Sukses


6 Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami dan Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Sariawan umum terjadi dan bisa dialami oleh hampir semua orang. Sariawan muncul karena adanya infeksi jamur Candida Albicans.

Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut.

Selain merupakan perkembangan bakteri, penyebab sariawan beragam, mulai kekurangan vitamin, tidak sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi, stres, perubahan hormon, hingga alergi.

Namun, pnyebab timbulnya sariawan yang paling utama adalah kebiasaan buruk dalam menjaga kebersihan mulut.

Sariawan menimbulkan rasa tak nyaman dan menyakitkan ketika makan, minum, dan berbicara.

Umumnya, sariawan tidak bertahan lebih dari dua minggu, bahkan tanpa perawatan. Sariawan bisa muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus, namun sariawan tidak menular.

Jika kondisi berlangsung lama, Anda bisa menggunakan obat sariawan alami yang minim efek samping. Ada beberapa cara dengan menggunakan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sariawan.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, cara alami untuk menyembuhkan sariawan, Rabu (6/5/2020).

2 dari 3 halaman

Kompres Es Batu

1. Kompres Es Batu

Es batu dapat digunakan sebagai cara mengatasi sariawan. Es batu berguna untuk meredakan rasa nyeri serta mengurangi efek peradangan yang ditimbulkan luka sariawan.

Selain itu, suhu dingin pada es batu bisa memperlambat aliran darah menuju sariawan yang menyebabkan pembengkakan terjadi. Es batu juga dapat membantu luka cepat kempis dan sembuh.

Cukup kompreskan es batu langsung pada luka sariawan atau kulum es batu dan tempelkan ke area yang terasa nyeri.

2. Madu

Madu merupakan alternatif untuk mengobati sariawan yang efektif karena dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan ukuran dari sariawan, serta mencegah munculnya infeksi.

Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan.

Untuk menyembuhkan sariawan, Anda bisa mengoleskan madu sebanyak empat kali sehari. Disarankan untuk memilih madu yang tidak dipanaskan dengan suhu tinggi (pasteurisasi).

3. Air Garam

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih adalah dengan memanfaatkan air garam. Garam dapat menarik cairan pada luka sariawan.

Hal ini dapat mempercepat proses pengeringan luka sariawan sehingga cepat sembuh. Garam memiliki juga sifat antiseptik, pembersihan, dan menimbulkan efek menenangkan.

Berkumur-kumur dengan air garam bisa membantu meredakan gejala sariawan.

3 dari 3 halaman

Daun Sirih

4. Daun Sirih

Daun sirih sejak lama telah digunakan sebagai obat tradisional, termasuk mengobati sariawan. Mengunyah daun sirih cukup efektif mengatasi sariawan.

Daun sirih memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Selain untuk mengobati sariawan, daun sirih bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

5. Lidah Buaya

Mengoleskan lidah buaya pada area sariawan sangat mujarab untuk meringankan rasa sakit dan menutup luka sariawan dengan cepat. Lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang ampuh menyingkirkan sariawan.

Lidah buaya bisa membuat seluruh mulut terasa nyaman dan sejuk.

Selain itu, lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan karena fungsinya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri yang alami. Obat sariawan dari lidah buaya akan membuat kuman dan bakteri di mulut sirna.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah penyebaran sariawan akibat infeksi bakteri. Virgin coconut oil memiliki kandungan utama asam laurat.

Asam laurat dapat merusak bakteri patogen sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh. Cara mengobati sariawan dengan berkumur dengan air kelapa atau meminumnya.

Selain itu, minyak kelapa juga membantu mengurangi kemerahan dan nyeri sariawan.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer