5 Penganan Sehat Yang Cocok Jadi Teman Saat Pandemi Virus Corona Covid-19

Oleh Thomas pada 03 Apr 2020, 13:49 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 13:49 WIB
Makanan sehat
Ilustrasi makanan sehat (Photo by Brooke Lark on Unsplash)

Jakarta - Pandemi virus corona penyebab COVID-19 membuat sebagian masyarakat tak bisa bekerja dari kantor. Mereka harus menghabiskan waktu di rumah. Nah, satu di antara yang menjadi atensi adalah makanan ringan alias kudapan.

 

Orang diet tetap bisa mengkonsumsi camilan. Namun, harus pintar memilah camilan yang bisa dikonsumsi orang diet. Camilan sehat akan membantu Sahabat Fimela menahan lapar. Selain itu, juga bisa membantu metabolisme tubuh dari pembakaran lemak.

Yuk simak camilan diet dan sehat yang menemani saat pandemi virus corona :

Granola

Granola adalah camilan sehat yang sedang trend saat ini. Granola adalah makanan yang dibuat dari oat, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering. Granola yang sudah dibuat, bisa dinikmati langsung, bisa juga dicampur dengan susu ataupun madu.

Kandungan oat yang ada pada granola, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan mencegah darah tinggi. Kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan kering, bisa menambah serat untuk tubuh. Granola merupakan camilan yang sangat cocok untuk dinikmati saat pandemi corona.

 

2 dari 5 halaman

Smoothies Buah

20150724-Hati-hati! 8 Makanan Sehat Ini Bisa Merusak Diet 5
Smoothies Buah

Buah adalah camilan yang paling enak dinikmati saat diet. Kalau Sahabat Fimela bosan dengan makan buah yang polos, olah buahmu untuk dijadikan smoothies.

Smoothies buah adalah minuman yang berbahan baku buah-buahan. Hampir sama dengan jus buah, membuat smoothies juga memerlukan blender.

Biasanya sebelum membuat smoothies, buah-buahan dan susu dimasukkan ke dalam freezer terlebih dahulu.  Setelah beku, buah dan susu di-blender bersamaan. Bagi yang tidak terlalu suka susu, bisa diganti dengan yoghurt dengan rasa yang bisa disesuaikan dengan buahnya.

3 dari 5 halaman

Sandwhich Telur Alpukat

club sandwich
Ilustrasi club sandwich./Copyright pexels.com/@rajesh-tp-749235

Roti gandum dan alpukat adalah kombinasi karbohidrat yang membuat perut kenyang. Kedua bahan ini mengandung lemak tak jenuh.

Sahabat Fimela bisa memanggang roti gandum terlebih dahulu. Sambil menunggu roti di panggang, tumbuklah alpukat, dan rebus telur.

Setelah itu, bisa disajikan dengan menumpuk roti, alpukat dan telur seperti sandwhich. Taburkan garam dan merica untuk menambah rasa gurih.

4 dari 5 halaman

Greek Yoghurt dan Buah-Buahan

[Fimela] Yogurt
Yoghurt | unsplash.com/@wesual dan unsplash.com/@foodbymars

Greek yoghurt merupakan yoghurt yang memiliki tekstur kental seperti es krim. Yoghurt yang satu ini sangat aman dinikmati saat diet. Greek yoghurt memiliki kandungan protein yang tinggi.

Protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh pada saat diet. Protein memiliki fungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, yoghurt memiliki kandungan probiotik.

Probiotik merupakan bakteri baik untuk membantu usus. Sehingga, sistem pencernaan tubuh jadi lancer. Greek yoghurt bisa dinikmati bersama dengan buah-buahan yang manis.

5 dari 5 halaman

Oatmeal dan Susu

Oatmeal untuk sarapan
Oatmeal untuk sarapan (Unsplash.com)

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum. Gandum memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, asam folat, mangan dan selenium. Oatmeal merupakan makanan yang mengandung serat.

Orang yang sedang menjalani program diet, dianjurkan untuk mengkonsumsi 30gram serat setiap hari. Hal ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Oatmeal bisa dinikmati dengan susu yang hangat. Jangan lupa gunakan susu yang rendah lemak.

Disadur dari : Liputan6.com

Penulis / Editor : Thomas / Edu Krisnadefa

Published : 3 April 2020

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Lanjutkan Membaca ↓