Sukses


Patut Dicoba, 6 Hal Ini Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Pasalnya, terkadang memiliki berat badan berlebihan dapat mengurangi kepercayaan diri.

Mempunyai berat badan yang berlebihan biasanya karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, kalori, dan gula.

Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, memiliki berat badan yang berlebihan dapat memunculkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti obesitas dan penyakit jantung.

Alhasil, penting bagi semua orang untuk selalu menjaga berat badan di titik ideal agar tidak borpotensi terkena penyakit.

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan beberapa cara, satu di antaranya dengan bantuan medis seperti sedot lemak dan mengonsumsi suplemen diet.

Namun, menurunkan berat badan dengan bantuan medis bisa menimbulkan risiko karena bisa jadi menggunakan bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan tanpa bantuan medis atau bahan kimia, satu di antaranya memiliki waktu tidur yang cukup.

Berikut Bola.com telah merangkum dari Dailysmash, Rabu (6/5/2020), lima hal yang dapat membantu menurunkan berat badan.

2 dari 6 halaman

1. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Beberapa penelitian telah menunjukan memiliki waktu tidur yang terlalu sedikit dan terlalu banyak dapat memengaruhi berat badan.

Saat waktu tidur terlalu sedikit, Anda akan merasa lelah yang menyebabkan lebih banyak mengonsumsi makanan karena tubuh perlu memiliki tambahan energi yang tidak didapat saat tidur.

Selain itu, memiliki waktu tidur yang terlalu banyak dapat memperlambat metabolisme tubuh dan menyebabkan lebih banyak makanan disimpan sebagai lemak atau tidak dibakar sebagai energi.

Alhasil, memiliki waktu tidur yang cukup atau selama 7-8 jam setiap malam, akan membantu Anda memiliki berat badan yang ideal.

3 dari 6 halaman

2. Membagi Waktu Makan Menjadi Lebih Banyak

Memiliki waktu makan yang lebih banyak mungkin terdengar justru dapat menambah berat badan daripada menurunkannya. Namun, membagi tiga waktu makan menjadi lima atau enam kali sehari dapat membantu usaha menurunkan berat badan.

Hal tersebut disebabkan karena jika kita mengonsumsi makanan dengan jumlah banyak dalam satu waktu, tubuh tidak akan dengan mudah memecah dan menggunakan kalori yang dibutuhkan, sehingga tubuh akan menyimpan lebih banyak kalori.

Namun, ketika membagi waktu makan pada beberapa waktu dan mengonsumsi makanan dalam jumlah lebih sedikit, tubuh akan dengan mudah menggunakan kalori untuk diubah menjadi energi.

4 dari 6 halaman

3. Melakukan Aktivitas Fisik Lebih Sering

Saat tubuh jarang melakukan aktivitas fisik atau bergerak, kalori dalam tubuh tak diubah menjadi energi dan akan menumpuk menjadi lemak.

Aktivitas fisik yang sering dilakukan seperti joging atau berlari mengelilingi taman, akan membantu menurunkan berat badan karena dapat mengubah kalori menjadi energi.

Selain itu, jika tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga setiap harinya, Anda dapat mencoba menaiki tangga dan bukan menaiki lift ketika berada di kantor atau pusat perbelanjaan.

5 dari 6 halaman

4. Mengganti Makanan yang Tidak Sehat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji, minuman bersoda, kue, dan berbagai macam lainnya dapat menambah asupan kalori ke dalam tubuh secara berlebihan.

Dengan mengganti makanan tidak sehat yang biasa Anda konsumsi dengan makanan kaya akan kandungan nutrisi, dapat menurunkan kadar kalori dalam tubuh tanpa memerlukan banyak usaha yang berlebih.

Misalnya, Anda dapat mengganti makanan cepat saji seperti roti lapis yang mengandung banyak kalori, dengan berbagai macam sayuran yang bernutrisi seperti brokoli atau bayam.

6 dari 6 halaman

5. Meminum Air Sebelum Makan

Sebelum Anda mengonsumsi makanan utama, cobalah minum air paling tidak satu hingga dua gelas. Hal ini dapat mengurangi asupan makanan yang Anda konsumsi.

Hal tersebut karena perut Anda sudah cukup merasa kenyang karena di dalamnya telah penuh dengan air sehingga Anda dapat lebih sedikit mengonsumsi makanan.

Dengan hal itu, tubuh tak akan banyak mendapat lemak dan kalori sehingga bisa membantu mencapai berat badan yang ideal. Selain itu, meminum air dapat memperkuat metabolisme tubuh yang dapat membantu membakar kalori dalam tubuh.

Sumber: Dailysmash

Video Populer

Foto Populer