Sukses


5 Langkah Memakai Masker dengan Benar

Bola.com, Jakarta - Masker menjadi satu di antara alat pelindung diri (APD) yang bisa digunakan baik masyarakat umum maupun tenaga medis. Mengenakan masker bisa menjadi cara untuk mencegah dari potensi terinfeksi virus corona.

Virus Corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 menular melalui medium percikan (droplet) yang mungkin keluar saat seseorang batuk atau bersin sehingga mengenakan masker bisa mencegah risiko menulari orang lain.

Sebagai catatan, orang sehat tidak perlu menggunakan masker. Cara terbaik melindungi diri adalah dengan menjaga kebersihan tangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh serta pola gaya hidup yang sehat.

Masker diprioritaskan untuk tenaga medis serta mereka yang merasa tidak enak badan, atau yang terpaksa harus berada di tempat umum.

Selain itu, Anda harus cermat memilih ketika membeli dan mengerti fungsi masing-masing masker tersebut karena jenis masker sangat beragam.

Beberapa di antaranya hanya berguna untuk menangkal polusi, tetapi tidak bisa menangkal penularan virus corona.

Hingga saat ini, ada dua jenis masker untuk virus corona yang disarankan kepada masyarakat, yakni masker bedah dan masker N95.

Pemakaian atau penggunaan masker harus mengikuti standar kesehatan yang berlaku. Pasalnya, masker yang telah digunakan justru bisa menjadi media penularan virus dan penyebab penyakit, yang tentu saja ini menjadi sangat berbahaya.

Berikut lima langkah memakai masker dengan sebagai alat pelindung diri di tengah pandemi virus corona sesuai imbauan Pusat Krisis Kesehatan (PKK) Kementerian Kesehatan RI.

2 dari 2 halaman

5 Langkah Memakai Masker dengan Benar

  • Tutup mulut, hidung, dan dagu Anda. Pastikan bagian masker yang berwarna berada di depan
  • Tekan bagian atas masker supaya mengikuti bentuk hidung Anda
  • Lepas masker yang telah digunakan dengan hanya memegang tali dan langsung buang ke tempat sampah
  • Agar bersih, ganti masker Anda secara rutin apabila kotor dan basah
  • Cuci tangan pakai sabun setelah membuang masker yang telah digunakan ke tempat sampah

Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan bagian dalam (etika batuk).

Sumber: PKK Kemenkes RI

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer