Beda dengan Biji Selasih, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Chia Seed bagi Tubuh

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 10 Apr 2020, 18:20 WIB
Diperbarui 10 Apr 2020, 18:20 WIB
Backfill-Bola-5
Backfill-Bola-5

Bola.com, Jakarta - Chia seed atau biji chia adalah biji-bijian yang berasal dari Amerika Tengah. Chia seed merupakan satu di antara makanan super yang sangat menyehatkan.

Hal tersebut karena chia seed mengandung karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral.

Chia seed telah digunakan dan dimanfaatkan sejak peradaban Maya dan Aztec.

Biji yang berukuran kecil ini menjadi makanan yang menyehatkan dan penting, terutama karena chia seed memiliki sumber omega-3 yang cukup tinggi.

Untuk dapat menyerap nutrisinya, chia seed harus digiling atau dikunyah.

Selain itu, tingkat seratnya yang tinggi menjadikan chia seed obat yang ideal untuk mengatasi sembelit dan makanan pendamping yang baik dalam usaha melawan kolesterol.

Mengonsumsi chia seed sangat mudah. Anda dapat menambahkan ke berbagai jenis makanan, sepert salad, saus pasta, dan hidangan yang terbuat dari nasi. Selain itu, chia seed dapatkan melengkapi pada kue-kue manis, donat, mufin, dan tidak akan mengubah rasa dari makanan tersebut.

Ada berbagai manfaat dari chia seed ini, beberapa di antaranya untuk menambah energi dalam tubuh dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Berikut Bola.com merangkum dari beberapa sumber, lima manfaat mengonsumsi chia sheed bagi kesehatan tubuh.

2 dari 3 halaman

Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Berat Badan
Ilustrasi Berat Badan.

1. Menurunkan Berat Badan

Biji chia terkenal ampun untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat tinggi dalam chia seed dapat membantu kita agar cepat kenyang dan lebih sedikit mengonsumi makanan.

Selain itu, Omega-3 dalam chia seed membantu untuk mengontrol kadar kolesterol dan membakar lemak.

Biji chia merupakan makanan rendah kalori untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan dengan berdiet.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Biji chia mengandung banyak nutrisi baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dalam biji ini terkandung kalsium, fosfor, magnesium, dan protein yang dapat memberi nutrisi baik untuk tulang.

Kandungan kalsium pada biji chia lebih banyak dari kandungan kalsium yang ditemukan pada susu, sehingga hal tersebut menjadikan biji chia sebagai makanan yang paling banyak mengandung kalsium, dan sangat baik untuk tulang.

3 dari 3 halaman

Dapat Mengurangi Kadar Gula Darah

Ilustrasi
Ilustrasi kadar gula darah / Sumber: iStockphoto

3. Mengurangi Kadar Gula Darah

Kadar gula tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti diabetes. Selain itu kadar gula darah yang tinggi dapat memicu berbagai jenis penyakit jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa biji chia dapat menambah sensitivitas insulin, mengatur gula darah, dan menstabilkan kadar gula yang ada dalam darah setelah makan 

4.  Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Biji yang sangat digemari sebagai makanan sehat ini mengandung serat, protein, dan omega-3 yang tinggi. Biji chia dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan biji chia secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah pada orang yang mengalami hipertensi, yang merupakan satu di antara faktor kuat penyebab penyakit jantung.

5. Mengandung Tinggi Protein

Biji chia mengandung sekitar 14 persen protein. Ciji chia juga mengandung asam amino esensial yang baik sehingga dapat membantu tubuh menyerap protein lebih kudah.

Protein sangat baik untuk tubuh. Selain dapat memperkuat metabolisme, protein juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat melindungi Anda dari risiko terkena berbagai macam penyakit kronis.

Sumber: Healthline dan Ecocosas

Lanjutkan Membaca ↓
Bola Beli: Mengulas Kualitas Jersey Sepeda Consina Ultra Series