Hal ini tak terkecuali statistik pada masing-masing level, seperti PDP dan ODP, yang bertambah.

Pemerintah Indonesia sudah melakukan berbagai cara ampuh mencegah penyebaran virus corona. Langkah tersebut seperti jaga jarak fisik (physical distancing), kerja dari rumah (WFH), belajar di rumah hingga beribadah di rumah.

Namun, angka kasus akan terus meningkat jika masyarakat tidak ikut berupaya mengatasi virus corona dengan menuruti anjuran pemerintah. Selain itu, masyarakat juga harus tahu cara ampuh mencegah penyebaran virus corona. Lantas apa sajakah itu? Simak ulasan informasi yang dihimpun dari beberapa sumber berikut ini.

 

2 dari 6 halaman

Cuci Tangan dan Hindari Fisik

FOTO: KPK Sediakan Fasilitas Cuci Tangan untuk Antisipasi Penyebaran COVID-19
Tamu mencuci tangan sebelum memasuki Gedung KPK, Jakarta, Senin (30/3/2020). KPK menyediakan fasilitas cuci tangan bagi pengunjung, karyawan, serta petugas keamanan sebelum memasuki gedung guna mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Rajin Mencuci Tangan

Melansir dari Liputan6.com, Selasa (31/3/2020), sekitar 98 persen penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit berasal dari tangan. Mencuci tangan hingga bersih dengan air mengalir dan sabun secara efektif mampu membunuh kuman, bakteri dan virus.

Tak terkecuali virus corona (Covid-19). Tak heran, di tengah pandemi corona ini WHO dan pemerintah mengimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan bersih.

Hindari Sentuhan Fisik

Cara ampuh mencegah penyebaran virus corona berikutnya yaitu hindari melakukan sentuhan atau kontak fisik. Mulai dari berjabat tangan hingga berpelukan dengan orang lain. Hal ini juga telah disarankan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia).

 

3 dari 6 halaman

Etika Batuk

[FEATURE] Ancaman Virus Corona
Komuter memakai masker untuk melindungi diri dari virus corona di Bangkok, Thailand, Kamis (6/2/2020). Pada umumnya gejala virus corona memang menyerupai flu biasa, yaitu batuk, pilek, dan demam. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

Etika Batuk dan Bersin

Satu di atara cara penyebaran virus corona yaitu melalui droplet (percikan kelenjar liur). Percikan tersebut keluar saat seseorang batuk ataupun bersin.

Untuk itu, saat bersin dan batuk seseorang harus menutup mulutnya dengan tangan. Akan lebih baik lagi menggunakan tisu sebagai media menutup mulut. Setelahnya, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Agar virus tidak menempel di tangan.

Jaga Jarak

Cara ampuh mencegah penyebaran virus corona lainnya yaitu menjaga jarak sosial. Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan jika tidak ingin terinfeksi virus corona. Pemerintah juga telah melakukan kampanye jaga jarak fisik (physical distancing).

Dengan melakukannya, itu berarti kalian sudah satu langkah mencegah penularan virus corona. Paling tidak jagalah jarak kalian dengan orang lain sekitar 1 meter. Tidak hanya di tempat umum, jaga jarak fisik juga bisa diterapkan di rumah.

 

4 dari 6 halaman

Jangan Sentuh Wajah

menyentuh wajah
Ilustrasi/copyrightshuttestock/maroke

Hindari Perkumpulan Sosial

Pemerintah Indonesia bersama Kepolisian Republik Indonesia telah membuat peraturan terkait perkumpulan sosial. Di tengah pandemi corona, mereka memutuskan untuk menghentikan semua aktivitas keramaian.

Ini sebagai bentuk cara ampuh mencegah penyebaran virus corona. Tidak hanya di tempat umum, tindakan ini juga harus dilakukan di sejumlah tempat. Mulai dari gedung olahraga, tempat makan hingga tempat ibadah.

Hindari Menyentuh Wajah

Cara ampuh mencegah penyebaran virus corona berikutnya yaitu menghindari menyentuh wajah. Usahakan untuk tidak menyentuh area segitiga wajah seperti mata, mulut dan hidung.

Area ini memang lebih rentan tersentuh oleh tangan, baik sadar maupun tidak. Untuk itu, sangatlah penting bagi seseorang di tengah pandemi corona ini untuk menghindari menyentuh wajah. Sebab, hal ini bisa menjadi media penularan virus corona.

Hindari Berbagi Barang Pribadi

Telah dikatakan oleh sejumlah penelitian dan studi, virus corona mampu bertahan hidup di permukaan hingga beberapa hari.

Maka dari itu, sangat penting bagi seseorang untuk tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain. Mulai dari peralatan makan, sedotan, handphone hingga sisir.

 

5 dari 6 halaman

Bersih Perabotan

Berikut 7 Khasiat Alkohol sebagai Pembersih di Rumah
Alkohol dikenal korosif, sehingga jarang digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Padahal, zat ini ampuh juga untuk membantu bersihkan rumah.

Rajin Bersihkan Perabotan

Tidak hanya tubuh, menjaga kebersihan tempat tinggal juga sangat penting. Ini juga menjadi salah satu cara ampuh mencegah penyebaran virus corona.

Bersihkan perabotan rumah terutama yang sering disentuh oleh anggota keluarga. Mulai dari gagang pintu, furnitur, meja hingga remot televisi. Kalian bisa menggunakan cairan disinfektan buatan sendiri untuk membersihkannya.

Mencuci Bersih Makanan

Selain itu, menjaga kebersihan makanan juga menjadi salah satu cara ampuh mencegah penyebaran virus corona. Rendam bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan menggunakan larutan cuka putih atau hidrogen peroksida. tentu yang digunakan harus aman untuk makanan.

Selain sebagai pembersih, cairan itu juga memiliki sifat antibakteri yang mampu mengatasi bakteri jahat pada makanan. Kemudian, simpan bahan makanan ke dalam kulkas agar tetap segar.

 

6 dari 6 halaman

Jaga Imunitas

jamu gratis untuk mencegah covid-19 di Sulteng
Jamu gratis berbahan aman yang disiapkan Dinkes Sulteng bagi masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).

Jaga Imunitas Tubuh

Terakhir, menjaga imunitas tubuh menjadi cara ampuh mencegah penyebaran virus corona. Tidak terlalu sulit, kalian hanya cukup mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Terlebih pada sayur dan buah-buahan yang memang mampu meningkatkan imun tubuh.

Melansir dari Alodokter, Selasa (31/3/2020), masyarakat dianjurkan untuk banyak makan sayur, buah dan makanan berprotein seperti ikan, telur dan daging tanpa lemak.

Sumber : Berbagai sumber

Disadur dari : Merdeka.com

Penulis : Tantiya Nimas Nuraini (31/3/2020)

Lanjutkan Membaca ↓