MOTION GRAFIS: Kenali 6 Jenis Masker Beserta Fungsinya untuk Mencegah Virus Corona COVID-19

Oleh Dody Iryawan pada 07 Apr 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 07 Apr 2020, 15:00 WIB

Bola.com, Jakarta - Ditengah pandemi Virus Corona Covid-19 seperti saat ini diperlukannya pencegahan agar penyebaran virus tersebut tidak semakin meluas. Salah satunya adalah melakukan social distancing atau physical distancing. Namun jika terpaksa untuk berpergian, salah satu cara yang mudah untuk mencegah tertular Covid-19 adalah menggunakan masker.

Terdapat berbagai jenis masker yang dapat digunakan masyarakat dan masker bedah banyak disarankan. Namun karena sulit didapatkan masker kain pun dijadikan alternatif agar tak tertular Virus Corona. Namun, tetap ada kelemahan dari benda ini.

Dokter Erlina Burhan, spesialis paru mengatakan bahwa masker kain memang mampu melindungi dari percikan atau droplet. Namun, benda tersebut tidak bisa melindungi seseorang dari aerosol.

"Jadi pencegahan keluarnya droplet dari batuk atau bersin itu pada pemakai kalau yang dropletnya besar bisa, kalau yang dropletnya kecil tidak bisa masker kain ini," kata Erlina.

Di sisi lain, masker kain bisa dipakai berulang. Tentu saja, mereka harus dicuci dengan bersih dengan detergen dan jika diperlukan, menggunakan air hangat.

"Ini menyokong bahwa masker bedah ini untuk petugas kesehatan atau orang sakit dan masker kain, menjadi pilihan terakhir bila tidak ada lagi maske," kata dokter yang juga tergabung sebagai Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia ini.

Namun, di tengah kelangkaan masker bedah saat ini, Erlina menegaskan bahwa menggunakan masker kain lebih baik daripada tidak menggunakan masker sama sekali.

Untuk mencegah mencegah penyebaran Virus Corona Covid-19, berikut 6 jenis masker dan fungsinya.