Jenis Minuman Yang Cocok untuk Menjaga Kekebalan Tubuh Pada Saat Wabah Virus Corona

Oleh Nurfahmi Budi pada 03 Apr 2020, 17:05 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 17:05 WIB
smoothie
smoothie kelapa/copyright: unsplash/alexander mills

Bola.com, Jakarta - Di tengah pandemi virus corona penyebab COVID-19, sistem imunitas tubuh menjadi sangat krusial. Jika lemah atau menurun, sang pemilik tubuh harus waspada.

Oleh karena itu, satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh anda adalah dengan mengonsumsi minuman-minuman yang terbukti secara klinis mampu menjaga imunitas.

Sistem kekebalan tubuh akan bekerja melenyapkan bakteri dan virus jahat yang melakukan penyerangan terhadap tubuh kita. Para ahli mencatat kekurangan gizi dapat menyebabkan penurunan kekebalan tubuh kita. Direkomendasikan bagi Sahabat Bola.com untuk mengonsumsi minuman-minuman yang mengandung nutrisi penting seperti protein, vitamin A, dan vitamin C.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Minuman Bernutrisi

Backfill-Bola-5
Backfill-Bola-5

Mengonsumsi minuman yang mengandung nutrisi penting secara teratur dapat berperan dalam mencegah penyakit dan membantu seseorang sembuh dari penyakit yang dideritanya. Dilansir oleh Medical Daily, nutrisi-nutrisi tersebut di antaranya protein, vitamin A dan vitamin C.

Protein bermanfaat untuk mendukung kemampuan sistem kekebalan tubuh agar bertahan dari serangan virus. Selain itu juga membantu seseorang untuk pulih dari serangan virus tersebut.

Vitamin A berfungsi mendukung kekebalan tubuh, seperti membantu sel-sel lendir yang melapisi organ-organ tertentu, dan produksi antibody yang secara spesifik melawan infeksi.

Sementara itu, fungsi vitamin C adalah untuk mendukung kemampuan tubuh Anda dalam memproduksi sel darah putih sebagai penangkal infeksi virus. Menjaga cairan tubuh supaya tetap terpenuhi merupakan hal yang penting. Mengingat cairan akan menjaga kekebalan tubuh anda dari serangan virus berbahaya.

 

3 dari 3 halaman

Jenis Minuman

Backfill-Bola-5
Backfill-Bola-5

Air Putih

Air putih memang sederhana, namun perannya sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Anda harus minum banyak air putih untuk menjaga efektivitas kinerja dari beberapa komponen di dalam tubuh.

Mulut dan tenggorokan anda menjadi garis terdepan pertahanan tubuh, maka jangan biarkan mulut dan tenggorokan anda kering. Minuman penambah imunitas tidak selalu mahal dan ribet.

Tidak harus dibuat dengan blender. Akan tetapi minuman yang sehat harus non-kafein dan rendah gula, dan air putih masuk dalam kriteria tersebut.

Teh Hijau dan Jus Tomat

Teh Hijau

Minuman yang terbuat dari teh hijau sangat bagus untuk menjaga imunitas. Karena the hijau diperkaya antioksidan nabati yang disebut polifenol. Di dalamnya terdapat katekin sebagai pendukung sistem kekebalan tubuh.

Jus Tomat

Jus tomat ini memiliki banyak vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Smoothies

Jenis minuman yang satu ini merupakan minuman yang menggabungkan beberapa makanan bernutrisi menjadi satu. Sehingga kaya akan gizi sekaligus enak rasanya. Di dalam smoothies bisa terdapat banyak nutrisi sekaligus:

Protein: nutrisi ini dapat anda dapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk olahan susu.

Sumber : Medical Daily

Disadur dari : Dream.co.id

Penulis : Arini Saadah (2/4/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Lanjutkan Membaca ↓