Sukses


Perlu Dicermati, 6 Tanda Anda Membutuhkan Kacamata

Bola.com, Jakarta - Mata merupakan satu di antara indra yang paling penting pada tubuh kita sehingga kita harus selalu menjaga mata agar tetap sehat. Meski begitu, gangguan pada mata tetap saja bisa terjadi.

Ada beberapa gangguan mata yang berkaitan erat dengan keturunan, seperti mata silinder, dan gangguan mata yang berkaitan erat dengan usia seperti rabun jauh.

Ada juga berbagai gangguan mata yang disebabkan oleh aktivitas sehari-hari, yang kurang memperdulikan kesehatan mata sehingga mengharuskan seseorang menggunakan kacamata.

Saat mata seseorang mengalami masalah yang berkaitan langsung dengan penglihatan, bisa saja hal tersebut menandakan bahwa seseorang harus segera menggunakan kacamata.

Ada beberapa hal yang mungkin dapat Anda cermati, bahwa hal tersebut adalah penanda Anda harus segera menggunakan kacamata. Di sisi lain, perlu pemeriksaan lanjutan untuk memastikan hal tersebut. 

Berikut Bola.com merangkum dari Daily Entertainment, enam tanda bahwa Anda membutuhkan kacamata untuk membantu penglihatan, Rabu (6/5/2020).

2 dari 4 halaman

Mata Merah

1. Mata Merah

Sclera atau bagian putih di mata seharusnya selalu berwarna putih. Ketika itu berubah warna menjadi merah, hal tersebut mengindikasikan bahwa mata sedang memiliki gangguan.

Selain itu, mata yang memerah bisa menjadi tanda awal dari masalah optik yang perlu Anda periksakan lebih lanjut.

Mata yang terasa nyeri juga dapat menjadi tanda lain bahwa Anda membutuhkan kacamata.

Periksakan secara rutin mata Anda ketika menemui masalah. selain dapat mengetahui apakah Anda membutuhkan kacamata atau tidak, hal tersebut juga dapat menjaga penglihatan secara keseluruhan.

2. Mata Lelah dan Sulit untuk Fokus

Mengalami kelelahan pada mata karena melakukan aktivitas sehari-hari adalah hal yang cukup wajar. Namun, ketika mata terasa lelah dan Anda kesulitan dalam fokus melihat pada suatu hal, Anda perlu memeriksakannya.

Aktivitas sehari-hari seperti bekerja di depan komputer, berkendara sepanjang hari, dan aktivitas lain yang membuat mata lelah, tak sewajarnya membuat mata Anda hilang fokus.

Jika Anda mengalami hal tersebut saat melakukan aktivitas sehari-hari, mungkin saja Anda membutuhkan kacamata untuk membantu mata Anda lebih fokus.

3 dari 4 halaman

Kesulitan Melihat di Malam Hari

3. Kesulitan Melihat di Malam Hari

Melihat sesuatu dalam keadaan gelap atau tidak ada penerangan memang sulit, namun mata kita dapat melihat beberapa benda kendati lampu dalam keadaan redup.

Saat Anda mengalami gangguan kesulitan melihat sesuatu di malam hari, khususnya saat lampu dalam keadaan redup, hal tersebut menandakan Anda memerlukan kacamata sebagai alat bantu penglihatan.

Selain itu, hal tersebut bisa menjadi penanda awal bahwa Anda terkena katarak. Periksakan segera mata Anda jika menemukan gejala seperti hal tersebut.

4. Melihat Lingkaran di Sekitar Cahaya

Saat Anda mencoba fokus ketika melihat suatu cahaya, seperti lampu motor atau penerangan jalan, dan di sekitar cahaya tersebut timbul lingkaran cahaya atau cincin, hal tersebut dapat menjadi penanda Anda membutuhkan kacamata.

Periksakan segera mata Anda kepada dokter kepercayaan sehingga dapat mengetahui masalah apa yang sedang dihadapi. Selain penanda mata membutuhkan bantuan penglihatan, hal tersebut dapat menjadi penanda awal munculnya katarak.

4 dari 4 halaman

Kesulitan Saat Membaca Tulisan

5. Kesulitan saat Membaca Tulisan

Saat Anda membaca buku, koran, atau membaca pesan yang muncul pada layar ponsel Anda dan selalu mendekatkannya pada mata untuk melihat tulisannya, hal tersebut bisa menjadi penanda Anda butuh kacamata.

Hal tersebut bisa juga menjadi gejala munculnya rabun jauh. Hal ini cukup wajar muncul pada banyak kalangan, khususnya bagi mereka yang telah memasuki usia 40 tahun.

Periksakan segera mata Anda untuk mendapatkan kacamata yang tepat sehingga Anda tidak mengalami kesulitan untuk membaca di kemudian hari.

 6. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan hal yang cukup wajar diderita banyak orang. Namun, ketika sakit kepala muncul tanpa alasan, khususnya setelah Anda membaca, hal tersebut bisa menjadi penanda Anda membutuhkan kacamata.

Segera periksakan mata Anda untuk mengetahui penyebabnya. Biasanya, hal tersebut juga menjadi penanda mata Anda memiliki mata silinder atau bentuk kornea mata tidak melengkung dengan sempurna.

Sumber: Daily Entertainment

Video Populer

Foto Populer