TikTok Bola.com: 7 Tips Sehat Lawan Virus Corona Dengan di Rumah Saja

Oleh Yusuf Satria pada 07 Apr 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 07 Apr 2020, 08:00 WIB

Bola.com, Jakarta - Banyak tips yang bisa kita lakukan saat melakukan aktifitas di rumah saja. TikTok Bola.com memberikan 7 tips sehat sederhana yang bisa kita lakukan untuk melawan virus corona COVID-19.

1. Olahraga Ringan Secara Teratur

Berolahraga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh tetap prima. Namun, ingat olahraga tidak boleh dilakukan dengan berlebihan karena bisa berdampak fatal bagi kesehatan. Berolahraga dengan ringan namun teratur sangat dianjurkan terutama di pagi hari sebelum jam 10:00 WIB.

2. Menjalin komunikasi dengan keluarga

Menjalani masa karantina dengan jangka waktu cukup panjang terkadang punya rasa jenuh. Oleh sebab itu dianjurkan untuk kita menjalin komunikasi yang positif dengan anggota keluarga. Bermain dengan anak atau saudara menjadi salah satu alternatif yang harus dicoba supaya membuat mood kita menjadi lebih positif setiap harinya. Sistem kekebalan tubuh akan ikut meningkat apabila pikiran kita merasa lebih fresh,positif dan tidak merasa jenuh.

3. Rajin Cuci Tangan

WHO menganjurkan kita untuk rajin mencuci tangan setiap hari dengan durasi minimal 20 detik. Dengan mencuci tangan, kita akan terhindar dari virus-virus dan kuman yang akan menyerang tubuh kita.

4. Makan Bergizi dan Teratur

Mengonsumsi makanan yang bergizi dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Memperbanyak makan sayur dan buah dapat membantu tubuh lebih sehat. Anda juga butuh mengonsumsi makanan yang kaya serat, vitamin, dan memiliki kandungan gula rendah. Makanan yang Anda makan dapat memengaruhi tubuh Anda dalam bekerja. Sangat penting bagi Anda memilih makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, perhatikan juga porsi makan Anda dan bijak dalam mengelola makanan tersebut.

5. Tetap Produktif

Tetaplah bekerja sesuai porsinya setiap hari. Walaupun menjalani karantina di rumah, kita tetap bisa bekerja pekerjaan kantor ataupun menghasilkan sebuah karya positif yang bisa bermanfaat untuk kita

6. Ibadah

Jangan lupakan ibadah setiap hari. Rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa memberikan rasa aman,nyaman bagi tubuh dan pikiran kita. Dengan pikiran yang tenang dan nyaman, segala aktifitas bisa kita lalui dengan baik.

7. Istirahat atau Tidur yang Cukup

Menjaga durasi tidur memang sedikit susah, apalagi dihadapkan dengan aktivitas yang membuat Anda harus terjaga. Memiliki waktu tidur yang kurang sama dengan mengonsumsi racun atau menjalani pola makan yang buruk. Namun, Anda juga harus mengatur durasi tidur Anda karena tidur secara berlebihan juga tidak baik. Menurut Cheri Mah, seorang pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan dasar untuk menjaga pola hidup sehat. Durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per hari. Jadi pastikan Anda untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Tidur dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang proporsional, merangsang kreativitas serta meningkatkan daya ingat.

 

Itulah tadi 7 tips sehat sederhana yang dibuat oleh TikTok Bola.com. Walaupun kalian sedang menjalani aktiftas di rumah saja, semoga tetap bisa membantu melawan virus corona. Selamat mencoba