Sukses


Lindungi Keluarga dari Virus Corona COVID-19, Ini 5 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Jakarta - Kasus virus corona COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Pada Rabu (1/4/2020), sudah ada 1.528 orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona covid-19.

Tercatat, ada 136 orang yang sudah meninggal dunia karena virus corona. Namun, baru ada 81 orang yang dinyatakan sembuh.

Untuk mengantisipasi semakin banyaknya kasus, pemerintah Republik Indonesia meminta rakyatnya untuk tidak keluar rumah.

Bahkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) beranggapan pandemi corona tidak hanya mengakibatkan masalah kesehatan masyarakat, tapi juga membawa implikasi ekonomi yang luas, sehingga banyak negara menemui tantangan berat.

Jokowi pun meneken Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang diterbitkan untuk menanggulangi dampak pandemi virus corona. Dia mengklaim Perppu baru tersebut memberikan fondasi bagi pemerintah, otoritas perbankan dan otoritas keuangan untuk melakukan langkah-langkah yang luar biasa dalam upaya menjamin kesehatan masyarakat, menyelamatkan perekonomian nasional serta stabilitas sistem keuangan.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan, dalam akun media sosialnya, membeberkan cara untuk meningkatkan daya tahan Tubuh supaya melindungi keluarga dari virus corona COVID-19. Apa saja itu? Lihat di halaman selanjutnya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Video

2 dari 6 halaman

Tidur yang Cukup atau Istirahat

Daya tahan tubuh manusia hanya bekerja optimal pada saat tidur. Oleh sebab itu, penting bagi siapa saja untuk memerhatikan pola tidur yang baik dan juga sehat.

Dokter tidur di Snoring and Sleep Disorder Clinic pertama di Indonesia, Andreas Prasadja membenarkan teori ini.

"Salah satu yang paling sederhana adalah ada dua kelompok orang yang dipaparkan dengan virus influenza. Hasilnya, yang cukup tidur daya tahan tubuhnya 20 kali lipat lebih tinggi dibandingkan yang kurang tidur," ujarnya.

 

3 dari 6 halaman

Olahraga Plus Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Salah satu cara mencegah tertular virus corona adalah dengan olahraga. Dengan melakukan pola hidup sehat dan berolahraga, daya tubuh Anda pun bisa meningkat.

Selain olahraga, berjemur di bawah matahari dianggap dapat mencegah penyebaran virus corona COVID-19. Sinar matahari diyakini sebagai sumber alami untuk menangkal berbagai jenis bakteri dan virus.

 

 

4 dari 6 halaman

Perbanyak Buah dan Sayur

Sarapan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk menunjang produktivitas serta aktivitas harian Anda, termasuk ketika work from home (WFH). Apalagi di tengah pandemi virus corona (Covid-19), di mana pola makan teratur dan bergizi seimbang juga menjadi salah satu cara pencegahan yang dianjurkan.

Sayur dan buah sangat tepat, menurut Kementerian Kesehatan, dalam mencegah dan melindungi keluarga Anda dari virus corona.

 

 

5 dari 6 halaman

Jaga Jarak Fisik dari Orang Lain

Menjaga jarak fisik dari orang lain sangat penting agar tidak tertular virus corona covid-19. Lebih baik, Anda menjaga jarak fisik dengan orang lain minimal sejauh satu meter.

Sejauh ini, masyarakat pun terus menerus diingatkan pemerintah untuk melakukan jaga jarak fisik untuk mencegah penyebaran Corona COVID-19. Pemerintah mengingatkan, setidaknya ada jarak hingga dua meter ketika satu sama lain melakukan komunikasi sosial.

 

6 dari 6 halaman

Pola Hidup Bersih dan Sehat

Di luar itu, gaya hidup sehat tentu perlu diterapkan untuk menangkap virus corona COVID-19 ini. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menerapkan etika batuk yang benar jadi upaya terbaik menghindari papaaran Virus Corona jenis baru.

Selain menjaga kebersihan tubuh, imunitas tubuh yang baik juga dapat mengusir virus corona dari tubuh kita. Dr. dr. Sukamto, Sp.PD, K-AI, Direktur Pelayanan Kesehatan Sekunder dan Unggulan, Rumah Sakit Universitas Indonesia pun memberikan 5 cara mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh.

 

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Liputan6.com (Cakrayuri Nuralam/Edu Krisnadefa, Published 1/4/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer