Sukses


10 Aktivitas yang Dapat Dilakukan Orangtua dan Anak Selama Karantina Pandemi COVID-19

 

Bola.com, Jakarta - Sudah berapa lama Anda berdiam diri di rumah? Seminggu, dua minggu, atau tiga minggu? Di masa karantina mandiri akibat pandemi virus corona ini, mungkin Anda telah melakukan banyak aktivitas. Namun, ada pula yang sudah merasa bosan.

Bahkan hingga merasa stres karena merasa seperti dikurung di dalam ruangan bernama "rumah" dan tidak dapat keluar "bebas" seperti biasanya.

Mungkin paling jauh yang bisa Anda kunjungi adalah halaman rumah atau di area kompleks di mana Anda tinggal.

Namun, anjuran pemerintah untuk tetap berada di dalam rumah harus selalu dipatuhi karena hal tersebut dapat membantu pemerintah dalam upaya  mencegah penyebaran COVID-19.

Tetap berada di dalam rumah tidak melulu membuat kita bosan dan stres. Tetap ada sisi baik dari hal ini, seperti dapat selalu berkumpul dengan keluarga, dan melakukan aktivitas yang lain bersama keluarga.

Hanya, mungkin bagi yang memiliki anak usia usia pertumbuhan akan mendapat tantangan tersendiri, khususnya untuk memberi mereka pengertian agar dapat tetap di rumah.

Seperti sudah dijelaskan, tetap berada di dalam rumah dan tidak bermain atau melakukan aktivitas di luar dapat membuat anak-anak menjadi bosan layaknya orang dewasa.

Mengacu pada situasi tersebut, lakukan kegiatan yang dapat menghilangkan rasa bosan dan khususnya bagi anak-anak Anda, seperti bermain perang air di halaman rumah, berkebun, atau mencuci mobil bersama mereka.

Berikut Bola.com telah merangkum dari Somersetlive, 10 aktivitas yang dapat dilakukan orangtua dan anak selama karantina pandemi COVID-19.

2 dari 4 halaman

Membuat Kue

1. Membuat Kue

Ajak anak-anak Anda untuk membuat kue sederhana. Minta anak Anda untuk membentuk kue sesuka mereka.

Biasanya mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk membentuk kue dan bermain dengan tepung, dapat menghindarkan mereka dari kebosanan.

2. Berkebun

Bekebun adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan bagi mereka yang hanya memiliki halaman rumah yang kecil.

Menanam biji pada tanah adalah kegiatan yang menyenangkan dan merupakan program jangka panjang yang perlu mendapatkan perhatian. 

Hal tersebut dapat membuat anak-anak merasa memiliki tanggung jawab terhadap tanaman yang telah mereka tanam, memastikan mereka telah mendapatkan segala kebutuhan yang dibutuhkan, seperti menyiramnya dengan rutin, memberi pupuk, dan merawat tanaman itu.

Pilih tanaman yang dapat tumbuh cepat seperti bunga matahari agar anak-anak Anda dapat melihat hasil yang telah mereka tanam di kemudian hari.

3. Berburu harta karun

Bawa anak-anak Anda ke halaman rumah, buat mereka seakan-akan sebagai pemburu harta karun seperti pada film kartun yang biasa mereka tonton.

Buatlah peta harta karun versi Anda, berikan sedikit noda kopi atau tanah pada peta tersebut agar terlihat seperti peta kuno, dan mulailah ajak anak Anda menjelajahi isi peta dan berburu harta karun.

3 dari 4 halaman

Perang Air

4. Perang air

Perang air adalah satu di antara hal yang sangat menyenangkan dilakukan bersama anak-anak. Mereka akan sangat bahagia ketika bermain air.

Buatlah balon yang berisi air atau menggunakan pistol air mainan untuk memulai perang air bersama anak Anda.

5. Mewarnai batu

Melukis atau mewarnai adalah hal yang sangat disukai oleh anak-anak. Mulailah dengan sesuatu yang berbeda, seperti melukis batu dan membuat gambar di atasnya, atau mengubahnya seolah-olah berbentuk seperti hewan.

6. Membuat karya seni dari daun

Carilah daun yang berbentuk cukup unik di halaman rumah Anda, atau mintalah anak Anda untuk mencari sesuka hati mereka. Celupkan daun tersebut pada cat warna dan tempelkan kepada selembar kertas berukuran besar.

Tunggulah beberapa saat, lalu tarik daun tersebut, dan lihatlah bersama anak Anda bagaimana hasilnya.

7. Menatap bintang

Ada banyak aplikasi yang dapat Anda unduh di ponsel pintar yang dapat membantu Anda mengidentifikasi berbagai bentuk bintang dan planet, atau ajak anak Anda sebelum tidur untuk menatap bintang di langit dan sampaikan beberapa pengetahuan tentang bintang dan planet kepada mereka.

4 dari 4 halaman

Menatap Bintang

 

8. Bermain lumpur

Sebagian besar ana-anak mungkin sangat senang bermain kotor-kotoran, misalnya bermain lumpur. Ajak anak-anak Anda ke halaman rumah, dan mulai membuat patung atau kue dari lumpur, biarkan mereka berkreasi sesuka hati.

Jangan lupa untuk membersihkan diri sebelum masuk ke rumah.

9. Membuat gelembung sabun

Banyak permainan gelembung sabun yang mungkin dapat dibeli di berbagai toko mainan. Namun, karena ini adalah masa karantina dan kita tidak dianjurkan untuk keluar rumah, buatlah gelembung sendiri di rumah.

Anda dapat membuatnya dari campuran air dan sabun, dan buatlah tongkat peniup gelembung dari pipa pembersih.

10. Mencuci mobil

Ajak anak Anda untuk mencuci mobil di halaman rumah, gelembung sabun dan air yang mengalir mungkin akan menjadi hiburan yang sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Sumber: Somersetlive

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer