Cegah Virus Corona COVID-19, Berikut Ini Tips Membersihkan Benda-Benda di Rumah

Oleh Bogi Triyadi pada 01 Apr 2020, 14:40 WIB
Diperbarui 01 Apr 2020, 14:40 WIB
Membersihkan Area

Jakarta Para ahli mendorong untuk rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan yang menyeluruh guna melindungi diri serta orang lain dari wabah corona COVID-19. Jika mengisolasi diri di rumah selama wabah, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kediaman Anda dari virus tersebut.

Kekhawatiran mungkin ada di pikiran Anda terkait pandemi corona COVID-19. Ini dikarenakan berita tentang penelitian terbaru yang diterbitkan dalam laporan medRxiv.

Studi tersebut menemukan bahwa corona Covid-19 dapat bertahan di udara hingga tiga jam. Virus yang berasal dari Wuhan, China, itu juga bisa hidup di permukaan seperti kardus hingga 24 jam dan plastik serta stainless steel sampai 3 hari.

Tapi, Jason Tetro, ahli mikrobiologi dan pembawa acara Super Awesome Science Show, menunjukkan bahwa penelitian ini didasarkan pada kertas tes laboratorium. "Pengujian ini tidak mengindikasikan apa yang terjadi di dunia nyata," kata Tetro kepada Healthline.

"Saya tidak melihat ada kebutuhan untuk membersihkan atau mendisinfeksi permukaan lebih teratur sebagai hasilnya. Dan tidak ada yang harus ditakutkan dari kondisi udara seperti layaknya penyakit campak," paparnya lagi.

Tetro berpendapat pembersihan yang tepat dapat membersihkan berbagai kuman. "Coronavirus hanyalah salah satu patogen yang dapat menginfeksi Anda, dan yang lain jauh lebih umum daripada yang ini," ujar Tetro.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Area yang Perlu Dibersihkan di Rumah

[Fimela] Toilet Bersih
Ilustrasi Toilet Bersih | unsplash.com/@housemethod

Tetro menyebut kamar mandi dan dapur adalah area di rumah yang banyak mengandung kuman. Becky Rapinchuk, pemilik blog Clean Mama, sependapat dengan hal itu.

Saat datang ke kamar mandi dan dapur, Becky fokus pada lemari, pegangan-pegangan laci, gagang, serta penutup bagian depan. Sementara di dapur, area yang perlu dibersihkan di antaranya gagang serta bagian depan peralatan, seperti lemari es, mesin cuci piring, oven, dan pemanggang roti.

Kedua ahli menambahkan benda-benda lainnya di rumah yang harus dibersihkan antara lain:

  • remot kontrol
  • pengendali game (joystick)
  • keyboard dan mouse komputer
  • telepon seluler dan telepon rumah
  • sakelar lampu dan tatakan sakelar
  • gagang pintu
  • pagar tangga

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan

Rapinchuk memiliki cara efisien untuk membersihkan daerah-daerah yang paling banyak disentuh, yakni dengan mendatanya. "Saya bersihkan semua saklar lampu dan mengganti pelat, kemudian beralih untuk membersihkan semua kenop pintu, semua pegangan di dapur, dll."

"Ini membuat saya tetap bekerja, (jadi) saya tidak ketinggalan apa pun. Jika pembersih atau kain tertentu berfungsi lebih baik untuk suatu area, saya akan menggunakannya untuk seluruh rumah, dan jika saya tidak dapat membersihkannya semua (yang ada dalam daftar saya) dalam sekali jalan, saya akan membaca lagi daftar," tambahnya.

Untuk permukaan yang di atasnya terdapat benda-benda, seperti meja atau meja dapur, lanjutnya, pindahkan semua barang terlebih dahulu. Kemudia lap permukaan meja dengan lap atau semprotan.

Jika Anda masih ingin bekerja, Tetro mengatakan pegangan tangga dan peralatan makan juga menjadi perhatian untuk dibersihkan.

 

Sumber asli: Healthline

Disadur dari: Liputan6.com (Bogi Triyadi/Edu Krisnadefa, Published 1/4/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓