VIDEO: Flashback Bulutangkis, Laga Seru Lin Dan Vs Lee Chong Wei di Final Kejuaraan Dunia 2013

Oleh Okie Prabhowo pada 30 Apr 2020, 19:20 WIB
Diperbarui 30 Apr 2020, 19:20 WIB

Bola.com, Guangzhou - Lin Dan dan Lee Chong Wei sering bertemu dan menjadi rival abadi di lapangan badminton. Flashback Bulutangkis kali ini menampilkan salah satu pertandingan seru mereka yaitu ketika berhadapan di partai final tunggal putra Kejuaraan Dunia 2013 pada 11 Agustus di Tianhe Sport Center, Guangzhou, China.

Perjalanan Lin Dan ke final setelah mengalahkan lawan-lawannya yaitu Sattawat Pongnairat, Eric Pang, Chong Wei Feng, Chen Long, dan Nguyen Tienh Minh. Hebatnya, Lin Dan mengalahkan lawan-lawannya tersebut dengan hanya dua gim semua.

Sementara itu, Lee Chong Wei ke partai final setelah menundukkan Scott Evans, Dionysius Hayom Rumbaka, Wang Zhengming, Tommy Sugiarto, dan Du Pengyu. Dua pemain yang menyulitkan pemain asal Malaysia tersebut yaitu atlet Indonesia, Hayom Rumbaka, dan pemain China, Du Pengyu. Chong Wei mengalahkan Hayom dengan 14-21, 21-18, dan 21-11 pada babak kedua turnamen. Chong Wei mengalahkan Du Pengyu dengan 20-22, 21-12, dan 21-15 pada partai semifinal.

Pada partai final, beberapa kali terdapat pengembalian-pengembalian yang tidak terduga yang terjadi. Salah satunya terjadi ketika poin berada di posisi 3-4 pada gim pertama. Lin Dan mengembalikan kok dengan cara yang tidak terduga. Bola sudah tanggung dan langsung dipukul keras oleh Chong Wei tetapi masih mengenai raket Lin Dan. Akhirnya, kok masuk ke daerah Chong Wei.

Gim pertama dimenangi oleh Chong Wei dengan 21-16. Gim kedua, Lin Dan berganti kaus, yang tadinya berwarna putih-kuning, menjadi merah. Pergantian kaus itu sepertinya memberi "keberuntungan". Lin Dan menang di gim kedua dengan 21-13. Pada gim penentuan, Lee Chong Wei tidak bisa melanjutkan pertandingan saat skor sudah 20-17 untuk keunggulan Lin Dan. Ia mengalami cedera dan pertandingan dimenangi Super Dan.

Dalam video di atas persembahan dari kanal World Badminton Federation (BWF) bisa disaksikan cuplikan serunya partai final Kejuaraan Dunia 2013 nomor tunggal putra antara Lin Dan melawan Lee Chong Wei dalam flashback bulutangkis kali ini.