Mengenang Bob Hasan, Sosok yang Orbitkan Lalu Muhammad Zohri hingga Juara Dunia

Oleh Yus Mei SawitriCakrayuri Nuralam pada 31 Mar 2020, 14:10 WIB
Diperbarui 31 Mar 2020, 14:10 WIB
Atletik : Lalu Muhammad Zohri

Jakarta - Dunia atletik Indonesia merasakan duka mendalam setelah Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Bon Hasan, meninggal dunia.

Bob Hasan meninggal dunia pada Selasa (31/3/2020) pukul 11.00 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta. Dia wafat karena mengidap kanker.

Pria yang berusia 89 tahun tersebut dikenal sebagai pahlawan besar di dunia cabang atletik Indonesia. Bob Hasan selalu mengeluarkan uang pribadinya untuk membiayai keperluan para atlet.

Mengutip dari berbagai sumber, setiap tahunnya, pebisnis ini merogoh hingga Rp10 miliar dari kantongnya untuk membiayai asosiasi. Salah satu atlet yang disokong olehnya adalah Lalu Muhammad Zohri, sprinter muda asal Nusa Tenggara Barat.

Bob Hasan, pengusaha kayu itu membiayai seluruh kebutuhan Zohri untuk mengikuti lomba lari dunia di Finlandia, Juli 2018. Mulai dari biaya latihan, persiapan, akomodasi, dan kebutuhan lainnya. Semua dari kocek pribadi Bob Hasan.

Uang yang dikeluarkan Bob Hasan dibayar tuntas oleh Zohri. Pada 2018, Zohri menjadi juara dunia lari 100 meter di Kejuaraan Dunia U-20 di Finlandia. Zohri mengalahkan dua atlet Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang menempati peringkat dua dan tiga dengan catatan waktu masing-masing 10,22 detik.

Di ajang tersebut, Zohri mencatatkan waktu 10,18 detik. Catatan waktu tersebut memecahkan rekor nasional junior atas namanya sendiri 10,25 detik. Rekor waktu 10,18 detik itu juga mendekati rekor nasional senior atas nama Suryo Agung Wibowo 10,17 detik.

 

 

2 dari 2 halaman

Ketua Umum PASI Selama 40 Tahun Lebih

Bob Hasan
Ketua Umum PB PASI, Bob Hasan (baju hijau) saat memberikan keterangan pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Liputan6.com/Cakrayuri Nuralam)

Perhatian Bob Hasan terhadap Zohri tidak berhenti sampai di sana. Dia tetap memantau perkembangan atlet asal NTB tersebut. Bahkan, secara khusus Bob Hasan tak menurunkan Zohri di SEA Games 2019. Dia dipersiapkan untuk terjun ke Olimpiade Tokyo 2020. 

"Saya tidak mengirimkan Zohri ke SEA Games 2019 karena dia kelasnya dunia," kata Bob Hasan saat itu. 

Saat ini, Lalu Mohammad Zohri sudah menggenggam tiket ke Olimpiade Tokyo. Tetapi, Olimpiade Tokyo 2020 dipastikan mundur setahun, atau baru digelar pada 23 Juli 2021. 

Sayangnya, Bob Hasan tidak akan bisa menyaksikan kiprah Zohri di ajang Olimpiade tersebut. 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Gronya Somerville