MOTION GRAFIS: Mengenal Status OTG dan ODP dalam Kasus Virus Corona COVID-19

MOTION GRAFIS: Mengenal Status OTG dan ODP dalam Kasus Virus Corona COVID-19

- Banyak istilah yang ditemui seputar viruscorona COVID-19. Dua di antara istilah yang sering didengar masyarakat di Indonesia adalah OTG dan ODP. Apakah perbedaan kedua istilah tersebut?

Mungkin masih banyak yang belum mengerti apakah yang dimaksud dengan OTG dan ODP, serta perbedaan di antara ketiganya. Istilah-istilah tersebut penting bagi publik mengetahui definisi ketiganya. Istilah tersebut menunjuk pada status penderita yang berhubungan dengan virus corona COVID-19 di Indonesia.

OTG adalah Orang Tanpa Gejala, ODP adalah Orang Dalam Pemantauan, dan PDP adalah Pasien Dalam Pengawasan. Ketiga istilah tersebut telah tercantum dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus corona Covid-19.

Status Orang Tanpa Gejala dikriteriakan sebagai orang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang positif virus corona COVID-19.

Orang Dalam Pemantauan berstatus belum menunjukan gejala sakit, namun telah memiliki riwayat kontak dengan orang yang diduga positif virus corona COVID-19.

Pembagian status pada pasien yang memiliki hubungan dengan virus corona COVID-19 itu berguna untuk memantau kondisi kesehatan dengan bantuan fasilitas kesehatan. Dalam video di atas juga akan dijelaskan lebih detail dan ringkas apa yang dimaksud dengan OTG dan ODP. Dalam video motion grafis selanjutnya akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan PDP, pasien konfirmasi, dan pasien komorbiditas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 04 April 2020, 15:37 WIB

Video Terkait

Spotlights