Sukses


5 Manfaat Kacang Tanah, Menjaga Kesehatan Jantung dan Kulit

Bola.com, Jakarta - Depresi yang mungkin timbul akibat pandemi virus corona berpotensi membuat imunitas tubuh menjadi lemah, dan dampaknya justru akan rentan terinfeksi virus, termasuk virus corona yang sedang merebak. Mengonsumsi kacang tanah bisa menjadi satu di antara solusi meredakan depresi,

Depresi adalah respons tubuh untuk menghadapi atau lari dari suatu keadaan.

Adrenalin meningkatkan denyut jantung dan pasokan energi Anda, sementara kortisol meningkatkan konsentrasi glukosa dalam aliran darah dan langsung bereaksi terhadap stressor atau ancaman.

Depresi cenderung mendorong Anda ingin merasa marah setiap saat, tidak dapat berpikir jernih, kehilangan nafsu makan, dan banyak lagi. Mengonsumsi kacang tanah bisa menjadi satu di antara solusi meredakan gejala-gejala tersebut.

Dilansir dari Alo Dokter, kacang tanah atau groundnut termasuk kelompok legume.

Kacang tanah mengandung vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan sifat antioksidan.

Kacang tanah mulai tumbuh di negara Amerika bagian selatan. Namun, jenis kacang yang satu ini sudah banyak dibudidayakan di berbagai pelosok Indonesia. Kacang tanah juga mudah ditemukan di pasaran.

Kacang tanah bisa diolah menjadi berbagai makanan dan cemilan, mulai kacang rebus, kacang goreng, hingga bumbu sambal kacang.

Berikut Bola.com merangkum manfaat kacang tanah, Rabu (8/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Mengurangi Depresi

Perubahan lingkungan membuat gangguan neurologis pada sistem kerja otak. Mengonsumsi kacang tanah bisa sebagai alternatif untuk mengatasi depresi.

Kacang tanah memiliki kandungan triptofan asam amino. Serotonin sangat membantu dalam membentuk suasana hati yang positif.

3 dari 6 halaman

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kacang tanah memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Maraknya gerakan mencuci tangan membuat kulit tangan akan mengalami gangguan kesehatan.

Mengonsumsi kacang tanah mampu memberikan manfaat untuk kulit dan terbebas dari bahaya radikal bebas karena sifat antioksidan. Kacang tanah memiliki kandungan vitamin E, vitamin B6, dan beberapa nutrisi baik lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat selanjutnya dari kacang tanah adalah membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat tidak larut, sehingga sangat baik dalam program diet menurunkan berat badan.

Mengonsumsi kacang tanah membuat perut mudah kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Kacang tanah penuh dengan lemak, protein, dan serat yang menyehatkan bagi tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kacang tanah jadi satu di antara makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes atau risiko diabetes. Kandungan yang ada dalam kacang tanah tidak menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah.

Kacang tanah memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Kacang memiliki skor GI 23, menjadikannya makanan rendah GI.

Kacang tanah bisa membantu mengendalikan kadar gula darah karena relatif rendah karbohidrat tetapi tinggi protein, lemak, dan serat.

Serat memperlambat proses pencernaan, memungkinkan pelepasan energi yang lebih mantap, dan protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah daripada karbohidrat sederhana.

6 dari 6 halaman

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung jadi satu di antara penyebab utama kematian di seluruh dunia. Mengonsumsi kacang tanah mampu mencegah penyakit jantung.

Kacang tanah memiliki kandungan asam oleat yang baik bagi jantung sehingga mampu menurunkan risiko kardiovaskular yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner.

Kacang tanah juga memiliki berbagai kandungan,  termasuk magnesium, niasin, tembaga, asam oleat, dan beberapa antioksidan, seperti resveratrol, nutrisi yang menyehatkan jantung.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer