Cara Mencuci Sayur di Tengah Pandemi Virus Corona Penyebab COVID-19

Oleh Nurfahmi Budi pada 01 Apr 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 01 Apr 2020, 17:15 WIB
Sayuran hijau dan Buah
Sayuran hijau dan Buah (sumber: iStockphoto)

Bola.com, Jakarta - Status pandemi viirus corona penyebab COVID-19 memberi perubahan terhadap gaya hidup, termasuk memilih asupan makanan. Tak hanya, cara mengelola makanan juga berubah, termasuk sayuran dan buah.

Belum ada penelitian khusus untuk mengetahui berapa lama virus corona penyebab COVID-19 bertahan di sayur dan buah mentah. Termasuk apakah penularan bisa terjadi lewat bahan mentah.

Sebagai langkah pencegahan penting bagi Sahabat Bola.com untuk melakukan proses pencucian sayur dan buah yang benar. Hal ini demi mengurangi risiko paparan virus yang bisa saja terjadi. Simak langkah-langkah berikut ini.

 

2 dari 4 halaman

Bersihkan, Pisahkan, Masak, dan Dinginkan

Backfill-Bola-1
Backfill-Bola-1

Sahabat Bola.com harus selalu berlatih empat langkah keamanan pangan untuk memastikan makanan aman untuk dikonsumsi. Saat menyiapkan makanan, sangat penting untuk selalu mencuci tangan selama 20 detik dengan air hangat dan sabun sebelum dan setelah menangani produk segar.

Pastikan membersihkan meja dapur, termasuk pisau, wadah alat, dan talenan sebelum mulai memasak. Selain itu, pisahkan produk, unggas, daging, makanan laut, dan telur saatmemasak untuk menghindari kontaminasi silang.

Guna membunuh virus dan bakteri, masak makanan pada suhu internal yang sesuai dan pastikan makanan di luar zona bahaya suhu (40 ° - 140 ° F) untuk jangka waktu yang lama. Dinginkan dan bekukan makanan dengan benar dalam waktu dua jam untuk mencegah pertumbuhan patogen yang berpotensi membahayakan.

 

3 dari 4 halaman

Periksa Jika Ada yang Rusak / Busuk

Backfill-Bola-5
Backfill-Bola-5

Periksa buah dan sayuran jika ada yang tampak busuk atau rusak. Jika memang ada yang busuk segera pisahkan. Untuk sayuran, buang selalu daun terluar seperti pada selada untuk mengurangi risiko kontaminasi.

Terakhir, pastikan untuk membuang dan tidak mengkonsumsi produk yang terlihat busuk.

 

4 dari 4 halaman

Bilas Sayur / Buah Sebelum Dipotong

Backfill-Bola-4
Backfill-Bola-4

Pastikan mencuci sayur dan buah secara menyeluruh di bawah air mengalir sebelum dimakan atau diolah. Penting dibilas sebelumnya, bahkan jika tidak berencana memakan kulitnya. Ini untuk menghindari memindahkan kotoran atau bakteri ke pisau atau meja dapur.

Beberapa tips di atas sekadar memberi peringatan terhadap Sahabat Bola.com. Semuanya kembali ke pribadi dan disiplin masing-masing individu.

Sumber : Berbagai sumber

Disdur dari : Dream.co.id

Penulis : Mutia Nugraheni (1/4/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Lanjutkan Membaca ↓